Momen ketika Borushiki menusuk mata Sasuke benar-benar mengejutkan para fans dari seri Boruto: Naruto Next Generation. Mereka benar-benar tidak menyangka bahwa momen seperti itu akan terjadi, dan mereka juga tidak menyangka bahwa Sasuke yang akan menjadi targetnya. Bisa jadi, hal itu ada kaitannya dengan kemampuan yang dimiliki oleh Sasuke dan mata Rinnegannya.

Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, mata Rinnegan milik Sasuke mampu membantu membaca situasi ketika Momoshiki (atau Borushiki) muncul dan mengambil alih tubuh Boruto. Sasuke yang mengetahui bahwa Momoshiki mampu mengambil alih tubuh Boruto karena Boruto kehilangan tenaga alias kelelahan. Sasuke juga yang tahu bahwa Momoshiki mampu menyerap chakra dengan teknik ninjutsu yang diarahkan kepadanya. Dan hal itu membuat Momoshiki marah.

Sayangnya, Sasuke kini tidak bisa lagi menggunakan Rinnegan miliknya setelah apa yang terjadi. Para fans sendiri penasaran apa yang kemudian akan terjadi kepada Sasuke. Apakah dia akan mendapatkan mata baru? Apakah Sasuke akan kembali mendapatkan Rinnegan? Setelah Naruto dan yang lain berhasil kembali ke Konoha, Amado mengatakan bahwa dia sudah bertemu dengan Sasuke untuk membahas tentang Boruto.

Meskipun tidak diungkapkan apa yang dibahas oleh Amado dan juga Sasuke dalam percakapan mereka, ada kemungkinan bahwa mereka juga membahas mengenai mata Sasuke yang hilang. Bisa jadi, Amado menawarkan Sasuke untuk mendapatkan sebuah mata baru, sebuah mata yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.

Untuk hal ini, rasanya Amado memang tidak perlu diragukan lagi. Amado sudah membuktikannya kepada anggota Inner Kara, seperti Delta, yang bisa menembakan laser dari matanya. Berdasarkan hal tersebut, artinya Amado juga bisa saja membuat mata yang sama bagi Sasuke. Pertanyaanya kemudian adalah apakah Sasuke mau mempercayakan hal tersebut kepada Amado?

Naruto sendiri sudah menyatakan bahwa dia masih belum sepenuhnya percaya terhadap Amado, setidaknya itulah yang dia katakan terhadap para Kage lainnya. Dan kemungkinan Sasuke sendiri merasakan hal yang sama. Namun, dengan ancaman besar yang sudah mendekat, di mana Code dan Eida sudah menanti mereka, Sasuke mungkin akan mengambil resiko untuk percaya terhadap Amado.

Perlu dicatat bahwa bukan berarti Sasuke lemah. Sasuke masih menguasai berbagai jenis jutsu, seperti halnya Naruto. Namun, dengan adanya doujutsu buatan dari Amado setidaknya hal itu bisa menambah kekuatan dari Sasuke. Jika kemudian Sasuke mau dan setuju Amado membantunya, Amado mungkin bisa menemui Orochimaru untuk mendapatkan data mengenai Sasuke.

Seperti yang diungkapkan dalam artikel sebelumnya, Orochimaru bisa menjadi sosok yang membantu Sasuke untuk menyembuhkan matanya. Orochimaru sudah sangat mengenal Sasuke berdasarkan sejarah masa lalu mereka berdua. Dengan Orochimaru yang sudah pernah melakukan penelitian terhadap Sasuke dan juga hal lainnya, Orochimaru bisa membantu Sasuke “memperbaiki” matanya.

Orochimaru dipastikan memiliki data genetik dari Sasuke. Selain itu, Orochimaru mungkin memiliki data mengenai kemampuan Sasuke seperti Rinnegan dan Sharingan. Amado mungkin bisa meminta data tersebut atau justru bekerja sama dengan Orochimaru terkait hal tersebut. Dan setelah mendapatkan informasinya, Amado bisa mulai mengembangkan mata baru untuk Sasuke.

Amado atau Orochimaru Ilmuwan yang Paling Hebat di Serial Boruto Halaman 1 - Kompasiana.com

Bahkan, Amado mungkin bisa mengerjakan semuanya di lab milik Orochimaru yang mungkin lebih lengkap dibandingkan fasilitas milik Konoha. Meskipun Katasuke dan juga tim riset dari Konoha mungkin sudah melakukan penelitian dasar terhadap hal tersebut, Orochimaru memiliki data lebih lengkap terhadap sosok Sasuke. Dan ada satu hal juga yang perlu dicatat bahwa kekuatan dari mata baru ini mungkin tidak akan membuat Sasuke sekuat dahulu ketika dia memiliki Rinnegan asli. Tetapi, setidaknya Sasuke akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yang bisa membantunya mengalahkan Code atau Eida.

LINK Boruto 195 Sub Indo: Akhirnya Boruto dan Kawaki Mulai Akur, Naruto Ikut Bahagia Tahu Hal Itu - Tribunnewswiki.com Mobile

Yang juga menjadi pertanyaan besarnya adalah apakah Sasuke mau melakukannya. Seperti yang Geeks ketahui, Sasuke tidak mau mendapatkan lengan tambahan seperti halnya Naruto. Dia menganggap bahwa kehilangan lengannya merupakan salah satu hukuman yang harus dia alami/terima atas apa yang sudah dia lakukan dahulu.

Dan sampai saat ini pun rasanya Sasuke masih memiliki pola pikir tersebut. Sasuke memang bisa saja menerima Rinnegan buatan yang dikembangkan oleh Orochimaru dan juga Amado. Namun, apakah Sasuke akan menerima semua itu? Sasuke mungkin saja menolak rencana mata baru pengganti Rinnegan karena dia berpikir bahwa itu juga merupakan karma dari apa yang dia perbuat dahulu.

Ini juga mungkin menjadi cara Masashi Kishimoto untuk perlahan “menghilangkan” Sasuke dari cerita Boruto setelah sebelumnya dia melakukan hal tersebut kepada Naruto, dengan membuat Kurama tewas dan Naruto harus kehilangan sebagian kekuatannya. Naruto dan Sasuke kemungkinan tidak akan lagi menjadi sorotan utama dari seri Boruto, mengingat Kawaki dan Boruto akan tumbuh menjadi sosok shinobi yang hebat dengan kekuatan yang mereka miliki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.