Dracule Mihawk merupakan seorang karakter yang cukup penting dalam serial One Piece. Dia menjadi pengguna pedang terbaik di seluruh lautan, dan hingga sekarang tidak ada satu pengguna pedang pun yang bisa mengalahkannya. Kekuatan dari Mihawk sangatlah melegenda dan bisa membuat Lawannya ketakutan. Bahkan, saat pertama kali Zoro bertarung dengan Mihawk, dia kalah hanya dengan satu pisau kecil yang biasa digunakan oleh Mihawk sebagai kalung keberuntungan. Sedangkan Zoro, saat itu telah mengerahkan semua kekuatannya namun masih saja kalah.

Saat time skip, Mihawk yang melatih Zoro di pulau pribadinya yang dihuni oleh ratusan kera. Keduanya berlatih dan akhirnya membuat Zoro menjadi lebih kuat seperti sekarang. Namun, meski telah muncul beberapa kali dalam alur cerita One Piece, Mihawk masih memiliki banyak misteri yang hingga sekarang masih belum terungkap, salah satunya adalah hubungannya dengan Akagami Shanks.

Shanks dan Mihawk diceritakan sebagai rival yang tidak menyukai satu sama lain, namun melihat hubungan keduanya yang nampak aneh , bisa jadi Mihawk sebenarnya adalah anggota rahasia dari bajak laut Akagami. Salah satu clue yang mengisyaratkan bahwa kedua karakter ini memiliki hubungan spesial adalah saat Mihawk menjadi salah satu Shichibukai. Seperti yang telah kita ketahui, Shanks adalah seorang bajak laut yang lebih mengedepankan keseimbangan. Dan dia akan menjaga keseimbangan itu dengan segala macam cara. Hingga orang seperti Roger, kembali muncul dan menyelamatkan dunia dari ketidakadilan.

Oleh sebab itu, Shanks sangat akrab dengan para Gorosei dan memiliki akses untuk berdiskusi dengan mereka. Sehingga, untuk mempermudah misi tersebut, Shanks memerintahkan Mihawk untuk menjadi Shichibukai agar bisa memata-matai Angkatan Laut dan Pemerintahan Dunia. Teori ini memang masih berupa kemungkinan, namun melihat gerak-gerik keduanya selama ini, bisa jadi ini adalah alasan kenapa Mihawk menjadi Shichibukai padahal ia adalah orang yang bersifat bebas, dan Shanks bisa memiliki akes para para Gorosei.

Selain itu, Mihawk juga nampak menghindari pertarungan dengan bajak laut Akagami di Perang Besar Marineford. Saat itu, Mihawk mengatakan, bahwa dia bersedia melawan bajak laut Shirohige, namun berurusan dengan para Akagami, adalah di luar perintah Angkatan Laut dan Pemerintah Dunia saat itu. Sehingga, dia memutuskan pergi ketika Shanks dan anak buahnya datang.

Clue selanjutnya adalah ketika bajak laut Akagami akan bertarung dengan bajak laut Kurohige di Marineford. Kedua kubu ini memang telah menyimpan dendam yang cukup lama, dan banyak yang mengira bahwa kedua kelompok ini akan bertarung di Marineford. Namun, duel itu tidak pernah terjadi hingga sekarang.

Saat itu, Oda menampilkan dua kubu dan pasukannya masing-masing, sehingga saat keduanya bertarung nanti, setiap orang telah menemukan target lawannya sendiri. Namun, Kurohige berjumlah 11 orang dan Akagami berjumlah 10 orang, sehingga masih kurang satu orang agar masing-masing karakter memiliki lawannya sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, bisa jadi kekosongan orang di Akagami, karena Mihawk sedang menjalankan misi rahasia.

Selain itu, pernah di suatu waktu, Mihawk dan Shanks bertemu untuk bertarung. Namun Mihawk tidak menuruti duel tersebut, karena saat itu Shanks telah kehilangan lengannya setelah menolong Luffy. Sehingga, Shanks memutuskan untuk mengajak Mihawk berpesta bersama dengan kru Akagami yang lain.

Saat Shanks mengajak Mihawk untuk minum bersama, keduanya nampak sangat dekat, seperti sepasang kawan lama yang bahagia. Momen itu memperkuat teori, bahwa bisa jadi Mihawk benar-benar bagian dari kelompok bajak laut Akagami, yang selama ini menjalankan misi khusus dari Shanks.

Namun, bisa jadi Mihawk adalah mantan kru bajak laut Akagami dari masa lalu. Mihawk bisa jadi berselisih paham dengan Shanks sehingga memutuskan untuk berlayar sendirian di lautan. Sebab, Mihawk adalah seorang pria yang memiliki prinsip kuat, sama seperti Shanks.

Sehingga, bisa jadi itulah yang membuat keduanya menjadi tidak akur dan berpisah kapal. Namun, terlepas dari itu semua, misteri mengenai Mihawk dan Shanks masih menjadi sebuah pembahasan yang menarik. Dan sepertinya, Oda akan mengungkapkan semuanya seiring berkembangnya alur cerita One Piece yang semakin menarik.