Pertarungan di Onigashima semakin menegangkan. Setelah mengetahui fakta bahwa Gomu gomu no Mi sebenarnya milik Pemerintah Dunia, banyak yang bertanya-tanya berada di pihak manakah Shank selama ini? Bagi yang belum tahu, Shanks adalah seorang Yonkou dan juga mantan anggota bajak laut Roger. Dia terkenal sebagai si Bajak Laut Rambut Merah atau biasa disebut Akagami no Shanks. Dia juga adalah orang yang menyelamatkan Luffy dari terkaman monster laut di masa lalu dan menginspirasi Luffy untuk menjadi bajak laut.

Hingga sekarang, Shanks masih sering terlihat berada di tengah-tengah konflik Pemerintah Dunia dan Bajak Laut. Dia adalah satu-satunya bajak laut yang terlihat dekat dengan Gorosei. Padahal Shanks bukanlah seorang Shichibukai maupun antek-antek dari Pemerintah Dunia.

Fakta semacam inilah yang membuat posisi Shanks menjadi abu-abu dan tidak jelas. Namun perlu kalian ingat bahwa One Piece merupakan sebuah serial yang kompleks. Jadi kalian akan sangat sulit untuk mengidentifikasi apakah seorang karakter berada di kubu  jahat atau baik. Seperti halnya kelompok Topi Jerami, meski mereka adalah tokoh utama dalam serial ini dan cukup sering melakukan hal baik, namun Topi Jerami tetaplah seorang bajak laut yang terkadang mencuri untuk bertahan hidup. 

Namun melihat Shanks dan kelompoknya adalah bajak laut yang cukup bijak, maka setiap tindakan yang dilakukan Shanks pasti memiliki alasan. Saat ini, Shanks masih menaruh kepercayaanya kepada Luffy. Salah satu tanda kepercayaan Shanks kepada Luffy adalah topi jerami yang dititipkan kepada Luffy. Hingga sekarang, masih menjadi misteri siapa pemilik asli topi jerami tersebut. Namun melihat Im Sama juga memiliki topi yang hampir mirip, nampaknya topi itu berasal dari abad kekosongan yang digunakan oleh orang yang berpengaruh pada zaman tersebut.

Sedangkan topi milik Shanks bisa jadi milik Roger. Sebab saat flashback Rayleigh bertemu dengan Roger untuk pertama kali, Roger juga mengenakan Topi Jerami yang kurang lebih mirip seperti milik Shanks. Bisa jadi Topi Jerami itu adalah milik Roger dan kemudian ditunkan kepada Shanks, itulah alasannya kenapa bagi Shanks topi itu sangat berharga.

Saat Shanks mendengar ucapan Luffy yang terdengar sama seperti yang dikatakan oleh Roger, sejak itulah dia percaya kepada Luffy dan mempercayakan masa depan dunia kepadanya. Sedangkan untuk Gomu gomu no Mi yang tidak sengaja dimakan Luffy mungkin adalah sebuah kebetulan yang tidak dia prediksi sebelumnya.

Namun saat akan meninggalkan Luffy, bisa jadi Shanks semakin yakin bahwa buah yang mereka curi tampaknya memang ditakdirkan kepada Luffy. Itulah yang memperkuat keyakinan Shanks kepada Luffy dan memutuskan memberikannya topi jerami sebagai bentuk kepercayaannya pada Luffy. Sebab seperti yang telah diketahui bahwa setiap tindakan Shanks pasti memiliki makna tersendiri.

Kedekatannya dengan para Gorosei bisa jadi dia gunakan untuk mencegah hal buruk terjadi. Sebab Shanks adalah orang yang pandai menawar dan berbicara, maka dia juga pasti bisa bernegosiasi dengan para Gorosei dan terkesan bahwa dia ada di pihak Pemerintah Dunia. Tindakan ini dia lakukan secara rahasia sampai Luffy siap untuk mengemban tugas besar yaitu membawa perubahan.

Meskipun pembahasan semacam ini masih terbatas sebagai teori, namun melihat rekam jejak Shanks dan pola pikirnya, bisa jadi hal ini adalah sebuah kebenaran. Jadi ada kemungkinan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Shanks nampaknya akan menjaga Luffy dari jauh secara rahasia dengan berbagai cara yang dia bisa.