Film terbaru produksi Marvel Studios, Eternals, sudah mulai melakukan tayang perdana. Banyak tanggapan kemudian muncul mengenai film ini mulai dari alur cerita, kontroversi yang muncul di dalamnya, sampai apa yang bisa dihadirkan di filmnya demi masa depan Marvel Cinematic Universe. Filmnya sendiri berfokus pada kelompok ras alien bernama Eternals yang diciptakan oleh salah satu Celestials.

Selain memperkenalkan kelompok Eternals, film ini juga ternyata memberikan petunjuk tentang kemungkinan markas baru Avengers. Seperti yang diketahui, pasca peristiwa di Avengers: Endgame para Avengers tentunya membutuhkan markas baru. Dan para Eternals sepertinya (secara tidak sadar) menyiapkan lokasi baru untuk markas Avengers,  yang mana markas tersebut akan berada dalam tubuh seorang Celestials bernama Tiamut.

Siapa Tiamut

Tiamut sendiri pertama kali muncul dalam komik Eternals #18 yang dirilis pada 1977. Dia merupakan salah satu dari sekian banyak Celestials yang sangat kuat, yang bahkan sosoknya pun ditakuti oleh Galactus. Para Celestials lainnya sempat bersatu untuk menyerang Tiamut, yang sebelumnya menyerang Arishem the Judge setelah dia membatalkan proses memanen planet bumi.

Para Celestials tersebut kemudian menghancurkan tubuh Tiamut dan kemudian disimpan di sebuah wadah yang disebut sebagai The Vial, yang disimpan di bawah gunung Diablo di California. Setelah bertahun-tahun, pada 1906 terdapat gempa hebat di San Francisco yang sempat membuat The Vial mengalami kerusakan. Para Eternals pun harus memperbaiki wadah itu agar Tiamut tetap berada di sana.

Sayangnya, pada akhirnya Tiamut berhasil kembali dibangkitkan oleh the Deviants. Namun, yang menarik adalah Tiamut kemudian tidak jadi menghancurkan bumi seperti yang sebelumnya dia rencanakan. Dia memutuskan untuk membiarkan planet bumi menentukan nasibnya, apakah akan hancur atau tetap bertahan lama.

Tiamut Jadi Markas Baru Avengers?

Terdapat sebuah momen menarik yang dihadirkan di film Eternals. Dalam film Eternals, yang coba untuk menghentikan Tiamut bukanlah Celestials, melainkan para Eternals itu sendiri. Sebagian Eternals seperti Sersi, Phastos, Makkari, Druig, dan Ajak mencoba untuk menghentikan proses “Emergence” atau kelahiran dari Celestials Tiamut. Sayangnya, tidak semua Celestials sejalan dengan mereka.

Ikaris dan Sprite adalah Eternals yang harus dihadapi oleh rekan-rekannya demi menghentikan proses tersebut. Dan pada akhirnya, Ikaris dan Sprite pun berhasil dihentikan. Sersi sendiri di sisi lain berhasil mencegah kelahiran Tiamut dengan cara membekukannya. Sekilas mungkin tidak ada yang salah dengan apa yang dilakukan oleh Sersi, namun ini bisa menjadi petunjuk besar kedepannya.

Bagaimana Tiamut membeku dan terlihat seolah-olah menjadi pulau, bisa jadi merupakan petunjuk bahwa Celestials tersebut akan menjadi markas baru dari Avengers nantinya seperti yang dihadirkan di komik. Dalam komik Avengers Volume 8 (2018) yang ditulis oleh Jason Aaron dan Justin Ponsor diperlihatkan bagaimana para Avengers menempati sebuah markas baru yang merupakan tubuh seorang Celestials yang sudah tewas.

Celestials menjadi fokus utama dalam cerita di arc pembuka komik Avengers, di mana Final Host kembali ke bumi untuk menghancurkan seluruh umat manusia. Banyak para pahlawan bumi berkumpul untuk mencoba bertahan dari serangan tersebut. Para Celestials tersebut pada akhirnya pergi dari bumi dan memberikan hadiah kepada mereka yaitu tubuh salah satu dari mereka, Progenitor.

Progenitor sendiri merupakan Celestial pertama yang pergi mengunjungi bumi pada 1.000.000 sebelum Masehi. Celestial tersebut berhasil dikalahkan dan dikubur di bawah tanah oleh para Avengers pra-sejarah. Tetapi, pada masa sekarang tubuh dari Progenitor di angkat ke permukaan sebagai bentuk harapan dan kehidupan di wilayah Kutub Utara.

Yang uniknya adalah tim Avengers pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan tubuh Progenitor sebagai markas baru mereka, yang kemudian disebut sebagai ‘Avengers Mountain.’ Black Panther dan Alpha Flight mendesain sedemikian rupa bagian dalam dari Celestial tersebut untuk bisa ditinggali. Mereka mengubah tulang belakang dari Progenitor menjadi lift, juga berbagai hal lainnya seperti ruang kamar, ruang kerja, dan lain-lain. Bahkan, jari-jari tangan dari Progenitor pun dibuat sebagai landasan udara.

Tubuh Progenitor yang menjadi markas Avengers mirip seperti Celestial Knowhere yang tubuhnya juga dijadikan markas Guardians of the Galaxy. Hal inilah yang kemudian memunculkan spekulasi di atas, bahwa Avengers di MCU akan memiliki markas baru, dengan menggunakan tubuh Celestials Tiamut.

Seperti yang kita ketahui, selama ini Avengers tinggal di sebuah menara – yang disebut sebagai Avengers Tower – atau tinggal di sebuah rumah yang besar yang biasa disebut sebagai Avengers Mansion. Namun, mungkin dengan membekunya Tiamut bisa membuat para Avengers di MCU menjadikan Celestials ini sebagai markas baru mereka seperti halnya di komik.

Sampai saat ini memang masih belum diketahui apakah para Avengers akan kembali, mengingat situasinya tidak menentu setelah kepergian Captain America dan juga Iron Man. Namun, ketika Avengers yang baru nanti terbentuk, mereka mungkin bisa menempati markas baru di dalam sebuah tubuh Celestials.

Peran Tiamut Kedepannya

Kemunculan sosok Celestial Tiamut semakin memperluas ras Celestial dan juga nuansa kosmik di Marvel Cinematic Universe. Dan tentunya menarik untuk menantikan apa yang akan terjadi kepada Tiamut selanjutnya. Ada beberapa skenario yang bisa terjadi kepada Tiamut di MCU ini. Pertama, menjadi markas baru dari Avengers dan tetap membeku sampai waktu yang sangat lama.

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, membekunya Tiamut ini bisa memberikan petunjuk tentang kemunculan markas baru Avengers. Dan hal ini pun terjadi di komiknya. Tentu akan sangat epik jika kemudian para Avengers ini memiliki markas baru yang berada jauh dari pemukiman dan juga gedung-gedung, yang tidak lain adalah berada di dalam tubuh Tiamut.

Kedua, Tiamut mungkin bisa menjadi ancaman selanjutnya bagi para Avengers. Kita memang masih belum mengetahui apakah Tiamut akan kembali hidup untuk menghancurkan bumi, namun jika melihat apa yang terjadi di komiknya, bisa jadi dia akan kembali hidup untuk menghancurkan bumi seperti halnya Arishem dan para Celestial lainnya. Ini tentu akan menjadi ancaman besar bagi para pahlawan bumi yang sekaligus bisa menjadi tema bagi film Avengers selanjutnya.

Jadi, pada intinya, seperti halnya kemunculan Arishem the Judge, kemunculan Tiamut ini mungkin menjadi sebuah rencana panjang yang sudah dipersiapkan oleh Kevin Feige dan Marvel Studios. Karena tentu akan dirasa sangat disayangkan jika kemudian mereka hanya menghadirkan salah satu Celestial penting ini untuk satu film saja. Kita nantikan saja apa yang akan dihadirkan di film sekuelnya nanti ya Geeks!