Setelah sekian lama, akhirnya para fans kembali melihat salah satu teknik andalan milik Zoro yaitu Asura dalam pertarungan Zoro melawan Kaido. Namun, kali ini “mode” atau “form” dari Asura yang dipraktikan sedikit berbeda dibandingkan yang sebelumnya. Meskipun begitu, pada dasarnya teknik ini tetap sama. Zoro diperlihatkan menggunakan sembilan pedang yang menyerang satu target dalam waktu bersamaan.

Teknik Ashura/Asura ini pertama kali dipraktikan oleh Zoro dalam arc yang menjadi favorit para fans, yaitu Enies Lobby. Pada saat itu, Zoro harus bertarung melawan salah satu anggota dari CP9 yaitu Kaku. Kaku terbukti menjadi lawan yang sulit bagi Zoro, bahkan Zoro harus mengerahkan semua tenaga dan kemampuan yang dia miliki. Ini pertama kalinya Zoro menggunakan kekuatannya 100%.

Dan yang paling epik adalah ketika Zoro kemudian menggunakan teknik Asura untuk mengalahkan Kaku. Ketika menggunakan teknik Asura ini, Zoro diperlihatkan akan memiliki tiga kepala, enam tangan dan kaki tambahan. Mirip seperti sosok Asura dalam mitologi agama Hindu. Teknik tersebut kemudian dikenal sebagai Kyuutoryu, atau teknik sembilan pedang.

one-piece-1010-8 — ImgBB

Sejak pertarungan melawan Kaku, Zoro belum pernah menggunakan lagi menggunakan teknik tersebut. Zoro kemudian kembali menggunakan teknik Asura saat melawan Pacifista di kepulauan Sabaody. Namun, teknik Asura yang digunakan saat itu bukanlah Asura Ichibugin, melainkan asura Makyusen. Secara garis besar, memang tidak ada perbedaan diantara keduanya, di mana Zoro menggunakan sembilan pedang. Yang membedakannya mungkin adalah pola sayatan yang dilakukan Zoro.

Yang paling baru adalah Zoro mempraktikan teknik Asura Hell Hakkei kepada Kaido. Teknik ini ternyata mampu melukai Kaido, bahkan sampai mengeluarkan darah. Kaido sendiri menyebutkan bahwa serangan tersebut mungkin akan meninggalkan luka di tubuhnya. Setelah kalah melawan Kaido, saat ini Zoro sedang bertarung melawan salah satu anggota All-Star yaitu King the Wildfire.

King merupakan anak buah Kaido yang paling kuat. Dan hal ini pun dibuktikan dengan King memiliki nilai buruan paling tinggi dibandingkan dengan kru bajak laut Beast lainnya. Dengan menjadi kru bajak laut Beast paling kuat, wajar jika King mampu memberikan kesulitan kepada Zoro. Hal ini diperlihatkan dalam chapter 1027 kemarin.

Dengan menggunakan mode hybridnya, King berhasil menghancurkan bangunan istana Kaido. Dia menyerang ke berbagai penjuru, tidak peduli lawan atau pun kawan. King benar-benar marah dan serius dalam pertarungan melawan Zoro, setelah dia berhasil merusak topeng yang dia kenakan. Hal itu membuat sebagian wajahnya, untuk pertama kalinya, terlihat oleh orang lain.

Zoro sendiri mengakui bagaimana kekuatan dari King sangatlah dahsyat. Dan hal ini pun memunculkan pertanyaan, bagaimana kemudian Zoro akan menghadapi King? Ada kemungkinan bahwa Zoro akan menggunakan teknik Asura untuk mengalahkan King. Tetapi, untuk kali ini pun Zoro akan kembali menggunakan “form” lain dari teknik Asura.

Ada kemungkinan bahwa teknik baru Asura tersebut akan mampu mengeluarkan api dan juga dilapisi oleh Haki. Oda Sensei sendiri sepertinya sudah memberikan petunjuk mengenai Zoro dan juga berbagai teknik api. Pertama, bagaimana Zoro menemukan teknik Hiryu Kaen atau Flying Dragon, yang dia gunakan saat pertarungan di Thriller Bark menghadapi zombie Ryuma.

BOCORAN SPOILER ONE PIECE CHAPTER 1002: Yonkou vs Generasi Baru, Zorro Nyaris Tebas Kaido - Media Blitar

Teknik ini ternyata benar-benar dahsyat, di mana bukan hanya berhasil mengalahkan zombie Ryuma, namun juga berhasil menghancurkan sebelah tanduk dari tengkorak raksasa di Onigashima. Bahkan, Big Mom dan Kaido sendiri harus menghindar dari serangan tersebut karena berbahaya dan mengerikan. Kemudian, kita juga melihat bagaimana Zoro mampu membelah api.

Dalam pertarungan melawan Big Mom dan Kaido, Zoro berhasil menyelamatkan Luffy dari serangan Big Mom dengan menggunakan teknik milik Kinemon, Foxfire Style. Dengan teknik ini, Zoro mampu membelah api. King sendiri merupakan pengguna atau memiliki kemampuan untuk mengendalikan api yang luar biasa, artinya teknik ini berguna.

Future Events - There's a chance that Zoro vs King may end in One Piece Chapter 1028...... | Worstgen

Petunjuk lainnya adalah bagaimana Zoro mampu menggunakan Haki Penguasa. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Kaido sendiri terkejut dengan sosok Zoro di mana dia pun ternyata bisa menggunakan Haki Penguasa. Dalam hal ini, perlu dicatat bahwa Zoro bisa menggunakan Haki Penguasa dan bukan memiliki Haki Penguasa, seperti halnya Luffy.

Artinya, Zoro mungkin baru bisa menggunakan Haki Penguasa sebatas untuk melapisi serangannya saja. Meskipun begitu, ini pun menjadi “amunisi” lainnya untuk menghadirkan teknik Asura yang baru, yang merupakan gabungan dari teknik memotong api dan juga Haki Penguasa yang dilapisi pada serangannya. Dengan teknik Asura yang baru ini, kemungkinan besar Zoro akan mampu menghadapi King dan mengalahkannya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya dan juga bagaimana Zoro akan menghadirkan teknik terbaru Asura dalam chapter selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.