Buah iblis Gomu Gomu dan Shanks menjadi bahan perbincangan hangat para fans akhir-akhir ini. Hal tersebut dikarenakan apa yang diungkapkan oleh Who’s Who di chapter terbaru seri manga One Piece. Menurut Who’s Who, dia dahulu merupakan bagian dari kelompok CP-9 sebelum kemudian dia dipenjara karena gagal untuk menjaga buah iblis Gomu Gomu.

Seperti yang kita ketahui, buah iblis Gomu Gomu dicuri oleh Shanks. Hal ini diperlihatkan di chapter Romance Dawn yang menjadi cerita awal serinya. Namun, sayangnya, buah iblis tersebut kemudian tidak sengaja dimakan oleh Luffy. Dan akhirnya, kita melihat sosok Luffy yang tangguh dengan kemampuan Gomu Gomu seperti sekarang.

Namun, yang masih menjadi pertanyaan adalah mengapa kemudian Shanks dan kelompoknya mencuri buah iblis Gomu Gomu? Hal inilah yang masih menjadi sebuah tanda tanya besar. Meskipun begitu sebagian fans mencoba untuk menebak apa yang sebenarnya dilakukan oleh Shanks. Salah satu spekulasi yang menarik adalah Shanks dan kelompoknya memang sengaja mengumpulkan buah iblis di seluruh dunia.

Shanks dan kelompoknya sengaja berlayar ke berbagai lautan, dengan tujuan untuk mencari buah iblis. Memang, tujuannya mungkin terdengar mirip seperti Blackbeard. Yang membedakan adalah Shanks melakukan hal itu untuk mencegah ada orang yang tidak bertanggung jawab memakan buah iblisnya, dan kemudian memanfaatkan kekuatan dahsyat yang mereka miliki untuk berbuat kejahatan.

Shanks mungkin sengaja mencuri buah iblis Gomu Gomu dan kemudian menyimpannya di suatu tempat. Ada beberapa poin yang mendukung spekulasi tersebut. Pertama, Shanks tidak memiliki atau memakan buah iblis. Shanks adalah satu-satunya Yonko atau empat penguasa samudera, yang tidak memiliki dan mengandalkan kemampuan buah iblis. Oda sendiri belum menjelaskan tentang hal tersebut.

Apakah Shanks memang tidak membutuhkannya? Apakah Shanks dirasa sudah cukup kuat? Atau mungkin Shanks sengaja mencari buah iblis tertentu yang tidak lain adalah Gomu Gomu? Untuk sekarang, para fans memang hanya bisa berspekulasi. Namun, tentu ini sangat luar biasa di mana kelompok Rambut Merah menjadi satu-satunya kelompok bajak laut yang tidak memiliki satu pun pengguna buah iblis diantara Yonko lainnya.

Satu-satunya kemampuan yang mendekati kemampuan buah iblis adalah teknik “teleportasi” yang dilakukan Lucky Roo, namun bisa jadi itu hanyalah Rokushiki atau kemampuan Haki miliknya. Alasan kedua adalah Blackbeard. Seperti yang disebutkan di atas, Shanks melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Blackbeard. Bedanya, Blackbeard melakukannya untuk dia dan kelompoknya.

Blackbeard sendiri sudah sejak lama diprediksi akan menjadi sosok yang merepotkan Shanks. Bahkan, ada juga spekulasi yang menyebutkan bahwa mereka berdua akan bertarung dan Blackbeard akan membunuh Shanks. Salah satu tujuan Shanks mengumpulkan semua buah iblis bisa jadi adalah agar Blackbeard tidak lagi bisa mencuri atau mengambil buah iblis lainnya.

Shanks mungkin sengaja mencuri buah iblis Gomu Gomu untuk menambah koleksinya, dan juga agar tidak ada orang yang menyalah gunakan kekuatannya. Di chapter 1 diperlihatkan bagaimana mereka mengunci rapat dan sangat menjaga buah iblis Gomu Gomu, yang mana mungkin masuk akal jika kemudian Pemerintah Dunia menganggapnya sebagai sesuatu yang berharga.

Shanks juga marah terhadap Luffy yang memakan buahnya. Entah apakah Shanks marah karena dia tidak ingin Luffy memiliki kekuatan buah iblis, atau karena Shanks gagal menjualnya ke pembeli yang mau membayar mahal. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.