Sosok Nika masih menjadi perbincangan hangat di kalangan fans One Piece dalam beberapa waktu belakangan. Fakta mengejutkan yang diungkapkan oleh Who’s Who ini merupakan sosok legendaris lainnya selain Joy Boy. Untuk saat ini, memang siapa sosok Nika sang dewa matahari tersebut masih sangat misterius meskipun banyak juga fans yang berspekulasi siapa sosok Nika sebenarnya.

Beberapa nama sempat muncul yang mungkin menjadi sosok di balik nama Nika. Yang pertama adalah Fisher Tiger. Kemudian Joy Boy, dan yang terakhir adalah Monkey D. Luffy. Semuanya dikaitkan berdasarkan dari apa yang diungkapkan atau penjelasan dari Who’s Who kepada Jinbe, bahwa Nika sangat dekat dengan para budak. Dia juga membawa kebebasan dan tawa bagi mereka.

Sebagian fans juga meyakini bahwa Nika adalah sebenarnya merupakan pejuang atau prajurit legendaris yang kemudian mendapatkan julukan “dewa matahari” dari para budak di masa lalu. Namun, ada hal menarik tentang sosok Nika ini. Siluet dari sosok Nika yang digambarkan Who’s Who memiliki kemiripan dengan siluet Luffy yang sedang menari di arc Skypiea.

Ada dua chapter yang memberikan siluet Luffy, yang pertama adalah chapter 253 di mana Luffy, Usopp, dan para serigala, menari sambil mengitari api unggun besar dengan Robin yang terlihat sedang menatap ke arah mereka sambil duduk di atas sebuah batu. Momen lainnya terjadi di chapter 300, di mana Luffy dan kelompok Topi Jerami berpesta dengan penduduk Shandora dan juga penduduk pulau langit lainnya dengan sebuah api unggu yang besar setelah Enel berhasil dikalahkan.

Luffy diyakini mewakili dewa matahari karena dia selalu berhasil membebaskan orang-orang dari sebuah negeri atau wilayah yang mengalami masalah dengan pemimpin mereka yang kejam. Luffy berhasil mengalahkan Enel dan membebaskan penduduk pulau langit dari cengkramannya. Luffy juga berhasil membebaskan kerajaan Alabasta dari cengkraman Crocodile dan kelompoknya.

Luffy pun berhasil membebaskan Dressrosa dari penderitaan mereka yang selama ini terkungkung oleh Doflamingo. Dan yang paling baru, saat ini Luffy sedang berjuang melawan Kaido dan Big Mom untuk bisa membebaskan Wano. Hal ini tentu menarik jika melihat adanya koneksi dari arc Skypiea dengan hampir semua arc yang ada di serinya. Jika memang benar semua petunjuk tersebut, artinya Oda sebenarnya sudah sejak lama “memperkenalkan” atau memberikan petunjuk tentang sosok Nika tersebut.

Karena informasi tentang sosok Nika ini masih sekedar informasi awal, tentu kita memerlukan petunjuk lainnya untuk bisa memperkirakan siapa sosok tersebut. Apakah Nika adalah memang nama-nama yang selama ini santer dispekulasikan? Atau justru merupakan sosok baru? Kita nantikan saja ya Geeks informasi lainnya tentang sosok Nika dari Oda Sensei pada chapter yang akan datang!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.