Kozuki Momonosuke mungkin saat ini sudah mengetahui banyak tentang apa yang terjadi dengan dunia pada masa lalu. Bahkan, mungkin dia juga tahu tentang apa yang terjadi dengan abad yang hilang dan apa sebenarnya One Piece. Bagaimana dia mengetahui hal tersebut? Semuanya berkat buku catatan Kozuki Oden yang ada di tangan Yamato.

Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Kozuki Oden sempat menjadi bajak laut setelah dia berhasil keluar dari Wano dengan bergabung dengan kru Whitebeard. Dia sempat melakukan berbagai petualangan bersama Whitebeard, sampai kemudian Gol D. Roger meminta Oden untuk bergabung bersamanya. Menurut Roger, hanya Oden yang bisa memecahkan teka-teki tentang isi Road Poneglyph yang menjadi petunjuk menuju Laugh Tale.

Terkesan dengan sosok Roger, akhirnya Oden mau bergabung dengannya meskipun dia hanya bergabung selama kurang lebih dua tahun. Itu adalah masa-masa menarik dari Kozuki Oden, sebelum kemudian dia kembali ke Wano. Oden sering kali menulis tentang apa yang terjadi dan berbagai hal lainnya dalam buku catatan miliknya. Bahkan, tentang ramalan kemampuan besar yang muncul 20 tahun lagi pun ada di buku catatan tersebut.

Saat Kaido menyerang Wano dan istana Oden, dia membakar semua isinya. Beruntung, buku catatan Oden terbuang ke sungai yang ada di luar istana, dan Yamato yang menemukan buku catatan tersebut. Tanpa sepengetahuan Kaido, Yamato membaca dan menyimpan buku catatan tersebut. Kita memang tidak tahu apa saja yang ada di dalamnya, namun dari apa yang dihadirkan di ceritanya bisa dipastikan semua hal – termasuk hal penting – ada di buku catatan tersebut.

Hal ini diperlihatkan dari bagaimana Yamato mengetahui tentang kemunculan kekuatan besar 20 tahun lagi yang bisa menghancurkan Kaido. Kemudian, Yamato pun menyebutkan bahwa momen langit terbelah akibat beradunya Haki Penguasa tingkat lanjut antara Luffy dan Kaido mirip dengan momen ketika Whitebeard dan Roger saling bertarung. Itu ada dalam catatan Oden.

Momonosuke pun kembali mendapatkan motivasi, bahwa dia tidak boleh mati sebelum Wano berhasil diselamatkan. Hal itu berkat apa yang dia baca di buku catatan sang ayah. Berdasarkan hal tersebut, muncul sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik. Bila memang semuanya tercatat di sana, apakah artinya Momonosuke – dan juga Yamato – sudah mengetahui tentang rahasia dunia?

Future Events - Yamato is Going To Die... | Worstgen

Untuk saat ini, mungkin Momonosuke masih belum tahu tentang rahasia dunia. Pasalnya, Momonosuke sendiri baru membaca sedikit bagian dari isi buku catatan tersebut. Mungkin Momo baru membaca tentang ramalan dari kemunculan sosok besar di Wano, dan bagaimana sosok tersebut memberikan pengaruh besar terhadap dibukanya perbatasan Wano atau Wano pada masa depan.

Setelah semuanya selesai, dan situasi kembali damai, Momonosuke baru akan membaca semua isinya secara detail. Dan, kembali, jika kemudian memang buku catatan tersebut berisi semua hal yang pernah Oden alami dan juga ada rahasia yang ada di dunia ini, artinya Momonosuke dan Yamato sudah tahu terlebih dahulu tentang hal itu dibandingkan Luffy dan yang lain – seperti halnya Rayleigh.

Di sisi lain, hal ini mungkin akan membuat Momosuke untuk bisa menjadi lebih dewasa dari sebelumnya, menjadi acuan baginya untuk bisa menjadi lebih baik lagi. Momo pun mungkin akan menawarkan Luffy informasi tentang rahasia besar tersebut, jika memang mau, yang mana hal itu pastinya akan ditolak mentah-mentah oleh Luffy. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Momo akan membaca kembali isi buku catatan milik ayahnya tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.