Apakah Sanji sudah berhasil membangkitkan kekuatan terbesar dalam dirinya? Apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh Sanji? Sanji, Zoro, dan Luffy sering kali dikenal sebagai trio monster dari kelompok Topi Jerami. Mereka bertiga bisa dibilang adalah kru terkuat, dibandingkan kru lainnya. Dan hal ini dibuktikan dengan mereka bertiga lebih banyak terlibat dalam pertarungan dibandingkan dengan karakter lainnya seperti Usopp, Franky, atau bahkan Nami.

Meskipun mereka bertiga sangat kuat, namun harus diakui Luffylah yang paling kuat. Ketiga karakter ini memiliki keunikannya masing-masing, dan mungkin Sanji yang paling unik dimana dia bertarung hanya dengan kakinya. Berbicara mengenai Sanji dan kekuatannya, banyak anggapan yang menyebutkan bahwa Sanji mungkin tidak lebih kuat dibandingkan Zoro dan Luffy.

Hal ini juga yang banyak dikeluhkan oleh sebagian fans One Piece, yang menyebutkan bahwa perkembangan kekuatan dari Sanji terhitung lambat jika dibandingkan dengan dua rekannya. Tetapi,  entah apakah ini merupakan bagian dari rencana besar dari Oda Sensei, perlahan Oda sensei mulai memberikan peningkatan kekuatan kepada Sanji secara drastis.

Raid Suit Berikan Pengaruh Negatif Pada Sanji? | Greenscene

Dimulai dari latihan yang dia lakukan selama di kerajaan Kamabakka, kemudian Raid Suit yang diberikan oleh keluarganya dalam arc Whole Cake Island, dan yang paling baru, dalam bocoran untuk chapter One Piece 1028 diungkapkan bahwa Sanji mengalami sebuah peristiwa aneh. Tubuhnya tiba-tiba menjadi sangat kuat, bahkan luka-luka di tubuhnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Kemampuan Sanji ini mirip healing factor seperti cerita komik pahlawan super Amerika. Bahkan, pedang yang digunakan oleh Queen dalam menyerang Sanji pun hancur akibat tubuh Sanji yang tiba-tiba menjadi keras. Hal inilah yang memunculkan pertanyaan besar di kalangan fans, bahkan Sanji sendiri mempertanyakan tentang apa yang terjadi dengan tubuhnya.

Apakah artinya Sanji sudah berhasil membangkitkan kekuatan dalam dirinya? Bisa jadi. Sanji adalah salah satu kru Topi Jerami yang tidak memakan buah iblis, namun tubuhnya pernah menjadi subyek rekayasa genetika dari sang ayah, Vinsmoke Judge. Meskipun begitu, Sanji dianggap gagal karena tidak memperlihatkan perkembangan signifikan seperti saudara-saudaranya yang lain.

Sanji's Raid suit: OnePiece

Karena itulah dia kerap disiksa oleh Judge, dan dia pun sering kali dikucilkan dan dirundung oleh saudara-saudaranya – kecuali Reiju. Mungkin, seperti yang pernah dibahas di artikel lain sebelumnya, Sanji bukanlah sosok yang gagal. Justru dia adalah sosok yang sempurna, hanya saja perkembangan genetik dalam tubuhnya membutuhkan waktu. Atau mungkin pemicu.

Lalu, apa yang bisa menjadi pemicunya? Kemungkinan Raid Suit ciptaan Germa 66 adalah kunci dan pemicu peningkatan kekuatan tersebut. Seperti yang dijelaskan oleh Sanji pada chapter sebelumnya, dia merasakan ada yang aneh dengan tubuhnya setelah dia menggunakan Raid Suit. Mungkin perasaan aneh tersebut sebenarnya adalah momen di mana tubuhnya berkembang.

Untuk saat ini, para fans hanya bisa berspekulasi mengingat ini baru informasi awal yang dihadirkan oleh Oda Sensei tentang kekuatan Sanji. Tentunya Oda Sensei akan memberikan informasi lainnya pada masa yang akan datang, seiring berjalannya cerita arc Wano yang sudah mendekati akhir. Dan menarik bagaimana perkembangan kekuatan dari Sanji ini benar-benar diluar dugaan semua orang. Yang juga menjadi pertanyaan adalah apa lagi kekuatan yang akan dihadirkan oleh Sanji selanjutnya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.