Ketika nyawa Luffy di ambang kematian setelah terkena racun Magellan saat berusaha untuk membebaskan Ace di penjara Impel Down, Bon Clay tidak sengaja menemukan sebuah “surga” di tengah-tengah penjara mengerikan tersebut. Di dalamnya, ada banyak sekali orang-orang yang justru nampak bahagia. Mereka berpesta, makan-makanan enak, dan bersantai seolah mereka tidak sedang berada di penjara.

Lokasi dari tempat rahasia tersebut berada di tengah-tengah lantai 5 dan lantai 6. Karena itulah ruangan atau tempat rahasia ini disebut sebagai lantai 5.5, yang saat ini dipimpin oleh Bon Clay. Sebelumnya, pemimpin dari tempat ini adalah Emporio Ivankov. Ivankov merupakan salah satu komandan dari Pasukan Revolusi. Dia kabur dari Impel Down demi membantu Luffy menyelamatkan Ace.

Saat Luffy sedang mengalami masa pemulihan, Bon Clay sempat mengajukan pertanyaan kepada Ivankov mengenai tempat tersebut. Dia bertanya tentang bagaimana mungkin bisa ada ruangan seluas itu di dalam penjara. Dan yang lebih epiknya lagi adalah mereka bisa dibilang berada di bawah tanah. Ivankov pun kemudian menjawab bahwa ruangan tersebut dibuat oleh seseorang sejak lama.

Orang tersebut memiliki kemampuan khusus, di mana dia mampu untuk “menggali” tanah dan kemudian sosok tersebut memanfaatkan kemampuannya untuk membangun ruangan itu. Tempat rahasia itu dibangun seperti halnya sarang semut, sehingga posisi mereka tidak akan diketahui oleh pihak penjara. Pertanyaanya kemudian siapa sosok yang membangun tempat tersebut? Siapa yang dimaksud oleh Ivankov?

Dalam kolom SBS Volume 91, Oda Sensei sempat memberikan penjelasan mengenai hal ini. Salah seorang fan bertanya mengenai identitas sosok yang menggali lubang di level 5.5 penjara Impel Down. Fan tersebut bertanya apakah sosok yang dimaksud oleh Ivankov adalah Morley. Selain itu, fan ini pun bertanya apakah tempat tersebut sudah ada sejak zaman dahulu?

Oda Sensei kemudian mengonfirmasi pertanyaan tersebut bahwa memang benar yang membangun lokasi rahasia di Impel Down adalah Morley. Hal ini berkat kemampuan buah iblis Oshi Oshi no Mi yang dia miliki. Berkat kemampuan buah iblis ini, Morley mampu mendorong dan menghancurkan hampir apa pun. Bahkan, tanah sekali pun bisa menjadi objek dari buah iblis ini.

Kemampuannya mirip seperti Choki Choki no Mi milik Inazuma, yang membuatnya mampu menggunting apa pun. Hanya saja Morley tidak bisa menggunting benda, melainkan mendorong atau menghancurkannya. Kemampuan ini membuat Morley mampu “menyelam” ke bawah tanah dan menciptakan ruangan seperti halnya ruang rahasia di level 5.5 Impel Down.

Kemampuan ini juga yang digunakan oleh Morley, Sabo, dan yang lain untuk menyusup masuk ke Mary Geoise untuk menghancurkan Reverie. Oda Sensei juga menjelaskan bahwa Morley adalah bagian dari suku raksasa, dan usianya sudah lebih dari 150 tahun. Dia dahulunya merupakan bajak laut yang sangat jahat, yang kemudian berhasil ditangkap oleh angkatan laut sekitar 100 tahun yang lalu.

Pada saat dia dipenjara di Impel Down itulah Morley kemudian membuat ruang rahasia yang sekarang ditempati oleh Bon Clay. Berkat kemampuan ini juga Morley pun mampu kabur dari penjara tanpa ketahuan, sampai kemudian dia terlibat dalam beberapa “insiden.” Salah satu yang paling baru bagi Morley adalah bagaimana dia bergabung dengan Pasukan Revolusi.

Meskipun Morley yang membuat ruangan atau tempat tersebut, tetapi Ivankovlah yang kemudian menata tempatnya dan membuat semuanya terasa lebih “hidup” seperti sekarang sebelum kemudian dia pergi, dan digantikan oleh Bon Clay. Menarik tentunya untuk mengetahui apakah kemudian Bon Clay pun akan keluar dari sana dan meninggalkan tempat itu di kemudian hari? Kita nantikan saja ya kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan dtaang ya Geeks!