Roger dan Shirohige adalah dua rival yang telah bertarung sejak mereka masih muda. Keduanya adalah dua orang yang memiliki kelompok bajak lautnya masing-masing yang sama kuatnya. Roger adalah orang yang menyandang nama D. sedangkan Shirohige adalah seorang bajak laut kuat yang telah memakan Buah Iblis Gura gura no Mi dan memiliki kekuatan yang luar biasa serta armada bajak laut yang besar.

Armada bajak laut Shirohige lebih dari 1.000 orang anggota dengan dia sebagai ketua dari armada tersebut. Salah satu alasan kenapa Shirohige memiliki nilai Bounty lebih tinggi dari pada Roger adalah karena dia merupakan mantan bajak laut Rock dan juga seorang yang memiliki kekuatan luar biasa. Namun Shirohige bukanlah seorang bajak laut yang bergerak berdasarkan kemauan dan insting saja. Dia akan bergerak sesuai kebijakannya sendiri dan cenderung menghindari konflik agar tetap membuat armadanya tetap aman.

Shirohige adalah tipe bajak laut yang sangat bijak dan juga disegani. Meski Shanks sangat membencinya karena Shirohige adalah rival Roger, namun si Akagami juga menaruh hormat kepada Shirohige. Itulah sebabnya kenapa Shirohige dipanggil Oyaji oleh semua anak buahnya, sebab dia sudah seperti ayah bagi semua anggota armada besarnya tersebut.

Shirohige juga terkenal bukan tipe bajak laut yang suka memulai konflik terlebih dahulu, oleh sebab itu mereka sangat jarang terlibat sebuah pertempuran. Namun jika ada satu kubu yang berani mengusik ketenangan armada besarnya, maka mereka akan langsung menghabisinya hingga tuntas. Itulah sebabnya kenapa perang di Marineford menjadi salah satu perang terbesar di dunia One Piece.

Alasan itulah yang membuat Shirohige memiliki nilai bounty yang tergolong lebih besar dari pada Roger sejak awal. Sedangkan sang Raja Bajak Laut baru memiliki nilai bounty lebih tinggi setelah dia dan kelompok bajak lautnya menemukan Laugh Tale dan One Piece. Alasan kenapa Bounty Roger naik saat itu agar dia segera diburu karena terlalu berbahaya bagi Pemerintah Dunia karena telah mengetahui rahasia sebenarnya dari Void Century. Namun perbedaan selisih angka di Bounty keduanya hanya terlampau sedikit. Jadi bisa dikatakan bahwa Shirohige tetaplah yang memiliki harga tertinggi sejak awal.

Berbeda dengan Shirohige, Roger mungkin sedikit lebih mirip dengan Luffy yang memang memiliki jiwa perompak sejati. Meski Roger bukanlah seorang pengguna Buah Iblis, dia adalah seorang kapten bajak laut yang memiliki pengendalian Haki yang luar biasa. Dia juga memiliki kemampuan bertarung yang tinggi dan juga mudah meyakinkan orang lain agar mau menjadi temannya. Hal ini sempat terjadi saat Roger meminta Oden menjadi salah satu krunya selama satu tahun. Roger melakukannya agar bisa dengan mudah membaca Road Poneglyph dan memecahkan rahasia menuju One Piece.

Dua rival ini memang telah menjadi legenda yang cukup besar di dunia One Piece. Keduanya memiliki nilai bounty yang berbeda dan juga memiliki nasib kematian yang berbeda pula, Shirohige akhirnya tewas di medan perang Marineford saat akan menyelamatkan Ace. Sedangkan Roger mati di eksekusi di depan banyak orang karena berhasil ditangkap oleh pihak Pemerintah Dunia.

Saat itu Roger sempat mengumumkan kebenaran mengenai One Piece dan membuat banyak orang untuk bercita-cita menjadi bajak laut agar bisa mengambil harta Roger di Laugh Tale. Lantas bagaimana menurut kalian? Dari keduanya mana yang lebih hebat? Yang jelas keduanya sama-sama kuat dan memiliki jalan bajak lautnya masing-masing.