Pemerintah Dunia adalah sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia dengan caranya sendiri. Oleh sebab itu organisasi ini tergolong sebagai kelompok terbesar di dunia One Piece. Karena Pemerintah Dunia termasuk organisasi yang besar, maka ada beberapa organisasi lain yang berada di bawah naungan Pemerintah Dunia. Hal ini dilakukan agar mempermudah Pemerintah Dunia untuk menjaga perdamaian dunia.

Salah satu organisasi yang langsung berada dibawah naungan Pemerintah Dunia adalah Cipher Pol. Kelompok ini terdiri dari 10 divisi yang memiliki kemampuan dan kekuatan mengerikan. Mereka adalah organisasi khusus yang melakukan investigasi, mencari informasi, melakukan pembunuhan, penghilangan paksa, dan lain-lain atas perintah langsung dari Pemerintah Dunia.

Cipher Pol adalah kelompok resmi dan sebagian besar orang yang berasal dari Pemerintah Dunia paham fungsi dan tugas dari kelompok ini. Cipher Pol memiliki delapan divisi resmi yang menggunakan nama sandi nomor 1-8, sedangkan dua divisi sisanya tergolong sebagai divisi khusus yang menggunakan nomor 9 dan 0. Meski kelompok ini terkenal di tubuh Pemerintah Dunia, kelompok ini tidak boleh diketahui oleh masyarakat luas sebab itu adalah salah satu peraturan yang berlaku bagi Cipher Pol.

Bahkan menurut Robin, banyak target yang susah lepas dari cengkraman Cp 9 dan Cp 0. Sebab Cp 9 bekerja langsung dibawah naungan Tenryuubito. Jadi jika para bangsawan menginginkan Cp 9 membunuh seseorang, dengan cepat mereka akan mengabulkan perintah tersebut. Robin menjadi satu-satunya yang selamat dari kejaran Cp 9, berkat kerja keras kelompok bajak laut Topi Jerami yang berusaha menyelamatkannya di Enies Lobby.

Selain memiliki kelompok mengerikan seperti Cipher Pol, ada pula kelompok baru yang menyimpan sejumlah rahasia bernama SWORD. Kelompok ini tergolong baru dan banyak orang yang tidak mengetahui akan kehadiran SWORD. Bahkan hingga sekarang, anggota resmi dari SWORD masih belum terkonfirmasi dengan jelas. Menurut sebuah sumber, SWORD masih tergolong sebagai salah satu divisi dari Angkatan Laut, bahkan Pemerintah Dunia tidak mengetahui hadirnya kelompok ini hingga sekarang. Sehingga ada kemungkinan bahwa SWORD memiliki peran khusus yang bertolak belakang dengan Pemerintah Dunia.

Saat ini ada dua orang yang telah teridentifikasi sebagai anggota SWORD, yaitu X Drake yang merupakan seorang bajak laut dan Coby yang merupakan anggota Angkatan Laut. Nampaknya misi SWORD adalah sebagai organisasi poros tengah yang hanya berpihak kepada keadilan dan kebenaran, dan bisa jadi orang-orang seperti Garp, Aokiji, Sengoku dan beberapa orang lainnya adalah anggota resmi dari SWORD yang belum terungkap.

Karena pihak Pemerintah Dunia tidak mengetahui kehadiran SWORD, hal ini tentu menimbulkan banyak dugaan di kalangan penggemar. Muncul berbagai teori yang mengatakan bahwa SWORD adalah organisasi yang akan ikut menggulingkan Pemerintah Dunia suatu saat nanti. Namun melihat pembahasan SWORD yang masih sangat minim, tampaknya hal itu masih belum bisa dibuktikan dengan jelas.

Intinya, kedua organisasi ini memang sama-sama memiliki rahasianya masing-masing. Namun karena Chiper Pol tergolong kelompok resmi dari Pemerintah Dunia, tampaknya mereka jauh lebih kuat dan lebih mengerikan daripada SWORD untuk saat ini. Sedangkan SWORD adalah organisasi baru yang masih menyimpan banyak misteri dan tergolong tidak resmi di mata Pemerintah Dunia. Namun melihat dua anggotanya yang telah terungkap, bisa jadi SWORD akan lebih kuat dari pada Chiper Pol suatu saat nanti. Untuk membuktikannya, mari kita tunggu akan ada kejutan menarik apalagi di setiap chapter One Piece kedepannya.