Seri manga Tokyo Revengers berhasil mendapatkan perhatian besar dari para penggemar manga di hampir seluruh dunia dalam waktu beberapa belakangan ini. Bahkan, kesuksesan dari seri manganya membuat Tokyo Revengers diadaptasi dalam versi anime – yang juga berhasil mendulang kesuksesan. Di Jepang sendiri, penjualan manganya sudah mencapai lebih dari 20 juta kopi dan masih terus bertambah.

Pada 3 Juni kemarin, bahkan kabarnya seri manganya berhasil melampaui seri manga legendaris One Piece. Pertama kali terbit sejak 2017, seri manganya kini tengah memasuki arc terakhir. Saat ini Takemichi sedang berusaha mewujudkan keinginan Mikey untuk merubah apa yang terjadi di masa depan terkait dirinya. Dengan ceritanya yang akan berakhir, tentu akan menjadi semakin menarik jika kemudian manganya menghadirkan beberapa cerita di bawah ini. Apa saja?

Takemichi vs. Mikey: Pertarungan Terakhir

Takemichi menyatakan bahwa dia akan menjadi pemimpin Tokyo Manji Gang. Saat itu, dia mengatakan hal tersebut karena itu menjadi satu-satunya cara untuk bisa mengendalikan geng tersebut dan menjadi jalan agar geng Toman tidak terjurumus ke dalam kegelapan. Ini juga menjadi jalan untuk mencegah Kisaki Tetta mengambil alih dan memanfaatkannya untuk kepentingannya.

Meskipun pada faktanya Takemichi tidak menjadi pemimpin Toman, namun dia menjadi sahabat dekat bagi Mikey. Dalam arc terakhir ini, sejak Toman dibubarkan, Mikey diperlihatkan menjauh dari semua teman-temannya ketika di Toman. Dia sekarang merupakan pemimpin dari sebuah geng baru yaitu Kanto Manji Gang. Mikey juga jauh lebih kuat dan berbahaya dari sebelumnya.

Meskipun di masa depan Mikey sendiri yang meminta tolong kepada Takemichi, namun Mikey sepertinya tidak ingin diselamatkan. Sebelum ceritanya berakhir, akan sangat menarik jika kemudian Takemichi bertarung melawan Mikey. Ini menjadi pembuktian bahwa Takemichi peduli terhadap Mikey. Meskipun dia harus mengorbankan nyawanya.

Misteri Penjelajah Waktu Kedua

Salah satu hal yang membuat Takemichi mengalami frustasi dan stres berat adalah seberapa kali pun dan apa pun yang sudah dia perbuat, seberapa banyak kematian yang sudah dia cegah atau berbagai kejadian lainnya, di masa depan satu hal yang pasti selalu terjadi: Hina selalu tewas. Situasi di masa depan justru semakin mengerikan di mana ada anggota Toman yang justru dipenjara atau tewas.

Sejauh ini memang Takemichi diperlihatkan menjadi satu-satunya orang yang melakukan perjalanan waktu. Namun, melihat semua yang terjadi, muncul sebuah teori bahwa ada sosok lainnya yang juga menjadi penjelajah waktu. Salah satu yang banyak dispekulasikan adalah Kisaki Tetta. Sosok lainnya adalah Shuji Hanma. Mungkin salah satu dari mereka – atau mungkin orang lain – yang ternyata menjadi penyebab kegagalan upaya dari Takemichi.

Bagaimana Cara Kerja Perjalanan Waktu di Tokyo Revengers

Sampai saat ini, Ken Wakui masih belum memberikan penjelasan lengkap dan rinci tentang bagaimana Takemichi bisa melakukan perjalanan waktu atau lompatan waktu. Dari apa yang diperlihatkan di ceritanya, cara yang dilakukan cukup mudah. Yang perlu dilakukan adalah hanya berjabat tangan. Contohnya ketika Takemichi pertama kali kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan Hina, dia berjabat tangan dengan Naoto.

Ken Wakui sendiri lebih banyak terfokus pada cerita tentang hubungan antara Takemichi dan teman-temannya yang lain. Jadi, seolah teknik atau bagaimana perjalanan waktu di ceritanya hanya sebagai pelengkap saja. Meskipun begitu, tentu Wakui perlu memberikan penjelasan mengenai bagaimana sistem kemudian perjalanan waktu itu bisa terjadi, dan apakah ada pesan tersembunyi di dalamnya.

Reuni Toman

Perbedaan jelas terlihat dari geng Toman di masa lalu dan masa depan. Toman pada awalnya diciptakan oleh sekelompok teman yang sangat menginginkan untuk menaiki sepeda motor, melindungi teman-teman mereka, dan dihormati oleh sekitar. Namun, seiring berjalannya tahun, geng tersebut mengalami banyak perubahan, mulai dari pemimpin sampai bagaimana mereka beraksi.

Di masa depan, Tokyo Manji dikenal sebagai kelompok yang kejam dan jahat. Mereka justru menjadi kelompok brutal yang melenceng dari tujuan awal. Bahkan, Mikey sendiri sudah tidak lagi terlibat di geng tersebut. Tentunya akan sangat menarik jika kemudian semua anggota awal Toman kembali berkumpul. Mereka kembali membangun apa yang membuat Toman spesial.

Akhir Bahagia Untuk Mikey

Perjalanan Takemichi sebelumnya ke masa lalu berhasil menyelamatkan Hina dan juga Toman. Semuanya bahagia kecuali Mikey. Dia justru harus mengalami hal yang mengerikan, di mana dia menjadi pemimpin organisasi kriminal Bonten. Mikey justru memilih jalan kegelapan, di saat yang lain berhasil keluar dari masa lalu mereka. Semua itu dilakukan karena Mikey ingin melindungi teman-temannya.

Mikey dikenal sebagai sosok yang selalu menanggung semua beban sendiri. Dia harus kehilangan orang-orang yang berharga baginya. Tentunya hal ini sangat menyedihkan bagi Mikey. Sebelum ceritanya berakhir, rasanya Mikey pun berhak mendapatkan akhir yang bahagia. Bukan hanya Takemichi yang berhak mendapatkannya. Apakah kemudian Mikey akan mendapatkan akhir yang bahagia? Masih harus kita tunggu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.