Dalam chapter 1018 kemarin , kita kembali melihat kelanjutan pertarungan antara Jinbe dan Who’s Who. Selama satu pekan terakhir, pertarungan diantara keduanya menjadi perhatian besar para fans. Bagaimana tidak, fakta yang mengejutkan muncul di tengah-tengah pertarungan. Salah satu fakta yang cukup banyak menarik perhatian para fans adalah tentang sosok Sun God Nika.

Siapa sosok “Nika” yang dimaksud oleh Who’s Who? Apakah itu merupakan nama asli atau justru merupakan nama panggilan? Inilah yang kemudian masih menjadi pertanyaan besar di kalangan para fans One Piece. Diperkenalkannya sosok Nika ini bisa dibilang sangat menarik, karena itu artinya dia merupakan sosok legendaris “baru” dalam cerita One Piece.

Ada beberapa petunjuk menarik yang diperlihatkan oleh Oda mengenai sosok Nika ini. Pertama, judul dari chapter ketika Jinbe diundang bergabung dengan kru Topi Jerami. Judulnya sendiri adalah “The Road Toward The Sun” atau “perjalanan menuju matahari.” Dengan terungkapkan sosok “Sun God” Nika, judul tersebut tentunya memberikan sebuah hal yang sangat signifikan.

Kemudian petunjuk lainnya adalah ketika Shirahoshi berbicara dengan para Sea Kings, dengan Neptune yang mengatakan bahwa kekuatan yang bisa menghancurkan dunia sudah lahir/muncul. Kemudian, kita melihat bagaimana para Sea Kings tersebut berbicara tentang kemampuan Luffy yang bisa mendengar mereka, sama seperti Roger dahulu, dan yang lebih penting adalah bagaimana Luffy bisa menggunakan Noah.

Dalam momen lain kemudian diperlihatkan bagaimana Jinbe memberikan darahnya untuk Luffy yang terluka setelah bertarung menghadapi Hody Jones. Ini menjadi bukti bagaimana mereka berdua menyatukan kekuatan, manusia ikan dan manusia daratan. Ini menjadi representasi dari judul “perjalanan menuju matahari.” Lalu, apa sebenarnya matahari yang dimaksud?

Dalam percakapan Who’s Who dan Jinbe, Jinbe sepertinya tahu siapa sosok yang dimaksud. Meskipun ada banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa sosok tersebut adalah Fisher Tiger, namun bisa juga ada sosok lain yang mana Jinbe mengetahui atau pernah mendengarnya dari Fisher Tiger. Who’s Who bertanya masalah ini kepada Jinbe karena menurutnya dia adalah manusia ikan, ras yang rendah alias ras budak.

Fisher Tiger sendiri memang mungkin pernah mendengar kisah tentang sang dewa matahari ini, dan kemudian menggunakan kisahnya untuk melakukan penyerangan ke Mary Geoise untuk menyelamatkan para budak yang ada di sana. Nika sendiri kemudian membentuk kelompok bajak lautnya sendiri. Jinbe mungkin tidak tahu bahwa dahulu Tiger merupakan budak, namun Tiger mungkin pernah bercerita bahwa dia pernah menjadi bagian dari kelompok Nika.

Fisher Tiger sendiri sangat membenci manusia, sehingga dia tidak bisa membawa kebahagiaan seperti yang dilakukan oleh Jinbe dan Luffy. Keduanya berada di jalan yang sama saat ini. Dengan semua “petunjuk” yang ada, mungkin suatu hari nanti Jinbe akan menjadi nahkoda dari kapal Noah, yang berisi para budak dan manusia ikan, untuk kemudian bisa pergi ke daratan dan juga matahari.

Apakah artinya sosok dewa matahari yang dimaksud adalah Luffy? Kemungkinan besar jawabannya adalah iya. Kita sudah mengetahui hal ini dari lama, dimulai dari Roger yang menunggu seseorang yang dirasa pantas untuk melanjutkan apa yang tertulis di Poneglyph. Dia sengaja memulai era baru bajak laut demi melahirkan sosok yang dijanjikan tersebut. Roger sendiri yakin bahwa sosok itu akan muncul.

Mengapa kemudian matahari dianggap sangat penting? Matahari dianggap sebagai lambang dari kebebasan, sebuah awal baru yang cerah. Bagaimana dengan waktu fajar? Ini merupakan waktu di mana matahari mulai naik dan menjadi sebuah hari yang baru, melewati malam dan juga rasa takut di masa lalu.  kita sudah sering melihat pembicaraan dari Red Scabbards tentang fajar yang akan datang ke Wano. Artinya tinggal satu langkah lagi menuju matahari.

Bagi kaum manusia ikan, daratan adalah tujuan akhir mereka, untuk melihat matahari yang sebenarnya. Mereka harus menunjukan diri mereka yang asli, tidak boleh lagi bersembunyi di bawah laut. Mimpi dari Otohime dan para manusia ikan di masa lalu, yang mana mimpi tersebut menjadi dasar pembuatan kapal Noah – yang tadinya akan digunakan untuk membawa mereka ke daratan.

Ada juga hal menarik yang diperlihatkan oleh Oda. Bagaimana kemudian Fisher Tiger melepaskan tanda perbudakan? Dengan menutupnya dengan tato atau gambar matahari. Inilah salah satu tujuan utama yang diwariskan kepada luffy. Mimpi Nika tentang matahari. Ekspresi nyata dari kebebasan, keinginan utama dari Luffy, untuk semua orang di dunia yang merasa tertekan. Dan mungkin inilah ucapan yang selama ini tidak kita dengar dari Roger dan Luffy, yang membuat Ace, Sabo, Oden, dan Whitebeard tertawa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.