Sebagian fans One Piece mungkin bertanya-tanya mengapa angkatan laut tidak ikut terlibat dalam pertempuran di Wano. Padahal, mereka sendiri menyadari bahwa pertempuran besar di Onigashima akan memengaruhi keseimbangan dunia. Apalagi, dalam pertempuran epik tersebut terdapat dua Yonko yang menjalin aliansi; Kaido dan Big Mom. Apakah mereka takut terhadap para Yonko?

Di awal arc Wano, kita sempat melihat bagaimana aggota CP-0 datang ke wilayah tersebut untuk berdiskusi dengan Orochi tentang pembelian senjata setelah Doflamingo berhasil dikalahkan. Namun, sepertinya diskusi tersebut buntu yang membuat Orochi marah. Orochi kemudian mengatakan bahwa dia tidak takut terhadap kaum naga langit dan juga angkatan laut, karena dia memiliki Kaido di belakangnya.

Kemudian, dalam rapat yang dilakukan oleh pihak angkatan laut setelah mengetahui bahwa Kaido dan Big Mom menjalin aliansi, Sakazuki menolak mengirimkan pasukan angkatan laut ke Wano untuk terlibat dalam pertempuran itu. Ada dua alasan yang muncul, pertama mereka tidak tahu sebesar apa kekuatan para samurai Wano, dan berbagai informasi lainnya mengenai Wano.

Ini Alasan Kaido Pasok Senjata ke CP0 | GreensceneSeperti yang kita ketahui, Wano merupakan wilayah yang terisolir. Hampir sama sekali tidak ada akses keluar masuk yang terjadi di wilayah ini. Hanya beberapa orang saja yang mampu keluar dan masuk Wano. Karena itulah wajar jika Sakazuki kemudian ragu untuk mengirimkan pasukan angkatan laut ke Wano, karena mereka sama sekali tidak tahu apa-apa tentang Wano.

Alasan kedua adalah kurangnya kekuatan pasukan angkatan laut. Saat ini armada angkatan laut tidak dalam keadaan sempurna setelah mereka harus berpencar demi menangkap para mantan Shichibukai. Setelah keputusan Reverie memutuskan untuk menghapus sistem Shichibukai, akhirnya para bajak laut mantan Shichibukai tersebut mulai kembali menjadi incaran angkatan laut.

Dan kita tahu bahwa para mantan Shichibukai ini memiliki kekuatan yang dahsyat, yang artinya mereka tidak bisa hanya mengirimkan sedikit pasukan saja. Berbicara mengenai kekuatan, ini juga bisa jadi salah satu alasan mengapa angkatan laut tidak pergi ke Wano. Pihak angkatan laut sendiri saat ini diketahui memiliki jumlah pasukan sebesar 100.000 orang lebih, termasuk 3 admiral dan beberapa wakil admiral.

Di atas kertas, mungkin bisa dengan mudah disimpulkan bahwa angkatan laut bisa dengan mudah menyerang Wano, dengan jumlah pasukan tersebut. Di sisi lain, pasukan Kaido sendiri kurang lebih berjumlah 30.000 orang. Tetapi, yang perlu menjadi catatan adalah ada dua orang Yonko di sana. Dan salah satu diantaranya adalah Kaido. Belum lagi seluruh pasukannya merupakan pemakan buah iblis Zoan yang artinya kekuatan fisik mereka sangat dahsyat.

Tidak lupa juga ada Luffy, kelompok Topi Jerami, dan juga Worst Generation. Pihak angkatan laut mungkin bisa saja menghancurkan Kaido dan juga menghancurkan semua pasukan aliansi. Yang menjadi masalahnya adalah jika mereka memang ingin melakukannya, maka setidaknya mungkin perlu jumlah pasukan yang banyak untuk dikirim ke Wano.

One Piece: Berbagai Misteri Wano yang Belum Terpecahkan! | Greenscene | Halaman 2

Dalam perang puncak di Marineford, angkatan laut mampu mengumpulkan 100.000 orang, namun semua itu dilakukan di markas besar mereka. Dan hal itu membuat semuanya bisa terorganisir dengan lebih mudah. Jika mereka ingin melakukan hal yang sama terhadap Wano, maka semuanya harus dilakukan dengan lebih masif lagi, mengingat seberapa defensifnya kondisi geografis Wano.

Hal itu akan membuat angkatan laut berfokus untuk mengirimkan sumber daya mereka ke satu lokasi saja, dan hal ini tentunya bisa menjadi masalah. Pertama, angkatan laut dibutuhkan untuk menjaga perdamaian dunia. Jika kemudian mereka mengerahkan semua yang mereka miliki ke satu titik, dipastikan akan muncul kekacauan besar di titik lain di dunia tersebut.

Kedua, dengan jumlah pasukan yang banyak tersebut, bisa dipastikan akan jatuh korban jiwa dari pihak angkatan laut dalam jumlah yang banyak pula. Dengan asumsi lebih dari 50% pasukan yang dikirim menjadi korban, maka artinya akan ada ketidak seimbangan kekuatan di tubuh angkatan laut. Lagi-lagi hal ini bisa dimanfaatkan oleh pihak lain untuk melakukan kejahatan.

Jadi, alasan mengapa Orochi begitu percaya diri dan mengapa angkatan laut tidak mau mengirimkan pasukannya ke Wano adalah karena pihak angkatan laut tidak mau mengambil resiko besar, dengan mengorbankan hal besar lainnya. Penyerangan ke Onigashima untuk mengalahkan Kaido, bisa dibilang adalah upaya “penghamburan” sumber daya, apalagi mereka tahu seberapa kuat Kaido. Kecuali jika memang situasi atau ada hal yang serius yang memaksa mereka untuk melakukannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.