Mister Mxyzptlk

Ini adalah villain yang sudah membuat Superman kewalahan selama bertahun-tahun. Mister Mxyzptlk mungkin terlihat tidak berbahaya. Penampilannya bahkan mungkin terlihat konyol, dan faktanya memang seperti itu. Mister Mxyzptlk merupakan karakter yang bukan berasal dari dimensi kita, melainkan dari dimensi kelima. Sering kali dengan kekuatannya dia melakukan tindakan yang usil, yang terkadang membuat dunia dalam bahaya.

Mister MxyzptlkSebenarnya, sosok Mister Mxyzptlk tidak bisa benar-benar disebut sebagai villain karena kekuatannya digunakan hanya untuk usil – meski pun memberikan pengaruh besar terhadap dunia. Demi bisa menandingi kekuatannya, dalam satu cerita, Superman bahkan rela pergi ke dimensi kelima yang mana justru Superman berubah drastis ketika kembali. Masih belum diketahui sejauh mana kekuatan sebenarnya dari Mister Mxyzptlk ini.

The Spectre

Identitas Spectre sendiri sudah digunakan oleh beberapa karakter dalam beberapa tahun belakangan, namun karakter yang populer menggunakan identitas Spectre adalah Jim Corrigan. Dia merupakan seorang detektif yang tewas setelah diserang oleh kriminal. Namun, dia berhasil kembali hidup dan menghukum siapa saja yang berbuat kejahatan dengan kekuatan sihirnya.

The Spectre DC Comics CrisisNamun, yang perlu dicatat adalah kemampuan sihir The Spectre tidaklah sembarangan. Dengan kekuatan tersebut, The Spectre sudah menjadi nigh-omnipotent, yang artinya dia memiliki kekuatan dahsyat untuk bisa melakukan apa pun yang dia inginkan. Karena itulah, The Spectre adalah sosok pahlawan yang lebih sering bertarung di dimensi atau realita lainnya – sesuatu yang mungkin pahlawan kebanyakan tidak akan ketahui.

Anti-Monitor

Anti-Monitor merupakan villain yang bertanggung jawab atas terjadinya peristiwa Infinity Crisis. Dia merupakan salah satu dewa yang mampu menghancurkan berbagai universe yang ada di DC Comics, seperti yang diperlihatkan dalam peristiwa Infinite Crisis. Anti-Monitor bahkan mampu mengalahkan salah satu karakter terkuat DC, the Spectre. Anti-Monitor sendiri merupakan versi jahat dari Monitors, para penjaga multiverse DC.

Anti-Monitor DCBukannya menjaga dan mengawasi multiverse DC, Anti-Monitor justru menjadi musuh dan menghancurkan multiverse tersebut untuk kemudian dibentuk kembali sesuai keinginannya. Dengan kekuatannya yang mampu menghancurkan seluruh realita, rasanya wajar jika Anti-Monitor menjadi salah satu entitas kosmik terkuat di DC Comics.

The Great Darkness

Gambar di bawah bukanlah sebuah gambar biasa. Itu merupakan salah satu entitas terkuat di DC Comics yaitu the Great Darkness atau yang biasa disebut sebagai the Great Evil Beast. Diciptakan oleh Alan Moore dan Stan Woch, Great Darkness pertama kali muncul di komik Swamp Thing. Berdasarkan informasinya, Great Darkness sudah ada sejak awal terciptanya alam raya ini.

Great Darkness DCPasca peristiwa Crisis pertama, sebuah kelompok pemujaan bernama Brujeria berusaha untuk membangkitkan kembali Great Darkness. Beruntung upaya tersebut berhasil dihentikan oleh John Constantine dan Swamp Thing. Dalam arc American Gothic, Great Darkness diperlihatkan berhasil mengalahkan The Spectre. Barulah ketika The Presence akhirnya turun tangan, Great Darkness akhirnya bisa ditaklukan.

The Presence

Sebenarnya, secara teknis The Presence bukanlah entitas kosmik. Dia merupakan dewa, yang memang menguasai seluruh multiverse. Dialah sosok dewa yang sebenarnya. The Presence merupakan sebuah entitas yang dahsyat, di mana seluruh multiverse DC berada di tangannya. Entitas ini diciptakan oleh Jerry Siegel dan Bernard Bailey pada 1940. The Presence sendiri memiliki julukan lain yaitu The Hand atau The Voice.

The Relative Power of DC Gods Explained (Neil Gaiman and Grant Morrison) - Gen. Discussion - Comic VineSebagai Sang Pencipta seluruh multiverse DC, tidak ada yang sanggup menandingi kekuatan dari The Presence. Sering kali The Presence dianggap sebagai perwujudan dari sang penulis cerita, namun tidak jarang juga DC menggambarkan The Presence sebagai perwujudan dari para fans. Dan The Presence sendiri pernah muncul dalam wujud seorang kakek tua.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.