Geeks pasti mengetahui tentang organisasi yang mengatur seluruh kehidupan di dunia One Piece yaitu Pemerintah Dunia. Di dalamnya terdapat para pemimpin yang memberikan berbagai keputusan yang akan mempengaruhi semua aspek kehidupan. Contohnya, dalam arc Reverie kemarin salah satu keputusan yang diambil adalah pembubaran Shichibukai atau kelompok bajak laut yang bekerja sama dengan angkatan laut dan pemerintah dunia.

Seperti halnya dalam dunia nyata, Pemerintah Dunia pun memiliki Hirarki atau struktur jabatan yang berlaku. Memang, masih banyak sekali hal mengenai Pemerintah Dunia yang masih menjadi misteri. Namun, salah satu hal yang diketahui dari Pemerintah Dunia adalah hirarki dari mulai yang tertinggi, sampai yang paling bawah. Berikut adalah pembahasannya.

Im

Im Sama merupakan pemimpin tertinggi dari Pemerintah Dunia. Eiichiro Oda sampai saat ini masih belum memperlihatkan bagaimana sosok asli dari sang pemimpin tersebut. Namun, yang pasti dia memiliki bentuk fisik yang tinggi mirip seperti para lima tetua bintang. Berbicara tentang hal tersebut, Im Sama bahkan memiliki posisi lebih tinggi daripada lima tetua bintang alias Gorosei.

One Piece: Im-sama Adalah Sosok Abadi? | GreensceneMereka pun menerima perintah dari sosok ini. Masih belum diketahui mengapa sosok Im Sama menjadi pemimpin bagi Pemerintah Dunia, yang artinya dia merupakan raja atau pemimpin dari seluruh dunia di One Piece. Banyak yang mengira bahwa dia merupakan pemimpin yang bisa menyeimbangkan seluruh kekuatan di Pemerintah Dunia. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Im Sama adalah sosok yang tahu semua hal tentang apa yang terjadi di dunia ini.

Gorosei

Di atas kertas, Gorosei adalah lima orang paling kuat di dunia One Piece dalam urusan politik. Merekalah yang menjalankan pemerintahan dan dikenal sebagai sosok yang mengetahui tentang sejarah dunia. Sebagai antagonis dalam seri One Piece, mereka sangat penting. Meski pun begitu, para Gorosei tetap menerima perintah dari Im.

One Piece: Mereka yang Dapat Hancurkan Dunia! | GreensceneSampai sejauh ini Gorosei tidak pernah menunjukkan kemampuan bertarungnya. Besar kemungkinan jika mereka sama sekali tidak bisa bertarung. Namun, ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa mereka adalah sosok yang memiliki kekuatan paling besar. Hal ini bisa dilihat dari bekas luka yang ada di bagian tubuh mereka.

Tenryuubito (Kaum Naga Langit)

Para Celestial Dragon atau kaum naga langit sering kali menganggap diri mereka sangat berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Mereka bahkan enggan untuk menghirup udara yang sama dengan masyarakat biasa, karena dianggap berbahaya dan beracun. Tidak ada yang berani membantah atau bertindak apapun kepada kaum naga langit.

Kisah Nyata Tenryuubito One Piece Diambil dari Sosok Xia Jie - Semua Halaman - National GeographicWajar memang, karena mereka dianggap sebagai keturunan langsung dari 20 kerajaan yang kemudian menyatu untuk mengalahkan kerajaan kuno dan membentuk Pemerintah Dunia. Kedudukan mereka hanya satu peringkat dibawah Gorosei atau lima tetua bintang. Berurusan dengan kaum naga langit, artinya berurusan dengan Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Ini bisa dilihat saat Luffy menghajar salah satu naga langit di arc Sabaody. Tidak butuh waktu lama bagi admiral Kizaru dan pasukan angkatan laut untuk tiba di Sabaody.

Kepala Staff Pemerintah Dunia

The Real Identity Of Former Fleet Admiral Kong - Discover DiarySempat diisi oleh Kong, kini jabatan ini diisi oleh Sengoku, yang sebelumnya menjabat fleet admiral di markas angkatan laut. Sebenarnya tidak terlalu banyak informasi yang diketahui dari posisi atau jabatan ini. Namun, jika diperhatikan, ini merupakan “jembatan” antara Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Kepala Staff Pemerintah Dunia akan memberikan petunjuk atau perintah yang kemudian diteruskan kepada angkatan laut. Jabatan ini juga membawahi berbagai organisasi yang berada di bawah pengawasan Pemerintah Dunia, seperti Cipher Pol.

Cipher Pol

Cipher Pol merupakan sebuah organisasi rahasia yang dimiliki oleh Pemerintah Dunia. Tugas dari Cipher Pol adalah melakukan berbagai spionase, mencari berbagai informasi atau investigasi, dan menghabisi target sesuai arahan dari Pemerintah Dunia. Cipher Pol sendiri memiliki delapan “pos” yang terdiri dari CP1 sampai CP8.

Cipher Pol's threat - Anime Theories and UpdatesSedangkan dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang tidak resmi. CP0 merupakan unit yang paling kuat diantara semuanya, bahkan unit ini memiliki kemampuan yang melebihi dari unit yang biasa bertugas untuk melaksanakan pembunuhan yaitu CP9. Menurut Robin, tidak ada kelompok atau orang yang bisa lolos dari kelompok ini.

Fleet Admiral

Ini Umur Para Karakter Terkuat One Piece, Luffy Termuda! | Greenscene | Halaman 2Ini adalah jabatan tertinggi dari seluruh institusi angkatan laut. Fleet Admiral adalah pemimpin dari semua angkatan laut yang ada. Posisinya sendiri satu tingkat di atas admiral, dan satu tingkat di bawah panglima Pemerintah Dunia dan Gorosei. Fleet Admiral dan tiga admiral adalah pihak dalam angkatan laut yang secara sah bisa menginisiasi Buster Call, dan memerintahkan agen Pemerintah Dunia atau para ranking di bawahnya untuk melaksanakan perintah ini. Pangkat ini juga diberikan kewenangan untuk mencopot titel dari Shichibukai. Saat ini, jabatan fleet admiral diisi oleh Sakazuki alias Akainu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.