Senjata kuno memang jadi salah satu ketakutan besar dari Pemerintah Dunia, dalam cerita One Piece. Ada tiga senjata kuno yang udah diketahui yaitu Uranus, Poseidon, dan Pluton. Sejauh ini, yang sudah diketahui wujudnya baru Poseidon dan Pluton. Poseidon sendiri sebenarnya bukan senjata atau benda melainkan putri duyung yang bisa memerintahkan semua makhluk laut.

Sedangkan Pluton adalah sebuah kapal atau perahu yang memiliki daya hancur yang dahsyat. Dikatakan serangan Pluton bisa menghancurkan sebuah pulau dan juga benua, hanya dalam satu serangan. Namun, sayangnya, sampai saat ini masih belum diketahui bagaimana bentuk dan wujud untuk satu senjata kuno lainnya yaitu Uranus.

Banyak teori tentang wujud Uranus. Ada yang mengatakan Uranus adalah benda, senjata, dan ada juga yang mengatakan bahwa Uranus adalah kemampuan untuk mengajak orang lain, seperti halnya yang dimiliki Luffy. Namun, teori yang banyak berkembang di kalangan para fans menyebutkan bahwa Uranus sebenarnya adalah buah iblis yang mampu mengendalikan cuaca.

Buah iblis ini dipercaya sebelumnya dimiliki oleh Gol D. Roger. Dan setelah proses eksekusi Gol D. Roger, Dragon yang kemudian menjadi pemilik selanjutnya. Lalu, apa bukti yang mendukung teori atau spekulasi ini? Hal ini bisa dilihat dari namanya. Uranus sendiri adalah nama mitologi dari dewa langit. Shiki menyadari bahwa Roger sudah menemukan sebuah senjata kuno, dan karena itulah dia ingin menjalin kerja sama dengan Roger demi menguasai dunia.

Senjata yang dimaksud oleh Shiki bisa jadi adalah Uranus. Namun, ada kemungkinan Shiki hanya mengetahui bahwa Roger memiliki senjatanya, tanpa mengetahui apa sebenarnya kemampuan yang bisa dilakukan Uranus. Bukti bahwa Roger memiliki kemampuan ini adalah ketika peristiwa perang besar di Edd War. Seperti yang mungkin banyak Geeks ketahui, dalam pertarungan ini Roger kalah jumlah dengan pasukan Shiki.

Namun, yang “aneh” kemudian adalah cuaca di tengah laut tiba-tiba berubah. Pusaran air besar muncul, yang mana semuanya justru menjadi kerugian besar bagi armada Shiki. Roger sendiri dan seluruh krunya berhasil selamat dalam peperangan tersebut, dan mereka bahkan sama sekali tidak mengalami luka atau kerusakan sedikit pun. Hal tersebut memperlihatkan bahwa seolah-olah alam atau cuaca berpihak pada Roger.

Uranus Ada di Tangan Dragon?

Dalam arc Punk Hazard diketahui fakta bahwa jika seorang pengguna buah iblis tewas, maka kemampuan buah iblis mereka akan berpindah ke buah-buahan terdekat. Monkey D. Dragon kemungkinan tahu tentang fakta ini, dan karena itulah saat proses eksekusi Roger berlangsung dia sudah mempersiapkan semuanya. Dengan begitu, kekuatan Uranus akan berpindah ke buah yang dibawa oleh Dragon dan kemudian dimakan.

Ini mungkin alasan mengapa Dragon muncul di prosesi eksekusi Roger. Lalu, apa buktinya? Kembali, seperti yang pernah diungkapkan di artikel sebelumnya, Dragon memiliki kemampuan yang mampu membuatnya bisa memanipulasi cuaca. Hal ini diketahui setelah setiap kali kemunculan Dragon, maka situasi dan kondisi cuaca di sekitarnya pasti akan berubah menjadi hujan atau badai.

Disebutkan juga bahwa ada kemungkinan yang menyelamatkan Luffy dari proses eksekusi Buggy adalah Dragon, dengan melemparkan petir ke panggung eksekusi. Kekuatan ini juga yang membuat Luffy selamat dari kejaran Smoker dan pasukannya. Ada juga beberapa “anomali” cuaca lainnya, misalnya angin besar di Grey Terminal atau Dragon yang selalu melihat ke arah East Blue.

Bisa jadi ini juga yang menjadi alasan mengapa kemudian Dragon mendapatkan julukan sebagai “kriminal paling dicari di seluruh dunia.” Selain karena Dragon dan Pasukan Revolusi sering membantu wilayah-wilayah untuk bisa keluar dari cengkraman Pemerintah Dunia, Dragon juga ternyata memiliki akses terhadap salah satu senjata kuno. Kita nantikan saja ya Geeks penjelasan lengkap mengenai hal ini dari Oda Sensei.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.