Buah iblis Ope Ope no Mi merupakan salah satu buah iblis yang sangat luar biasa dalam cerita One Piece. Namun, sejauh ini kita baru diperlihatkan sedikit dari potensi besar yang ada di buah iblis tersebut. Yang pertama adalah bagaimana potensi pertarungannya, dan kedua adalah berbagai “hadiah” yang akan diterima oleh penggunanya.

Selain bisa membuat penggunanya menjadi abadi, mereka juga akan bisa melakukan berbagai tindakan operasi dan berbagai tindakan medis lainnya. Pada awalnya, buah iblis Ope Ope no Mi ini ditemukan oleh mantan angkatan laut yang kemudian menjadi bajak laut, Diez Barrels, yang merupakan ayah dari X Drake. Setelah menemukan buah Ope Ope no Mi, dia berencana untuk menjualnya kepada Pemerintah Dunia.

Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan sangatlah besar, yaitu sebesar 5 milliar Belly. Dengan semua kemampuan yang ada di buah iblis tersebut, memang rasanya wajar jika Pemerintah Dunia sangat mengincar buah iblis ini dan rela membayar mahal bagi siapa pun yang menemukannya. Jika diperhatikan, harga ini sama dengan nilai buruan dari Whitebeard. Dan hanya terpaut 500.000 Belly dari nilai buruan Gol D. Roger.

Trafalgar Law sendiri pernah mengatakan bahwa banyak orang melihat Ope Ope no Mi sebagai buah iblis yang paling dahsyat yang pernah ada. Selain itu, buah iblis ini jga memiliki kekuatan yang bisa mewujudkan salah satu impian terbesar bagi umat manusia. Jika memang kemudian buah iblis ini bisa memberikan keabadian kepada penggunanya, apakah dengan melakukan operasi keabadian (ageless surgery) merupakan puncak kekuatan dari Ope Ope no Mi?

Rasanya bukan, dan Doflamingo tahu akan hal ini. Mengapa pendapat mengenai Dofy sangat penting? Seperti yang kita ketahui, Dofy mengetahui rahasia terbesar dari Mary Geoise. Dia tahu rahasia terbesar yang selama ini disembunyikan oleh Pemerintah Dunia. Dan Doffy sendiri sempat mengungkapkan apa kekuatan terbesar yang dimiliki oleh Ope Ope no Mi saat bertarung melawan Law.

Kemampuan dahsyat tersebut tidak lain adalah “Personality Transplant” atau transplantasi kepribadian. Dengan seri kali dikaitkannya buah iblis Ope Ope, Im, dan keabadian, membuat banyak orang berpikir bahwa Im memang adalah salah satu yang sudah pernah merasakan “khasiat” dari Ope Ope no Mi. Dia adalah sosok yang melakukan ageless surgery.

Namun, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah langkah itu merupakan satu-satunya cara untuk bisa mencapai keabadian? Bagaimana jika sebenarnya Gorosei memiliki banyak sekali tubuh, yang membuat mereka bisa hidup ratusan atau bahkan ribuan tahun? Dengan adanya ‘Personality Transplant’ pengguna buah iblis Ope Ope bisa saja mengambil alih tubuh dan pikiran milik orang lain.

Melihat bagaimana Pemerintah Dunia sudah berkuasa sejak ratusan tahun yang lalu, dan dengan adanya keterkaitan dengan kekuatan buah iblis Ope Ope seperti dijelaskan di atas, mungkin sudah tidak terhitung ada berapa banyak tubuh yang menjadi korban dari Gorosei dan Im. Sejauh ini memang misteri dan rahasia dari buah iblis Ope Ope masih belum diungkapkan semuanya.

Mudah-mudahan saja Oda Sensei akan memberikan penjelasan lebih detail mengenai hal ini di dalam cerita. Atau mungkin Oda Sensei bisa saja memberikan penjelasan detail melalui Databook atau yang lain. Bagaimana menurut kalian mengenai kemampuan tersembunyi buah iblis Ope Ope ini Geeks? Apakah kalian setuju dengan penjelasan di atas?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.