Dalam chapter 1018 kemarin, Who’s Who menyatakan bahwa rasa marahnya bukan tertuju kepada Luffy secara langsung karena sudah memakan buah iblis Gomu Gomu. Dia justru marah terhadap sosok Shanks. Apa sebenarnya yang membuat Who’s Who justru marah terhadap Shanks dan bukan Luffy? Apakah Who’s Who sebelumnya memiliki permasalahan atau dendam terhadap Shanks?

Seperti yang dijelaskan oleh Who’s Who kepada Jinbe, pada 12 tahun yang lalu dia harus dipenjara karena dia kehilangan buah iblis yang seharusnya dia jaga, yaitu Gomu Gomu no Mi. Namun, para fans sendiri meyakini bahwa kemungkinan ada alasan lainnya mengapa Who’s Who Dipenjara, selain karena kehilangan buah iblis Gomu Gomu. Apa yang membuat Pemerintah Dunia memenjarakan salah satu figur dari organisasi rahasia mereka sendiri?

Salah satu teori atau spekulasi yang berkembang menyatakan bahwa status Shanks sebagai kaum naga langit mungkin menjadi jawaban dari hal itu. Meskipun tidak terlalu yakin dan samar-samar, Who’s Who mengatakan bahwa dia “hanya membuat sedikit kesalahan” yang mana dispekulasikan bahwa kesalahan tersebut adalah dengan menyerang Shanks. Atau mungkin dia mencoba mempertahankan kapal yang dia jaga dari Shanks, yang mana hal itu tidak diperbolehkan.

Teori mengenai Shanks adalah bagian dari kaum naga langit sebenarnya sudah sejak lama muncul. Disadari atau tidak, Shanks sepertinya mendapatkan perhatian dan hormat dari hampir semua orang. Orang-orang juga sepertinya takut dan ragu setiap bertemu atau mendengar nama Shanks. Hanya para Yonko juga yang menganggap Shanks sebagai “orang biasa.”

Bukti Shanks adalah bajak laut terkenal dan dihormati adalah banyak yang menganggap kalau dia adalah sosok legendaris, seorang Yonko yang sangat hebat. Yang paling populer tentunya ketika cerita akhir Marineford, ketika dia menghentikan pertempuran besar tersebut. Sengoku, yang notabene adalah pemimpin markas pusat angkatan laut, mau mendengar perkataan Shanks.

Dia mau menghentikan peperangan dan setuju untuk memberikan jasad Ace dan Whitebeard untuk dikuburkan di New World. Tidak ada rasa keberatan atau tidak ada penolakan apapun. Sengoku sepakat dengan keinginan Shanks dan hal ini membuat semua orang kaget. Mengapa Sengoku mau menurti perkataan Shanks, yang merupakan Yonko atau bajak laut? Karena diyakini bahwa Shanks adalah kaum naga langit.

Kita juga kemudian melihat bagaimana Sakazuki marah terhadap Shanks karena sudah membuat Luffy berhasil kabur. Namun, jika Geeks perhatikan, mereka justru tidak menyerang Shanks – atau bahkan Benn Beckman – yang mana sebenarnya mereka bisa saja melakukan hal tersebut. Mengapa mereka tidak melakukannya? Kembali, hal ini bisa jadi ada kaitannya dengan Shanks sebagai kaum naga langit.

Semua hal-hal detail seperti di atas menjadi petunjuk penting yang mana hal tersebut mungkin tidak akan pernah terjadi, jika tidak memandang status dari Shanks. Meskipun banyak juga yang berpendapat bahwa Shanks memiliki kepribadian yang berbeda dengan bajak laut kebanyakan, dan juga bagaimana dia sangat cerdas dalam bernegosiasi, sebuah twist mengejutkan mungkin saja muncul yang menyatakan bahwa Shanks memang mungkin adalah kaum naga langit.

Shanks adalah kaum naga langit juga mungin merupakan alasan mengapa dia diterima dengan baik oleh Gorosei.  Bisa jadi, sosok bajak laut yang hendak dibicarakan oleh Shanks saat Reverie sebenarnya adalah Who’s Who dan bukan Blackbeard. Hal ini juga didukung dengan petunjuk di chapter 1018 yang mana para CP0 hanya peduli tentang kematian Who’s Who.

Pertemuan Shanks dan Gorosei, mungkin meminta mereka untuk membunuh Who’s Who, yang mana kemudian mereka mengirim CP0 ke Wano dan Onigashima – meskipun sebenarnya mereka beralasan diundang oleh kaido. Untuk cerita jangka panjang, fakta bahwa Shanks adalah kaum naga langit akan menjadi sebuah paradoks bagi Luffy. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.