Untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lautan serta di seluruh dunia, pihak angkatan laut mengeluarkan sebuah sistem yang akan membantu mereka menangkap para bajak laut, yaitu nilai buruan atau bounty. Meskipun pada awalnya sistem bounty ini menjadi hal menakutkan bagi bajak laut, namun sekarang hal ini sudah memiliki arti lainnya selain memberikan nilai terhadap seorang bajak laut.

Ketika seorang bajak laut sudah mendapatkan perhatian dari angkatan laut terkait apa yang mereka lakukan, maka pihak angkatan laut akan menawarkan sejumlah uang bagi siapapun yang bisa menangkap atau membawa mereka ke pihak angkatan laut. Dalam poster buruan yang dirilis oleh pihak angkatan laut selalu terdapat tulisan “hidup atau mati”.

Namun, perlu dicatat juga ya Geeks bahwa sebenarnya bukan hanya bajak laut saja yang bisa mendapatkan nilai buruan. Beberapa pihak lain juga bisa mendapatkan nilai buruan, contohnya adalah para Pasukan Revolusi. Mereka bukan bajak laut, namun mereka memberikan ancaman yang besar bagi keamanan dan ketertiban dunia – setidaknya itulah yang diyakini oleh Pemerintah Dunia.

SBS One Piece: Oda Explains the Difference Between Ace's Flame and Marco's Blue Flame | Dunia GamesBerbicara mengenai nilai buruan, ada beberapa karakter yang memang masih sangat misterius nilai buruannya. Oda mungkin sengaja merahasiakan hal tersebut sampai waktu yang tepat tiba. Melalui Vivre Card terbaru, Oda Sensei merilis nilai buruan dari beberapa karakter yang masih misterius mengenai nilai buruannya.

Mereka adalah Marco the Phoenix, Izo, Belobety, Lindbergh, Karasu, dan Morley. Untuk Marco sendiri ternyata nilai buruannya adalah 1,374 milliar Belly. Sedangkan Izo memiliki nilai buruan sebesar 510 juta Belly. Bagaimana dengan para Pasukan Revolusi? Morley memiliki nilai buruan sebesar 293 juta Bellu, Lindbergh memiliki nilai buruan sebesar 314 juta Belly.

Karasu memiliki nilai buruan 400 juta Belly dan yang terakhir adalah Belobety yang memiliki nilai buruan sebesar 457 juta Belly. Fakta mengenai nilai buruan ini pun banyak menerima tanggapan dari para fans. Ada yang mengatakan bahwa semua nilai tersebut diluar ekspektasi mereka. Contohnya adalah nilai buruan para komandan Pasukan Revolusi.

The Revolutionary Army | One Piece AminoMereka dikenal sebagai ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Namun, mengapa nilai buruan mereka bisa dibilang di bawah komandan Yonko? Mungkin hal ini ada kaitanya dengan bagaimana mereka beroperasi. Seperti yang kita ketahui, Pasukan Revolusi sangat jarang menampakan dirinya. Mereka lebih cenderung aktif dari balik layar, seperti mempersiapkan berbagai persenjataan, merencanakan penyerangan, atau mengumpulkan intelejen dan informasi.

Tidak jarang juga memang mereka ikut terlibat dalam sebuah peperangan yang terjadi di sebuah wilayah. Yang juga menarik perhatian adalah nilai buruan Marco. Nilai buruan ini sedikit lebih tinggi dibandingkan All-Stars. Namun, yang menjadi pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah nilai buruan ini berlaku sebelum time-skip atau justru setelah time-skip – lebih tepatnya setelah pertempuran besar di Marineford.

Pasalnya, pertempuran di Marineford kemarin tentu bisa menaikan nilai buruan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Dalam cerita One Piece, nilai buruan adalah indikator terhadap kekuatan seseorang, juga ranking mereka dalam hal kekuatan – apakah mereka termasuk bajak laut biasa, Shichibukai, Supernova, atau Yonko. Meskipun begitu, pada kenyataannya nilai buruan yang besar belum tentu tidak bisa dikalahkan oleh nilai buruan yang kecil.

Contoh nyata dalam hal ini adalah Monkey D. Luffy. Luffy sering kali berhasil mengalahkan musuh-musuh yang memiliki nilai buruan yang sangat besar. Bagaimana menurut kalian mengenai nilai buruan beberapa karakter di atas, Geeks? Apakah menurut kalian nilai segitu sudah cukup? Atau justru angkanya harus lebih ditingkatkan lagi?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.