Siapa yang tidak kenal dengan sosok Silvers Rayleigh. Silvers Rayleigh si raja kegelapan adalah tangan kanan atau orang kepercayaan dari raja bajak laut, Gol D. Roger. Menjadi tangan kanan dari Roger, tentunya membuktikan bahwa level kekuatan Rayleigh tidaklah sembarangan. Bisa dibilang dia adalah salah satu karakter terkuat di cerita One Piece.

Ada banyak bukti yang memperlihatkan bagaimana kekuatan dari Rayleigh. Salah satu contohnya adalah ketika Garp tahu bahwa Rayleigh ada di kepulauan Sabaody. Garp mengatakan kepada anak buahnya untuk tidak menyerangnya, dengan alasan angkatan laut tidak seharusnya menyerang dua karakter legendaris sekaligus – Whitebeard dan Rayleigh – karena saat itu angkatan laut sedang mempersiapkan diri untuk eksekusi Ace.

Garp sendiri mengatakan kalau ratusan angkatan laut bisa dikalahkan dengan mudah oleh Rayleigh. Artinya, untuk menangkap atau menyerang Rayleigh butuh kekuatan yang sangat besar. Kemudian Shakky sendiri mengatakan bahwa kemampuan dan kekuatan dari Rayleigh jauh 100 kali lebih kuat dibandingkan para bajak laut supernova yang saat itu berlabuh di Sabaody.

Hal tersebut kemudian terbukti dalam sebuah pertarungan Rayleigh melawan admiral Kizaru, yang akhirnya terpaksa datang setelah ada insiden pemukulan kaum naga langit. Kemampuan Rayleigh mungkin tidak seefektif dan tidak sekuat ketika dia muda. Namun, pertarungan melawan Kizaru menjadi bukti kalau dia masih berbahaya dengan berhasil membuat Kizaru terluka.

Berdasarkan beberapa contoh di atas kita tentu bisa membayangkan ketika usianya masih muda, level kekuatannya tentunya jauh lebih kuat dari apa yang sudah ditampilkan dalam ceritanya selama ini. Jinbei dan para Supernova yang ada di pelelangan manusia pun bahkan terkejut melihat sosok Rayleigh. Mereka menganggap kalau Rayleigh adalah sosok legendaris, seorang bajak laut yang luar biasa kuat.

Selain kekuatan dalam bertarung, kekuatan fisik Rayleigh juga sangat dahsyat. Terbukti dia pernah berenang melewati Calm Belt, dan mengalahkan beberapa Sea Kings dengan tangannya sendiri. Hal yang luar biasa lainnya dari Rayleigh adalah kemampuannya untuk menguasai ketiga jenis Haki yang ada. Kemampuan Haki kepemimpinannya sudah berada di level tertinggi, di mana dia bisa menargetkan korbannya untuk dibuat tidak sadar.

Dia mampu melakukan ini tanpa mempengaruhi lingkungan di sekitar targetnya. Kemudian kemampuan Armament Hakinya juga sudah berada di level tertinggi, di mana dia bisa menghancurkan benda atau apapun dari dalam. Contohnya adalah ketika dia menghancurkan gelang peledak Camie. Armament Haki ini juga mampu menahan serangan dari Kizaru, dengan mempertahankan bentuk aslinya. Seperti yang kita ketahui, Kizaru merupakan pengguna buah iblis dengan tipe Logia.

Observation Haki milik Rayleigh juga tidak kalah mengerikan, di mana dia bisa merasakan emosi dan juga keberadaan seseorang. Dia bisa mengetahui berapa jumlah musuh atau jumlah lainnya tanpa perlu melihatnya secara langsung. Dalam anime di episode 870 menjadi bukti lain kekuatan Rayleigh, dimana Bounce Man milik Luffy yang merupakan Gear ke 4 Luffy nyatanya tidak ada apa-apanya bagi Rayleigh.

Jika Rayleigh berada di masa jayanya, bisakah dia mengalahkan seorang Yonko? - Quora

Rayleigh tetap bisa dengan mudah mengalahkan dan menghajar Luffy. Berdasarkan semua penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa level kekuatan Rayleigh setara dengan Yonko – atau bahkan mungkin lebih. Jika Rayleigh memang mau serius dan mengerahkan seluruh kekuatannya, bukan tidak mungkin dia bisa menumbangkan Kaido.

Sayangnya, memang sejauh ini Oda hanya memberikan referensi saja mengenai kemampuan dari Rayleigh tanpa memperlihatkan kemampuannya dalam cerita. Tetapi, dengan alur cerita yang masih berjalan sampai sekarang mungkin Oda Sensei akan memperlihatkan kemampuan sebenarnya dari Rayleigh nanti. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!