Tidak hanya Marvel Comics, DC Comics pun dipenuhi dengan berbagai karakter yang levelnya jauh di atas para karakter biasa. Dalam hal ini, karakter tersebut berada di level kosmik. Jika Marvel Comics mengenal Fantastic Four, Guardians of the Galaxy, Thor, Thanos dan Captain Marvel sebagai karakter yang berkaitan dengan kosmik, DC pun tidak kalah memiliki sejumlah karakter kosmik yang epik.

Hal ini dikarenakan DC merupakan salah satu penerbit komik yang memperkenalkan ras alien ini dalam ceritanya. Ketika era perang buku komik yang menghadirkan lebih banyak fiksi ilmiah, karakter seperti Green Lantern dan The Flash pun muncul dengan menghadirkan nuansa baru. Kemudian semuanya berkembang dengan menghadirkan mitologi dari luar angkasa. Dari deretan entitas kosmik yang ada di DC, berikut adalah beberapa yang dianggap sebagai entitas kosmik terkuat.

Synnar

Meski pun Synner bisa dianggap sebagai salah satu karakter terkuat yang dimiliki DC Comics, namun sayangnya karakter ini hanya muncul beberapa kali saja dalam ceritanya. Bahkan, Synnar pun belum pernah muncul dalam era New 52 atau Rebirth. Mungkin hal itu ada kaitannya dengan kekuatan yang dia miliki, yang memang mampu untuk menghancurkan semuanya.

Synnar DC ComicsSynnar pada awalnya adalah pencipta dari multiverse. Dialah arsitek dari sang dewa penguasa multiverse. Namun, setelah dia menciptakan semuanya, dia berkonspirasi untuk menghabisi penguasa multiverse dan akhirnya harus dihukum atas apa yang sudah dia perbuat. Dia kemudian kembali muncul dalam komik Hardcore Station. Dengan kemunculannya yang sedikit, sehingga wajar tidak banyak yang diketahui dari kekuatan Synnar selain mampu menciptakan sesuatu.

The Guardians

Green Lantern Corps merupakan salah satu organisasi paling kuat di seluruh universe DC. Sehingga rasanya masuk akal jika petinggi mereka, Guardians of Oa, jauh lebih kuat. Mereka mungkin tidak memiliki Power Ring seperti halnya Green Lantern lain atau memiliki kekuatan fisik yang dahsyat. Namun, jangan tertipu dengan penampilannya karena mereka menjadi pemimpin dari Green Lantern Corps karena sebuah alasan.

The Guardians Green LanternsThe Guardians dikenal sebagai salah satu diantara sekian banyak makhluk yang memiliki ilmu pengetahuan paling luas di alam raya DC. Mereka mampu menggunakan kecerdasan mereka dan keunggulan dari segi mental, untuk menyerang musuhnya secara fisik. Bahkan, jika mereka mau, mereka bisa membelah atau menghancurkan sebuah planet dengan menggunakan pikirannya.

Parallax

Green Lantern memang merupakan salah satu karakter terkuat yang dimiliki DC. Namun, ketika dia dikuasai oleh Parallax, maka mereka akan berubah menjadi sesuatu yang lebih mengerikan. Parallax sendiri sebenarnya bukanlah makhluk yang memiliki wujud. Mereka mengendalikan targetnya dengan memengaruhi pikiran korbannya. Hal Jordan pernah merasakan hal tersebut.

Hal Jordan ParallaxDikendalikan oleh amarah yang besar akibat Coast City yang hancur, dia justru berubah drastis dengan memiliki pola pikir yang berbeda dengan Green Lantern Corps. Perbedaan tersebut yang kemudian membuat Hal menghancurkan Green Lantern Corps. Ternyata Hal sudah berhasil dikuasai oleh Parallax. Kemampuan seseorang yang dikuasai Parallax benar-benar dahsyat. Bahkan, Hal Jordan yang dikuasai oleh Parallax mampu mengalahkan Superman dengan hanya satu pukulan.

Nix Uotan

Seperti halnya The Guardian, The Monitor juga merupakan kelompok entitas paling kuat di multiverse DC, yang dibebani dengan tanggung jawab besar melalui kekuatan yang mereka miliki. Sesuai namanya, mereka adalah pengawas dan penjaga dari seluruh multiverse DC. Meskipun sebagian besar Monitors mampu melampaui banyak karakter DC dari segi kekuatan, salah satu yang paling kuat diantara mereka adalah Nix Uotan.

Nix Uotan Final CrisisUotan muncul di cerita Final Crisis, di mana dia dilucuti kekuatannya oleh para Monitor lainnya. Meski pun begitu, Nix Uotan tidak menyerang untuk mencari cara mengalahkan Darkseid dan Dark Monitor Dax Novu. Uotan sendiri pada akhirnya mengorbankan seluruh Monitors demi keberlangsungan multiverse. Pasca Final Crisis, Nix kembali muncul dan dalam realita yang baru – New 52 – Nix menjadi Monitor yang terakhir yang kemudian dikenal sebagai the Superjudge.

The New Gods

Rasanya tidak lengkap jika membicarakan entitas kosmik tanpa menghadirkan New Gods. New Gods sendiri muncul dari karakter Old Gods yang sudah tewas. Mereka muncul di dua planet yang sedang berperang: New Genesis dan Apocalypse. New Genesis sendiri merupakan planet yang dipimpin oleh Hight-Father, sedangkan Apocalypse dipimpin oleh Darkseid.

Article lead imageKedua pemimpin tersebut kemudian bertukar anak-anak mereka sebagai bentuk perdamaian. Sesuai dengan namanya, New Gods berisi para dewa yang memang memiliki kekuatan dahsyat. Contohnya Darkseid yang memiliki kekuatan Anti-Life Equation atau Metron, yang diketahui memiliki pengetahuan yang tidak terbatas. Semua dari mereka sangatlah kuat, sehingga sulit untuk menentukan siapa yang terkuat.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2