Jougan merupakan salah satu hal baru yang dihadirkan dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Jougan juga merupakan Doujutsu atau teknik mata yang dimiliki oleh sang protagonis utama serinya, Boruto Uzumaki. Namun, sayangnya, sampai saat ini informasi mengenai Jougan tersebut masih sangat sedikit. Sehingga tidak banyak yang diketahui tentang doujutsu ini.

Banyak pertanyaan kemudian muncul di kalangan fans terkait Jougan. Contohnya adalah bagaimana Boruto bisa mendapatkan Doujutsu Jougan? Siapa yang memberikannya? Dan mengapa Jougan sangat jarang sekali muncul dalam cerita? Meskipun Jougan ini diketahui merupakan Doujutsu “eksklusif” milik dari Boruto, namun, kabarnya juga kemampuan ini merupakan juga Dojutsu milik klan Otsutsuki atau setidaknya memiliki kaitan dengan klan tersebut.

Kekuatan dari Jougan sendiri belum dijelaskan secara sempurna, tetapi yang pasti ketika diaktifkan Boruto bisa mengendalikan ruang dan waktu, serta mampu melihat lokasi titik lemah dari musuhnya. Berkaitan dengan pertanyaan mengapa Jougan jarang muncul dalam ceritanya, banyak teori yang mencoba menjawab pertanyaan tersebut. Salah satu teori yang menarik adalah bisa jadi Jougan ada kaitannya dengan Nue dan kebencian orang lain.

Who gave Boruto Jougan

Seperti yang kita ketahui, Naruto mampu mengakses chakra Kurama yang ada dalam dirinya ketika dia merasa marah atau emosi. Emosi tersebut yang kemudian menjadi pemicu chakra kurama tersebut muncul dan menyelimuti Naruto. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan Boruto dan Jougan. Diyakini justru kebencian orang lain yang menjadi pemicu munculnya Jougan.

Hal ini diketahui ketika Jougan pertama kali diperlihatkan dalam ceritanya, di mana Jougan muncul ketika kebencian orang-orang di Konoha muncul akibat sosok Nue. Dalam salah satu episode di seri anime Boruto, disebutkan bahwa chakra negatif dari hati yang lemah membuka sebuah pintu yang dibuat dari sel Hashirama. Dan hal itu (kebencian) kemudian menjadi makanan yang akan membangunkan Nue.

Chakra negatif dari orang-orang membantu Nue untuk membuka pitu yang dimaksud tersebut, dan ini juga yang kemungkinan menjadi alasan mengapa Jougan sering muncul di awal-awal serinya. Yang menarik juga adalah ketika Naruto menjelaskan tentang Nue kepada Sasuke, terdapat sebuah simbol dari sosok Nue. Dalam simbol tersebut terlihat ada gambar satu mata yang ada di bagian tengah.

DENI Cs001 on Twitter: "Only reminder writer create Nue not only for one purpose #boruto episode 15 #sumirekakei https://t.co/uglA0aStjW" / Twitter

Dalam teorinya disebutkan bahwa mata tersebut ada kemungkinan memiliki keterkaitan dengan Jougan. Sasuke juga kemudian mengatakan bahwa apa yang diungkapkan oleh Naruto membuatnya semakin memahami teknik Kaguya, yang tidak lain adalah teknik perpindahan antar dimensi. Sosok Urashiki juga diketahui memiliki teknik antar dimensi yang mirip dengan Kaguya.

Ini juga yang lagi-lagi dikaitkan dengan Jougan, di mana ketika Boruto berada di dekat Urashiki maka Jougannya akan aktif. Lain halnya ketika Boruto berada di dekat Isshiki, di mana Jougannya tidak muncul. Ada kemungkinan bahwa portal antar dimensi tersebut mampu memancing untuk Jougan keluar dari dalam diri Boruto. Jika memang Nue dan portal dimensi Kaguya yang menjdi pemicu munculnya Jougan, mengapa hal itu tidak terjadi sekarang?

BORUTO on Twitter: "Big Nue Little Nue… "

Hal ini mungkin ada kaitannya dengan apa yang diungkapkan oleh Toner di mana dia menyebutkan bahwa “pintu gerbang” yang dibuka oleh Nue sudah ditutup. Artinya sejak Nue berubah menjadi kecil, dan pintu gerbang tersebut ditutup, Boruto belum bisa membangkitkan Jougan miliknya. Lalu, apakah ada cara atau solusi untuk hal ini? Sumire adalah jawaban dari pertanyaan tersebut.

Sumire harus bisa membuat ukuran Nue kembali seperti semula, bahkan dia harus membuat Nue semakin besar. Hal ini dikarenakan dalam teorinya diyakini bahwa semakin besar ukuran tubuh Nue, maka efek dari Jougan pun akan semakin kuat. Hal tersebut dikarenakan kekuatan Nue pun berada pada titik maksimal. Dan dengan Nue berada dalam kekuatan maksimalnya, maka “pintu gerbang” yang dimaksud pun akan kembali terbuka dan Boruto akan mampu menggunakan Jougan.