Dalam satu dekade terakhir, ada banyak perubahan yang muncul di Marvel. Di tahun 2012 sepertinya menjadi titik awal kebangkitan mereka, dimulai dari film-film mereka yang sukses besar. Popularitas filmnya kemudian menyebar ke versi komik. Setelah filmnya sukses, banyak perubahan yang terjadi kepada tim Avengers. Avengers versi komik sekarang terlihat lebih berbeda dibanding Avengers versi film. Berikut adalah daftar perubahan yang sudah terjadi kepada Avengers dalam waktu satu dekade terakhir. Apa saja? Simak di bawah ini Geeks!

Heroic Age

Setelah komik Dark Reign menutup tahun 200an, seri komik lain berjudul Siege kemudian muncul di tahun 2010. Komik itu langsung mengguncang seluruh Marvel Universe. Setelah selesainya pertempuran besar di Asgard, dan para Avengers semuanya berpesta, Marvel Universe kemudian masuk ke sebuah era baru yang disebut Heroic Age. Heroic Age bukan saja menjadi penanda dekade baru Marvel Comics, tapi juga menjadi masa dimana mereka mulai mengenalkan wajah-wajah baru ke tim Avengers. Winter Soldier, Spider-Woman, Iron Fist, Doctor Strange, Nova, dan Red Hulk berhasil masuk dalam tim Avengers. Heroic Age memberikan gambaran tentang perubahan yang terjadi di Marvel Comics.

Peluncuran Kembali New Avengers

Setelah berjalan selama lima tahun, seri komik yang ditulis oleh Michael Bendis berjudul New Avengers kembali diluncurkan. Komiknya menjadi bagian dari Heroic Age, dan tim New Avengers kembali dengan anggota yang berbeda. Komposisi tim New Avengers baru berasal dari berbagai pecahan tim lama, seperti Avengers, Defenders, dan X-Men. New Avengers yang baru menampilkan karakter-karakter ikonik seperti Wolverine, the Thing, Luke Cage, Jessia Jones, Iron Fist, Spider-man, Ms. Marvel, Mockingbird, dan Victoria Hand. Di peluncuran terbaru New Avengers ini, para pembaca juga diperlihatkan kepergian Bucky Barnes dan Hawkeye dari tim.

Avengers Assamble

Kesuksesan film pertama Avengers membuat Marvel pada akhirnya membuat kembali komik Avengers dalam format yang baru. Mereka membuat komik Avengers Assamble untuk menarik perhatian pembaca baru. Dalam komik tersebut, komposisi anggota awal Avengers juga sama seperti dalam filmnya yaitu berjumlah empat orang. Setelah dirilis selama delapan volume, komik ini kembali menghadirkan perubahan, dimana Hawkeye dan Black Widow akhirnya memutuskan keluar dari Avengers dan digantikah Spider-Woman dan Captain Marvel. Komik ini menjadi patokan untuk cerita Avengers selanjutnya dalam versi komik.

Shattered Heroes

Shattered Heroes pertama kali diperkenalkan tahun 2011, dan merupakan sekuel Fear Itself. Komik ini kembali memperlihatkan banyak hal baru, seperti perubahan di dalam Avengers. Sama seperti New Avengers, anggota baru Avengers dalam komik Shattered Heroes merupakan perpecahan dari tim Defenders, X-Men, dan bahkan SHIELD. Karakter yang masuk tim baru Avengers adalah Daredevil, Storm, Quake, Captain Britain, dan Agent Venom.

Savage Avengers

Salah satu perubahan yang “tidak biasa” di tim Avengers terjadi dalam komik Savage Avengers, karya dari Gerry Duggan dan Mike Deodato Jr. Jika biasanya Avengers berisi para pahlawan yang tenang dan keren, maka lain halnya dengan yang ada di komik Savage Avengers. Meskipun Iron Man dan Captain America masih jadi anggota Avengers, tetapi sebagian besar anggota yang lain memiliki sifat yang liar atau barbar. Mereka adalah Wolverine, the Punisher, Elektra, Conan the Barbarian, Venom, dan Doctor Voodoo. Mini seri ini hanya dirilis sebanyak delapan volume saja, sebelum kemudian diganti oleh seri komik lainnya. Buat Geeks yang senang dengan hal barbar mungkin bisa coba dibaca seri komiknya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/