One Piece merupakan sebuah harta karun misterius yang konon kabarnya menyimpan  rahasia yang sangat banyak mengenai peradaban dunia di masa lalu. Satu-satunya orang yang berhasil mencapai One Piece adalah Roger dan kelompok bajak lautnya sehingga membuatnya menjadi Raja Bajak Laut. Sejak kematian Roger, banyak bajak laut baru yang menginginkan One Piece, bahkan beberapa bajak laut generasi tua seperti Kaido dan Big Mom juga menginginkan One Piece. Seolah-oleh semua orang di dunia menginginkan harta tersebut, namun ada satu orang yang tidak menginginkan harta itu padahal dia bisa mendapatkannya dengan mudah, namanya adalah Whitebeard alias Shirohige.

Nampaknya ada beberapa alasan kenapa Shirohige tidak tertarik dengan One Piece, salah satunya adalah karena dia bijak. Shirohige adalah orang yang sangat kuat selain Kaido, dia memiliki armada bajak laut yang sangat besar dan sanggup menyulut perang besar jika berani berhadapan dengan mereka. Itulah sebabnya dia telah merasa cukup dengan keluarga yang dia miliki. Sehingga jika mencari One Piece akan membuat keutuhan keluarganya retak, maka Shirohige pasti akan memilih untuk tidak mencarinya.

Selain itu, bisa jadi dia telah mengetahui rahasia harta itu dari mantan kaptennya yaitu Rock D. Xebec. Terbukti dari omongan Kaido kepada Luffy yang mengatakan bahwa Luffy bukanlah pewaris Joy Boy, bisa jadi Kaido telah mengetahui rahasia mengenai Joy Boy dan Shirohige mungkin juga telah mengetahuinya saat masih menjadi anggota Bajak Laut Rock. Itulah sebabnya Shirohige nampak tidak penasaran lagi dan lebih memilih untuk tidak mengejar One Piece.

Selain itu Shirohige adalah salah satu bajak laut tua yang telah mengalami banyak sekali petualangan selama dia masih hidup. Itulah sebabnya dia telah merasa bahwa mengenai harta, jabatan, dan lain-lain menjadi tidak penting. Sehingga Shirohige lebih memilih untuk melindungi sesuatu yang paling penting baginya, yaitu keluarga bajak laut yang dia miliki. Perbedaan inilah yang membuat Roger dan Shirohige tidak sama, meski sama-sama bajak laut kuat pada eranya namun keduanya karakter ini memiliki keunikannya masing-masing.

Petualangan Shirohige di lautan tidak dimulai saat dia menjadi kapten bajak laut Shirohige, melainkan saat dia masih menjadi anak buah di kelompok bajak laut Rock. Sehingga pastinya dia telah mengalami banyak hal di masa lalu dan mengambil banyak pelajaran. Itulah mungkin yang membentuk karakter Shirohige menjadi lebih bijak seperti di era sekarang. Padahal dia adalah pemakan Buah Iblis kuat yang bernama Gura gura no Mi. kekuatan Shirohige bahkan bisa membelah langit dan lautan, namun dia nampak tidak tertarik dengan jabatan seperti Raja Bajak Laut.

Selain itu masih banyak misteri mengenai Shirohige yang masih belum terungkap hingga sekarang, sehingga masih banyak teori yang bertebaran di kalangan penggemar. Salah satu teori yang cukup terkenal mengenai Shirohige adalah dia yang menyimpan potongan Road Poneglyph terakhir. Bisa jadi dia memang melakukannya agar hanya orang yang dia rasa pantas untuk menjadi raja bajak laut selanjutnya. Karena sifat bijak yang dia miliki, maka mungkin dia ingin hanya orang yang layak untuk menjadi pengganti Roger di masa depan. 

Hingga akhirnya hayatnya Shirohige memilih untuk tidak menuju Laugh Tale dan menemukan One Piece. Pilihan ini juga dihormati oleh semua anak buahnya dan menganggap bahwa Shirohige bukanlah seorang bajak laut, melainkan pahlawan yang telah memberikan rumah bagi siapapun yang membutuhkan. Itu pula yang membuatnya menjadi sangat dihormati oleh banyak orang, dan kematian Shirohige juga ditangisi oleh semua anggota krunya setelah perang besar di Marineford.