Shanks si Rambut Merah meruapakan karakter yang masih sangat misterius sampai saat ini. Kita masih belum tahu kapan Oda Sensei akan membeberkan informasi lengkap mengenai karakternya. Sejak pertama kali diperkenalkan sampai sekarang, Shanks masih diselimuti oleh berbagai misteri. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang mungkin sudah menjadi informasi umum dari karakternya.

Salah satu hal yang sudah banyak diketahui adalah Shanks merupakan sosok yang kuat. Shanks dikenal memiliki kekuatan Haki yang sangat dahsyat. Dia juga memiliki kemampuan berpedang yang mengerikan. Kombinasi keduanya membuat Shanks menjadi karakter yang kuat. Dalam Databook pun seluruh kru Shanks memiliki kemampuan yang hampir rata. Terdapat beberapa karakter yang pernah merasakan bagaimana kekuatan Shanks dan kelompoknya.

Eustass Kidd dan Kelompok Kidd

Kidd menjadi contoh baru bagaimana kekuatan Shanks sangat sulit untuk dia kalahkan. Kidd merupakan salah satu Worst Generation pertama yang pergi ke New World, ketika Luffy dan kelompoknya sedang berlatih 2 tahun yang lalu. Setibanya di New World, Kidd memang sudah sedari awal mengincr nyawa Shanks dan kelompoknya. Karena itulah mereka kemudian menyerang kelompok Shanks.

Eustass Kid vs Red Hair Pirates - One PieceSayangnya, hasilnya tidak sesuai dengan yang mereka inginkan. Kelompok Kidd justru kalah telak. Bahkan, Kidd sendiri harus kehilangan lengan bagian kanannya akibat pertarungan tersebut. Kidd sendiri sampai saat ini masih merasa dendam terhadap kelompok Shanks. Sayangnya, saat Kidd berusaha untuk kembali bertarung melawan Shanks, dia dijebak oleh Hawkins yang akhirnya dia pun harus berhadapan dengan Kaido dan kalah.

Kaido

Pertarungan antara Shanks melawan Kaido terjadi sekitar 2 tahun yang lalu, sebelum peristiwa besar di Marineford terjadi. Sampai saat ini, masih belum diketahui apa sebenarnya yang menyebabkan keduanya saling bertarung. Namun, banyak spekulasi dan juga teori yang menyebutkan bahwa Shanks sengaja melakukan hal itu untuk mencegah Kaido ikut campur dalam perang tersebut.

Seperti Apa Pertarungan Shanks Lawan Kaido? | GreensceneSangat disayangkan memang pertarungan keduanya tidak ditampilkan dalam cerita. Berdasarkan penjelasan ceritanya, pertarungan diantara mereka kemungkinan cukup singkat. Karena, Shanks tidak butuh waktu lama untuk kemudian bisa kembali tiba di Marineford. Tidak diketahui siapa yang menjadi pemenang dalam pertarungan tersebut, karena tidak ada bekas luka di tubuh Shanks atau pun Kaido. Meskipun begitu, Kaido tentunya mengetahui bagaimana kekuatan dari Shanks.

Whitebeard

Jauh sebelum peristiwa besar Marineford, Shanks sempat bertemu dengan Whitebeard di kapalnya. Kedatangan Shanks adalah meminta Whitebeard untuk menarik kembali Ace, yang saat itu sedang mengejar Blackbeard karena sudah mencuri buah iblis Yami Yami dan juga membunuh rekannya, Thatch. Namun, sayangnya diskusi tersebut tidak berjalan sesuai dengan rencana.

Did Shanks fight Whitebeard in the past? - QuoraWhitebeard justru menganggap Shanks sebagai sosok anak kecil yang tidak tahu apa-apa mengenai loyalitas. Dan menurut Whitebeard, apa yang dilakukan Shanks saat itu merupakan penghinaan karena sosok yang “bukan siapa-siapa” berani memerintahnya. Pertarungan pun tidak terhindarkan, langit terbelah akibat kekuatan mereka beradu. Kembali, tidak diperlihatkan siapa yang menang atau kalah dalam pertarungan ini. Namun, Whitebeard pun sepertinya mengakui seperti apa kekuatan Shanks.

Who’s Who

Dalam chapter 1017 kemarin, Who’s Who membeberkan sebuah fakta menarik. Seperti yang kita ketahui, buah iblis Gomu Gomu dicuri oleh Shanks. Hal ini diperlihatkan di chapter Romance Dawn yang menjadi cerita awal serinya. Namun, sayangnya, buah iblis tersebut kemudian tidak sengaja dimakan oleh Luffy. Dan akhirnya, kita melihat sosok Luffy yang tangguh dengan kemampuan Gomu Gomu seperti sekarang.

Ternyata, Shanks dan kelompoknya mencuri buah iblis Gomu Gomu dari kapal yang saat itu dijaga oleh Who’s Who. Berdasarkan dari fakta yang ada, Who’s Who kalah dari Shanks dan akhirnya Gomu Gomu pun berhasil dicuri. Seperti halnya Kidd, Who’s Who masih menaruh dendam terhadap Shanks. Namun, jika pun mereka kembali bertarung, rasanya perbedaan kekuatan diantata mereka terlalu jauh.

Kelompok Higuma

Higuma merupakan pemimpin dari kelompok bandit, yang saat itu datang ke desa Fusha untuk berlindung. Dalam arc Romance Dawn diperlihatkan bagaimana Higuma datang ke bar milik Makino, yang saat itu sedang diisi oleh kelompok dari Shanks. Higuma pada awalnya meminta minuman kepada Makino, namun dia mengatakan bahwa stok minumannya sudah habis.

7 Fakta Higuma One Piece, Bandit Gunung Yang Mencari Masalah Dengan Shanks [ One Piece ] - zonahobisaya.web.idNamun, Higuma yang tidak terima justru berbuat onar. Dia menyerang Shanks, yang sebenarnya hendak berbagi minumannya namun dianggap sebagai penghinaan. Pada awalnya, Shanks menganggap semuanya sebagai lelucon. Namun, ketika dia dan kelompoknya menyerang Luffy dan mengancam Shanks, dia dan kelompoknya pun mulai bertindak. Dan seperti yang diduga, mereka tidak ada satu persen pun mampu menandingi kekuatan Shanks dan kelompoknya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.