Dalam chapter 1023 dari seri manga One Piece, Roronoa Zoro menyadari bahwa rekannya, Sanji, tidak bertarung seperti biasanya. Chef dari kelompok Topi Jerami tersebut kemudian menjelaskan bahwa tubuhnya terasa aneh setelah dia mengenakan Raid Suit miliknya. Tubuhnya terasa tidak seperti biasanya, namun bukan dalam artian yang buruk.

Raid Suit sendiri sebenarnya sudah cukup lama diperkenalkan dalam ceritanya. Terakhir kali Sanji menggunakan Raid suit miliknya adalah ketika dia menyelamatkan Momonosuke dari King. Kekuatan King pada akhirnya membuat Sanji harus melepaskan Raid Suit miliknya. Pernyataan Sanji mengenai ada yang dia rasakan pasca mengenakan Raid Suit sebenarnya sangat menarik. Tentunya Raid Suit bisa memberikan efek lebih kepada tubuh Sanji selain membuatnya terasa aneh.

Raid Suit sendiri pada dasarnya merupakan sebuah pakaian tempur yang dibuat dengan teknologi maju dari keluarga Vinsmoke dan Germa 66. Secara tampilan, Raid Suit bisa dibilang memang sangat mirip dengan apa yang dikenakan oleh Power Ranger. Masing-masing keluarga Vinsmoke memiliki Raid Suit mereka sendiri, dan sudah dirancang dan disesuai dengan kemampuan bertarung dan hal lainnya.

Ketika Raid Suit tidak digunakan, maka baju tempurnya akan tersimpan di dalam sebuah kaleng dengan nomor yang sesuai dengan nama mereka. Sanji sendiri memiliki angka “3” di kalengnya. Ketika penggunanya membutuhkan armor tersebut, maka Raid Suit akan langsung menyesuaikan dan menyatu dengan tubuh penggunanya. Raid Suit juga hanya bisa digunakan oleh pemilik yang sudah ditentukan, dan tidak ada orang lain yang akan bisa menggunakannya.

Bagaimana dengan kemampuannya? Raid Suit mampu meningkatkan kemampuan bertarung dari penggunanya. Selain itu, armor ini pun tahan api, tahan terhadap beberapa serangan lainnya seperti peluru dengan menggunakan jubah yang ada di belakangnya. Jubah tersebut bahkan bisa menjadi perisai jika dibutuhkan. Yang menarik adalah di manganya kemampuan ini hanya ada di Raid Suit milik Sanji, namun dalam versi animenya hampir semua Raid Suit milik saudaranya pun mampu tahan terhadap peluru.

Masing-masing Raid Suit juga memiliki kemampuan yang unik. Contohnya, Raid Suit milik Reiju mampu meningkatkan kemampuan racun yang dia miliki, sarung tangan dari Ichiji mampu menciptakan sebuah ledakan energi, dan Raid Suit milik Sanji mampu membuatnya menghilang. Sanji juga berencana untuk meminta Franky dan Usopp untuk memodifikasi desain Raid Suit miliknya untuk bisa sesuai dengan gaya bertarungnya.

Sanji Bakal Memakai Raid Suit di Chapter 931 One Piece?

Yang masih belum diketahui sampai saat ini adalah apa efek yang ditimbulkan dari penggunanya. Apa yang diucapkan Sanji mengenai tubuhnya yang terasa aneh dan tidak biasa setelah memakai Raid Suit, masih belum cukup jelas menjelaskan efek yang ditimbulkan dari Raid Suit. Tetapi, Sanji sendiri menjelaskan bahwa apa yang dia rasakan bukanlah sesuatu yang negatif.

Para fans sendiri masih memperdebatkan bagaimana Raid Suit bisa meningkatkan kemampuan penggunanya. Salah satu teori menyebutkan bahwa mungkin Raid Suit sudah dipersiapkan untuk menyesuaikan DNA dari penggunanya. Seperti yang kita ketahui, Vinsmoke Judge merupakan sosok yang ahli dalam hal Lineage Factor atau DNA. Bahkan, Big Mom sendiri tertarik untuk bekerja sama dengannya.

Kesimpulannya, bisa jadi apa yang dirasakan Sanji memang menjadi “efek samping” yang harus dirasakan oleh mereka yang menggunakan armornya. Mungkin, para saudaranya sudah terbiasa untuk menggunakan Raid Suit dan juga membiasakan diri dengan efek yang muncul dari Raid Suit tersebut. Sedangkan Sanji terhitung baru dalam menggunakan Raid Suit, sehingga mungkin tubuhnya masih perlu penyesuaian. Bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi Sanji dalam jangka panjang pun masih belum diketahui, yang pasti mudah-mudahan saja tidak ada efek buruk yang muncul.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.