Robert Downey Jr. dianggap sebagai salah satu aktor paling fenomenal dalam satu dekade terakhir. Hal ini dikarenakan perannya di berbagai film seperti Sherlock Holmes, dan tentunya perannya sebagai Tony Stark di franchise Marvel Cinematic Universe. Marvel Studios memberikan “kesempatan kedua” bagi RDJ yang sebelumnya sempat tersandung masalah besar, dan harus berurusan dengan hukum.

Kepopuleran RDJ terus meningkat setelah dia berhasil memerankan Tony Stark, sosok di balik armor Iron Man. Sosok Tony Stark sendiri kemudian harus tewas di tahun 2019 kemarin, di mana Tony diperlihatkan mengorbankan dirinya untuk melakukan Decimation demi menghentikan Thanos di film Avengers: Endgame. Namun, sebelum Marvel memilih RDJ, nama-nama besar aktor Hollywood lainnya sempat muncul untuk menjadi kandidat. Siapa saja mereka?

Timothy Olmphant

Salah satu aktor underrated di industri Hollywood. Timothy adalah sosok aktor yang hebat, di mana dia sudah berperan di berbagai genre film mulai dari komedi, aksi, thriller, dan horror. Yang paling baru, dia bergabung ddi film Star Wars, meskipun hanya untuk sebuah peran yang sangat singkat. Dia adalah aktor yang bisa memerankan karakter dari pahlawan, sampai villain.

Justified, Timothy OlyphantSalah satu pekerjaanya yang banyak dilirik adalah Justified. Fakta menarik dari Timothy, dia melakukan proses audisi di hari yang sama dengan RDJ untuk peran Iron Man. Sebenarnya, melihat dari rekam jejaknya, Timothy Olymphant bisa saja menyingkirkan RDJ dengan mudah apalagi dia baru saja selesai berurusan dengan hukum.

Sam Rockwell

Sam Rockwell, Iron Man 2Salah satu nama lainnya yang juga muncul untuk mengisi peran Tony Stark adalah Sam Rockwell, yang kemudian dia bergabung di MCU untuk peran lainnya yaitu Justin Hammer. Justin Hammer adalah seorang pria yang sangat terobsesi dengan Tony Stark, namun memiliki niat yang jahat. Dia muncul di film Iron Man 2. Yang menarik adalah Sam Rockwell merupakan saingan ketat dari Heath Ledger untuk peran Joker di film The Dark Knight.

Hugh Jackman

Wolverine, Hugh JackmanSebelum diberikan kepada RDJ, Marvel Studios sebenarnya menawarkan peran Tony Stark kepada Hugh Jackman. Namun, Hugh kemudian menolaknya karena Hugh menganggap bahwa mengisi peran superhero lainnya akan merusak dedikasinya dan komitmennya untuk tetap memerankan karakter Wolverine di franchise X-Men. Dan sepertinya pilihan Hugh untuk menolak merupakan keputusan yang tepat. Meskipun terdengar sangat menarik, jagat dunia maya akan penuh dengan perdebatan sengit para fans. Dan jika hal itu terjadi, tentu karakternya mungkin tidak akan sepopuler sekarang.

Nicholas Cage

Seperti halnya Hugh Jackman, sebenarnya para petinggi Marvel sempat memikirkan nama lain untuk mengisi peran Tony Stark. Para produser dari film iron man menganggap Nicolas Cage adalah sosok yang tepat. Cage sendiri sebelumnya juga bermain di film Marvel, dimana dia berperan sebagai Johnny Blaze dalam film Ghost Rider dan Ghost Rider: Spirit of Vengeance.

Nicholas Cage merupakan aktor pecinta buku komik, dan dia juga merupakan penggemar dari Superman. Dia bahkan sempat juga audisi untuk berperan sebagai Clark Kent, dalam film Superman yang diproduksi oleh Tim Burton. Sayangnya, proyek film tersebut harus gagal dan dibatalkan.

Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio, 2020 Oscars, Academy Awards, Red Carpet FashionsNama besar lainnya yang muncul untuk memerankan Tony Stark adalah Leonardo DiCaprio. Nama Leo muncul pada saat proses pengembangan awal filmnya. Berbicara mengenai kualitas aktingnya, tentu sosok Leonardo DiCaprio sudah tidak perlu diragukan lagi. Puluhan judul film dan karakter sudah dia perankan dan mainkan. Beberapa yang fenomenal tentunya adalah Jack di film Titanic dan Jordan Belfort di film The Wolf of Wall Street.

Tom Cruise

Tom Cruise juga adalah nama yang masuk dalam daftar pertimbangan para produser Iron Man ketika proyek tersebut pertama kali diumumkan. Namun, Paramount Pictures berhasil terlebih dahulu mendapatkan hak untuk mendapatkan jasa Tom Cruise, sehingga dia harus pindah ke franchise lainnya. Yang menarik adalah sepertinya para fans setuju dengan ide Tom Cruise menjadi Iron Man. Sempat ada video deep fake yang memperlihatkan wajah RDJ diganti oleh wajah Tom sambil mengenakan armor Iron Man.

Clive Owen

Clive OwenClive Owen merupakan aktor yang berasal dari Inggris yang cukup populer. Berbeda dengan RDJ, Clive Owen lebih banyak memerankan karakter yang serius sejak dia berkarir pada 1998. Dengan sosok Tony Stark yang flamboyan namun sedikit memiliki selera humor, mungkin memang tepat Marvel tidak memilih Clive untuk memerankan karakter Tony Stark.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.