Kelompok bajak laut Topi Jerami  dikenal sebagai kelompok bajak laut yang berasal dari wilayah East Blue, dan merupakan salah satu kelompok bajak laut muda yang sedang naik daun. Topi Jerami juga memiliki kru yang berasal dari berbagai wilayah. Salah satu anggota terkuat dan paling populer di Topi Jerami adalah Luffy. Luffy juga menjabat sebagai pemimpin di bajak laut tersebut, dan ia dibantu oleh beberapa karakter kuat lainnya seperti Sanji dan Zoro.

Walau Topi Jerami hanya beranggotakan sebelas orang, tetapi mereka memiliki aliansi yang kapanpun siap membant. Topi Jerami digadang-gadang akan menjadi kelompok bajak laut penguasa samudera. Selain itu, Topi Jerami juga banyak mendapatkan perhatian setelah apa yang mereka lakukan sebelumnya. Misalnya menerobos Enies Lobby atau bahkan mereka menyerang salah satu Yonko, yaitu Big Mom.

Namun, berbicara mengenai Topi Jerami, terdapat sebuah rumor klasik yang sempat beredar di kalangan fans. Rumornya sendiri menyebutkan bahwa takdir kelompok dari kru Topi Jerami adalah tewas atau mati. Rumor ini muncul sekitar tahun 2003 silam, di mana Oda Sensei mengatakan bahwa akan ada kru Topi Jerami yang akan tewas. Pada saat itu, seri One Piece masih berada di pulau langit.

Para fans kemudian sempat “menyanggah” ungkapan dari Oda Sensei tersebut, karena hingga sekarang tidak ada kematian yang menimpa anggota Topi Jerami, seperti yang disebutkan Oda. Hingga kini, anggota Topi Jerami pun cenderung bertambah, bukan malah berkurang. Ternyata rencana Oda meleset, dan dia pun meminta maaf kepada para fans akan hal itu. Namun jika kita melihat kebelakang, ternyata ada salah satu anggota Topi Jerami yang tewas.

Anggota Topi Jerami yang tewas tersebut adalah Going Merry, kapal yang digunakan oleh Topi Jerami dalam petualangan awal mereka. Menurut Oda, arc Skypiea benar-benar mundur dari jadwal yang sudah ditentukan. Bahkan, mundurnya sendiri sampai 3 tahun. Going Merry pada akhirnya benar-benar “tewas” dalam arc Enies Lobby, di mana Topi Jerami sengaja membakar Merry yang dianggap sudah tidak lagi sanggup untuk membawa mereka berpetualang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.