Big Mom akhirnya mengamuk setelah apa yang dilakukan Eustass Kid dan Trafalgar law kepadanya. Big Mom pun mengatakan bahwa Kid dan Law sama seperti Luffy, yang mengincar titel Yonko. Kid dan Law sendiri kemudian berusaha untuk mengalahkan Big Mom dan melengserkannya dari titelnya tersebut. Namun, tentunya yang menjadi pertanyaan kemudian apa sebenarnya tujuan sistem Yonko dibuat?

Dalam chapter 1031 diperlihatkan bagaimana Big Mom bangkit kembali setelah Law dan Kid menyerangnya dengan kemampuan baru mereka. Big Mom pun marah besar dan mengatakan bahwa Law dan Kid serta Luffy memang mengincar singgasanya, singgasana seorang Yonko. Yonko memang merupakan sebuah titel yang sangat prestisius, namun masih banyak misteri di balik itu semua.

Sampai saat ini, Oda Sensei masih belum memberikan penjelasan lengkap mengenai sistem Yonko. Sejauh ini yang diketahui fans tentang Yonko adalah mereka merupakan empat orang bajak laut yang menguasai samudera. Kemampuan mereka berada di atas rata-rata bajak laut lainnya, bahkan mereka jauh lebih kuat dari para admiral angkatan laut.

One Piece: 10 Things About Yonko That Make No Sense | CBR

Para Yonko juga merupakan bajak laut yang berkuasa di wilayah New World, sebuah wilayah “tanpa hukum” di mana para Yonko tersebutlah “hukumnya.” Di wilayah New World hanya ada dua aturan, bergabung dengan para Yonko atau bertarung menghadapi mereka. Di New World, para Yonko pun memiliki wilayah kekuasaan mereka masing-masing. Contohnya adalah Wano yang merupakan kekuasaan dari Kaido.

Pemerintah Dunia juga tidak memberikan larangan apa pun kepada Yonko untuk bertindak sesuka hati mereka. Jika di wilayah lainnya para bajak laut tidak bisa berbuat seenaknya akibat adanya aturan dari Pemerintah Dunia dan angkatan laut, di New World semua aturan tersebut tidak berlaku. Seperti disebutkan di atas, para Yonkolah yang menjadi “hukum” di sana.

Hal ini tentunya memunculkan pertanyaan besar, mengapa kemudian sistem Yonko dibuat? Mengapa para Yonko diberikan kebebasan untuk bertindak? Apakah artinya Pemerintah Dunia tidak mampu menghadapi mereka? Memang, ada kemungkinan bahwa salah satu alasan pihak Pemerintah Dunia membebaskan para Yonko adalah karena mungkin Yonko terlalu kuat untuk dihadapi.

One Piece: Monkey D. Dragon và quân cách mạng sẽ lật đổ Thiên Long Nhân bằng cách nào?

Namun, kemungkinan lainnya adalah pihak Pemerintah Dunia mungkin sengaja membiarkan para Yonko untuk bertindak seenaknya di New World karena ada sesuatu yang mereka sembunyikan. Dengan adanya sistem Yonko ini, keuntungan justru diraih oleh pihak Pemerintah Dunia. Keuntungan seperti apa yang mereka dapatkan? Jawabannya adalah para bajak laut tersebut akan “terkunci.”

Dengan wilayah New World yang terbagi menjadi berbagai wilayah kekuasaan, membuat para Yonko tidak bisa berbuat banyak. Jika ada salah satu Yonko lebih kuat dari Yonko lainnya atau mencoba mengambil secara paksa daerah kekuasaan milik Yonko lain, kemungkinan mereka akan berhadapan dengan angkatan laut dan Pemerintah Dunia.

Jika para Yonko mencoba untuk menyerang pihak WG, peristiwa yang terjadi di Marineford bisa menjadi gambaran besar apa yang akan terjadi selanjutnya. Deadlock atau penguncian ini kemungkinan memiliki tujuan, yaitu mencegah salah satu dari para Yonko untuk bisa pergi menuju Laugh Tale. Seperti yang kita ketahui Pemerintah Dunia didirikan 800 tahun lalu setelah 20 kerajaan bersatu dan menyerang Kerajaan Kuno.

Dan butuh waktu yang sangat lama serta berbagai upaya untuk menghancurkan seluruh barang bukti dan menghilangkan jejak mereka dari sejarah. Jadi, pada intinya, Pemerintah Dunia sepertinya menciptakan sistem Yonko sebagai “gembok” bagi siapa pun yang mencoba untuk pergi menuju Laugh Tale. Semuanya demi menjaga rahasia besar yang sudah tersimpan selama ratusan tahun.

Bisa jadi inilah alasan mengapa Roger menjadi buronan yang paling dicari, bahkan semua keturunan atau orang yang memiliki hubungan dengan Roger pun harus dimusnahkan. Dan yang juga menarik adalah berdasarkan penjelasan Big Mom di atas, artinya sistem Yonko ini sudah sejak lama ada. Kemungkinan Big Mom, Kaido, Whitebeard, Blackbeard, atau pun Shanks, adalah orang kesekian yang pernah mengisi titel ini.

Ini sama halnya dengan titel Joy Boy yang banyak didiskusikan para fans. Pada awalnya, para fans percaya bahwa ‘Joy Boy’ adalah nama dari seseorang. Namun, kemudian banyak asumsi bermunculan bahwa ‘Joy Boy’ sebenarnya bukanlah nama orang melainkan titel, yang sudah sejak lama ada. Luffy adalah sosok kesekian yang diprediksi akan menjadi sosok ‘Joy Boy’ tersebut. Kita nantikan saja ya Geeks penjelasan lengkap dari Oda Sensei mengenai sistem Yonko ini.