Hody Jones merupakan villain utama dalam arc pulau manusia ikan dan merupakan tantangan pertama yang Luffy hadapi untuk pertama kali pasca time-skip, yang terjadi di cerita One Piece. Meskipun Hody Jones bukanlah sosok antagonis yang kuat, yang biasa dihadapi oleh kelompok Topi Jerami, Hody Jones memiliki motivasi yang unik dan juga ambisi yang membuatnya berbeda dengan para villain lain.

Salah satu hal yang membuat Hody Jones berbuat jahat adalah bagaimana dia berusaha untuk membuat ras manusia ikan lebih unggul dibandingkan rasa apapun, termasuk manusia. Seperti yang kita ketahui, selama ini manusia ikan dan manusia di darat sering kali bersitegang karena perbedaan ras di antara mereka. Berikut adalah lima kesalahan yang dilakukan oleh Hody Jones.

Salah Menilai Kelompok Topi Jerami

Hody pada awalnya membuat dua asumsi yang tidak berdasar mengenai kru bajak laut Topi Jerami. Dia berpendapat bahwa mereka adalah kelompok bajak laut yang jahat serta lemah. Ironisnya, hal yang terjadi justru sebaliknya. Kelompok bajak laut Luffy bukan hanya berhasil mengalahkan dia dan kelompoknya, tapi juga mencegah kehancuran dari pulau manusia ikan seperti yang dibayangkan oleh banyak orang. Kemenangan Luffy benar-benar mempengaruhi kelompok bajak laut new Fish-Man, di mana sisa dari kru mereka langsung bergabung dengan pasukan Neptine setelah Hody dipenjara dan distrik mereka ditutup.

Menjalin Aliansi Dengan Vander Decken

Banyak prediksi yang menduga bahwa keputusan Hody Jones untuk menyatukan kekuatan dengan Vander Decker adalah karena buah iblis Mato Mato no Mi miliknya, Noah, dan juga raksasa yang ada di bawah kekuasanya. Namun, terlepas dari itu semua, aliansi ini merupakan sebuah kerja sama yang tidak bermoral mengingat bagaimana sosok Vander Decken.

Bukan hanya Vander Decker memaksa untuk menikah dengan putri duyung berusia tujuh tahun, Shirahoshi, tujuan dari mereka berdua juga gagal untuk terwujud. Hal inilah yang membuat pengkhianatan yang dilakukan oleh Hody Jones menjadi sesuatu yang tidak mengejutkan.

Menyerang Manusia

Kebencian Hody Jones terhadap manusia memang benar-benar terlihat di arc pulau manusia ikan. Sebelum Luffy dan kelompok Topi Jerami, ada banyak manusia – khususnya bajak laut – yang sudah menjadi korban dari kekejaman Hody Jones. Contohnya adalah ketika dia menghancurkan kapal yang sedang menyelam menuju pulau manusia ikan. Dia bukan hanya menghancurkan gelembung pelapis kapalnya, tapi juga benar-benar menghancurkan kapal mereka dan membuat para bajak laut tersebut pada akhirnya tewas.

Membunuh Otohime dan Menjebak Manusia Atas Perbuatannya

Demi meningkatkan kebencian para manusia ikan terhadap manusia di darat, Hody Jones memiliki rencana yang benar-benar gila. Dia membunuh istri dari Neptune, yaitu Otohime. Ratu Otohime merupakan salah satu manusia ikan yang tidak setuju adanya perselisihan antara rasnya dan para manusia. Dia pun berusaha keras untuk bisa menyatukan kedua ras ini. Hody membunuh Otohime dengan cara ditembak dan membakar kotak suara. Kemudian Hody mengumumkan bahwa pelaku dari kejadian tersebut adalah bajak laut yang notabene adalah manusia.

Hody Jones Berusaha Menghancurkan Pulau Manusia Ikan Dengan menggunakan Noah

Ketika kapal Noah milik Vander Decken tiba untuk mengejar Shirahoshi, Hody melihat sebuah peluang untuk menghancurkan pulau manusia ikan dan menghancurkan mereka yang menentangnya. Semuanya dia harapkan berjalan sesuai rencana. Hody kemudian naik ke atas kapal dan menyerang rekannya tersebut. Hody berhasil membuat Vander Decken tidak sadarkan diri.

Apa yang dilakukan oleh Hody Jones bukan hanya mengancam nyawa dari kelompok Topi Jerami, tapi juga seluruh orang yang ada di pulau manusia ikan termasuk kelompok aliansi bajak laut Fish-Man. Hody sadar bahwa yang dia lakukan akan memakan korban jiwa, namun kebenciannya sudah menutupi akal sehatnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.