Gecko Moria adalah salah satu mantan Shichibukai yang cukup merepotkan. Karakter ini pertama kali hadir saat di arc Thriller Bark dan menjadi lawan yang cukup tangguh bagi Luffy dan kawan-kawan. Moria memiliki kekuatan Buah Iblis bernama Kage kage no Mi yang bisa mengendalikan bayangan orang lain dan membangkitkan pasukan zombie yang bisa dikendalikan sesuka hati.

Namun yang menarik dari Moria adalah kapal miliknya yang bernama Thriller Bark. Kapal ini dikatakan sebagai kapal terbesar di dunia One Piece karena memiliki ukuran yang tidak wajar. Secara keseluruhan kapal ini memang mirip seperti pulau yang bisa berjalan dan memiliki banyak fasilitas unik seperti kastil, pemakaman umum, hutan, dan lain-lain.

Hingga sekarang, masih menjadi misteri bagaimana Gecko Moria mendapatkan kapal ini dan siapa yang membuat kapalnya. Thriller Bark pertama kali terlihat di serial One Piece saat Luffy dan kawan-kawan memasuki daerah Segitiga Florian, dan karena kapal ini mirip seperti pulau maka Thriller Bark tergolong pulau ke sembilan yang dikunjungi Luffy setelah memasuki Grand Line.

Saat ini kapal Thriller Bark ditinggalkan oleh Gecko Moria setelah kalah bertarung melawan bajak laut Straw Hat. Kerusakan yang diterima kapal ini sangatlah berat dan membuatnya tidak layak pakai. Itulah sebabnya Gecko Moria meninggalkan banyak barang yang dia miliki di kapal tersebut dan mengungsi ke berbagai tempat untuk sementara waktu.

Bentuk aneh yang dimiliki Gecko Moria nampak sesuai dengan Thriller Bark. Penampakan Thriller Bark memang cukup menyeramkan, bahkan mungkin bagi sebagian orang banyak yang tidak mengira bahwa ini adalah sebuah kapal. Thriller Bark mirip seperti pulau karena memiliki sebuah dinding yang mengitari bagian tepi dan memiliki wilayah tengah seperti pulau, jadi bagi yang pertama kali melihat kapal ini akan mengira bahwa ini adalah sebuah pulau yang memiliki dinding di sekitarnya.

Karena tempat kapal ini bersandar berada di wilayah Segitiga Florian, maka banyak yang mengira bahwa ini adalah pulau berhantu. Sebab, wilayah Segitiga Florian terkenal dengan rumor yang cukup menyeramkan seperti banyaknya pelaut yang hilang, monster laut dan lain-lain. Padahal sebenarnya banyak pelaut yang hilang di wilayah ini karena ditangkap oleh Gecko Moria untuk diambil bayangannya demi menghidupkan pasukan zombie dalam jumlah banyak.