Roronoa Zoro merupakan salah satu dari tiga kekuatan utama bagi kelompok Topi Jerami. Dia dikenal karena kemampuan bertarungnya yang dahsyat. Dia merupakan seorang ahli pedang yang menggunakan teknik Santoryu, atau tiga pedang. Sesuatu yang tidak pernah dilakukan oleh ahli pedang lainnya. Selain itu, Zoro merupakan salah satu karakter yang mengalami perkembangan kekuatan yang sangat cepat, seperti halnya Luffy.

Sebagai ahli pedang dan pengguna teknik Santoryu, wajar jika berbagai teknik yang sering dia perlihatkan dalam cerita berkaitan dengan kemampuannya dalam berpedang. Contohnya adalah penggunaan teknik Asura. Meskipun begitu, yang mungkin tidak disadari oleh para fans adalah Zoro juga memiliki kelebihan lain yang tidak berkaitan dengan pedang. Apa saja?

Menjadi Pemimpin

Meskipun Monkey D. Luffy adalah kapten di kelompok Topi Jerami, ada beberapa anggota dari kelompok bajak laut tersebut yang memperlihatkan kemampuannya sebagai pemimpin dalam beberapa kesempatan. Contohnya adalah Jinbe, Sanji, Nami, dan juga tentunya Zoro. Menjadi tangan kanan dari Luffy, terkadang Zoro mengisi perannya sebagai wakil pemimpin di kelompok Topi Jerami dan mengendalikan semua kru. Hal ini memberikan bukti bahwa menjadi pemimpin adalah kemampuan lain dari Zoro.

Menggunakan Pisau Sebagai Senjata

Meskipun Zoro dikenal sebagai ahli pedang, bukan berarti dia tidak mahir dalam menggunakan senjata tajam lainnya. Pasca dua time-skip selama dua tahun, kemampuan berpedang Zoro benar-benar sangat meningkat tajam. Zoro saat ini bisa menggunakan sebuah pedang berukuran kecil atau bahkan pisau, untuk kemudian menjadi senjata yang berbahaya.

Hal ini pertama kali diperlihatkan di arc Wano, di mana dia dituduh sebagai pembunuh. Untuk bisa kabur dari situasi tersebut, Zoro menggunakan pisau yang digunakan untuk upacara Seppuku. Meskipun dia hanya menggunakan pisau atau pedang kecil, Zoro mampu melapisinya dengan Haki dan menghasilkan efek yang mematikan. Bahkan Zoro mampu memotong gedung, dengan hanya penggunaan pisau tersebut.

Menggunakan Teknik Mutoryu

Selain ahli dalam menggunakan pedang, Zoro juga merupakan ajli dalam hal bela diri. Kemampuan bela diri Zoro pertama kali diperlihatkan dalam arc Long Ring Long Land di mana Zoro dipaksa untuk bertarung tanpa menggunakan pedangnya. Zoro pun berusaha beradaptasi dengan situasi yang ada dan kemudian mengembangkan teknik Mutoryu, alias teknik tanpa pedang. Dengan menggunakan kekuatan tersebut, Zoro mampu menggunakan beberapa teknik pedang lainnya, seperti Tatsu Maki.

Memiliki Daya Tahan Yang Luar Biasa

Zoro merupakan karakter yang memiliki daya tahan paling tinggi di kelompok Topi Jerami – dan mungkin di seluruh karakter One Piece. Hal ini pernah diperlihatkan oleh Zoro di arc Thriller Bark. Pada saat itu, kelompok Topi Jerami harus berhadapan dengan Bartholomew Kuma pasca pertarungan melawan Moria dan Oars. Kuma memberikan kesempatan bagi kru Topi Jerami lain untuk bisa menyelamatkan Luffy, dengan cara memindahkan rasa sakitnya.

Akainu vs Kaido and Big Mom's Hakai (combined attack) - Battles - Comic VinePada awalnya, Sanji yang mengajukan diri sebelum kemudian Zoro yang akhirnya menjadi sukarelawan. Dan pada kenyataanya, Zoro mampu menerima dan menahan semua rasa sakit yang diderita Luffy. Padahal, Kuma sendiri berpikri bahwa dia akan tewas. Di pertempuran Onigashima, Zoro mampu menahan serangan kombinasi dari Big Mom dan Kaido, meskipun untuk beberapa detik. Hal itu cukup untuk membuat para Supernova lainnya untuk pergi.

Memiliki Keunggulan Dalam Hal Kekutan Fisik

Selain memiliki daya tahan yang tinggi, Zoro juga dikenal sebagai karakter yang memiliki kekuatan fisik paling tinggi di kelompok Topi Jerami. Hal ini dikarenakan latihan intens dan berat yang sudah dia lakukan dan alami selama bertahun-tahun, bahkan sejak dia masih kecil. Dalam arc Alabasta kita diperlihatkan bagaimana Zoro mampu mengangkat gedung. Kemudian dia juga mampu membelokan pukulan Oars. Dan tentunya yang paling baru adalah dia mampu menahan serangan Big Mom dan Kaido. Sesuatu yang mungkin tidak akan bisa dilakukan oleh Luffy atau Supernova lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.