Otama adalah sosok anak kecil yang pertama kali muncul dia diperkenalkan sebagai salah satu penduduk Wano yang harus menderita. Otama harus kelaparan karena kurangnya bahan makanan. Dia hanya dianggap sebagai sosok anak kecil biasa, sampai kemudian dia muncul dan menunjukan kemampuan buah iblisnya di penjara Udon yaitu Kibi Dango. Otama bisa mengeluarkan Dango manis dari pipinya.

Para fans sendiri banyak memperdiksi bahwa Tama akan memiliki peran yang penting di arc Wano dan juga di pertempuran Onigashima. Dan hal ini ternyata terbukti. Ada beberapa aksi yang dilakukan oleh Tama yang menunjukan bahwa Tama memang memiliki peran penting dalam pertempurannya. Apa saja?

Menyalamatkan Usopp Dan Nami

Di chapter 995 para fans dikejutkan oleh kemunculan sosok lainnya di Onigashima, yang tidak lain adalah Otama. Otama bersama Komachiyo datang dan berhasil menyelamatkan Nami yang berada dalam sekapan Ulti, dan hampir saja mati terkena serangan kepala Ulti. Kemunculan Tama mengejutkan para pembaca karena tidak ada yang menyangka bahwa Tama bisa muncul di peperangan besar seperti di Onigashima.

Sebenarnya, para fans sempat membuat sebuah prediksi dimana ada kemungkinan bahwa Tama akan muncul di perang Onigashima. Tapi, seperti ditulis di artikel yang lain, prediksi ini lemah karena tidak ada yang mungkin bisa dilakukan oleh Tama. Dia masih sangat kecil untuk terlibat dalam pertarungan dan tidak punya kemampuan bertarung sehingga rasanya tidak mungkin Tama ikut terlibat di perang ini. Namun, terbukti bahwa asumsi tersebut salah dan Tama menjadi penyelamat Usopp dan Nami.

Membantu Usopp dan Nami Kabur

One Piece Chapter 1011 Manga Online: One Piece Chapter 1011 English - Page 10Setelah berhasil menyelamatkan Nami dan Usopp dari Page One dan Ulti, Tama membantu keduanya untuk kabur dari kedua Flying Six tersebut. Tanpa adanya Tama dan Komachiyo, mungkin nasib Usopp dan Nami sudah akan berakhir dengan tragis. Hal ini bisa dilihat meskipun mereka berlari di atas punggung Komachiyo, Page One masih bisa mengejar mereka yang artinya kecepatan Page One sangaat luar biasa.

Berhasil Menjinakan Sebagian Besar Gifter

Kita sudah tahu bahwa Tama memiliki satu kekuatan ajaib dimana dia mampu membuat sebuah cemilan atau kudapan, yang diambil dari pipinya. Dan yang menarik, cemilan tersebut mampu untuk mengendalikan mereka yang merupakan pemakan buah iblis SMILEs seperti para Gifters. Hal ini dibuktikan ketika Tama ikut dalam upaya pembebasan Luffy di penjara Udon.

One Piece, Chapter 1004 - One Piece Manga OnlinePada saat itu, Tama menggunakan kemampuannya untuk menghendalikan Babanuki. Dengan menggunakan kemampuannya ini, Tama berhasil menjinakan banyak sekali Gifters. Seperti diperlihatkan di chapter 996, Tama mempersiapkan sebanyak mungkin Kibi Dango untuk diberikan kepada para Gifters. Dengan begitu, para Gifters akan berada di bawah kendalinya dan akan menjadi tambahan pasukan baru bagi kelompok aliansi Luffy.

Berhasil “Menjinakan” Big Mom

Di chapter 1011, Tama diperlihatkan bertemu dengan Big Mom dan yang mengejutkannya adalah Tama menganggap Big Mom sebagai sosok yang sudah dia kenal lama. Tama bahkan menyebut Big Mom dengan namanya. Yang menarik adalah sifat Big Mom langsung berubah drastis saat bertemu dengan Tama. Big Mom yang tadinya emosi terhadap Nami dan Usopp, langsung berubah manis dihadapan Tama.

Menurut Promotheus, ketika Big Mom bertemu dengan anak kecil berusia 10 tahun maka dia akan menunjukan sisi keibuannya. Dan ternyata Linlin sempat ditolong oleh Tama dan Otsuru ketika dia hilang ingatan, dengan memberikan Oshiruko. Padahal, tidak ada banyak bahan makanan saat itu di kota Okobore. Sayangnya, Big Mom kemudian menganggap Tama juga tidak tahu berterima kasih setelah dia lebih memilih bersama Nami dan Usopp.

Mengalahkan Page One

Tama memang tidak secara langsung mengalahkan Page One, namun secara tidak langsung dialah yang sudah membuat Page One tidak sadarkan diri setelah diserang oleh Big Mom. Big Mom marah besar dan kembali menjadi sosok mengerikan, setelah dia mendengar cerita dari Tama bahwa wilayah Okobore Town, yang menjadi rumah bagi Tama, hancur karena serangan anak buah Kaido.

One Piece Chapter 1011 – Code Of Honor | 12DimensionBig Mom marah karena anak buah Kaido menghancurkan tempat tinggal orang-orang yang sudah menolongnya. Pada saat itu, Page One meminta Big Mom untuk menangkap Tama dan yang lain. Namun, Big Mom justru menyerang Page One, sambil mengatakan bahwa di dunia bajak laut pun masih ada yang namanya balas budi atau prinsip kehormatan.

Tindakan Tama Selanjutnya?

Kemunculannya di Onigashima membuat semuanya terkejut. Namun, kemunculan Tama sendiri bukan tanpa persiapan. Tama sudah mempersiapkan rencana besar yang akan dia lakukan. Rencana besar Tama adalah menciptakan sebanyak mungkin Kibi Dango dari pipinya, untuk kemudian mengubah musuh – dalam hal ini adalah kelompok bajak laut Beasts – untuk berubah menjadi sekutu pasukan aliansi.

One Piece Chapter 1011 Manga Online: One Piece Chapter 1011 English - Page 11Bisa dibilang, sejauh ini, rencana Tama sudah berhasil. Ada banyak Gifters yang berhasil Tama kendalikan, dan sekarang mereka berada di pihak Tama. Di chapter 1016 kemarin, Usopp berhasil menangkap Bao Huang yang menyiarkan pengumuman ke seluruh Onigashima. Tama sendiri sudah mulai berbicara. Sesuai rencananya, Tama kemungkinan akan memerintahkan para Gifters yang sudah memakan Kibi Dango untuk membantu kelompok aliansi Topi Jerami. Dan ini bisa menjadi jalan untuk membalikan keadaan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.