Multiverse menjadi pusat cerita bagi Phase 4 MCu saat ini, dan seri Loki sudah menjelaskan bagaimana multiverse akan memiliki peran penting di Phase 4. Marvel Studios sudah membangun tema Multiverse sejak lama. Dalam salah satu adegan di Thor: Dark World, Erik Selvig yang merupakan seorang ahli astrofisika, menjelaskan bahwa peristiwa multiverse disebut sebagai the Convergence.

Meskipun adegannya menjadi momen untuk cameo dari Stan Lee, sebenarnya hal itu mereferensikan tentang Nexus of All Realities. Di komiknya, ini merupakan pintu gerbang menuju realitas lainnya dan berlokasi di Florida Everglades. Seri Loki sepertinya sudah memberikan petunjuk mengenai bagaimana Phase 4 akan menghadirkan konsep multiverse. Berikut adalah penjelasannya.

Asal-usul Multiverse

TVA memiliki sebuah tayangan khusus berbentuk animasi yang akan diperlihatkan kepada para Variant. Miss Minutes menjadi narator dalam tayangan tersebut. Tayangannya sendiri menghadirkan berbagai macam hal, mulai dari asal-usul TVA sampai dengan asal-usul Multiverse. Menurut penjelasan tayangannya, timeline secara alamiah adalah sesuatu yang sangat kacau,

Sedikit saja perubahan terjadi, maka akan muncul yang dinamakan ‘nexus’ yaitu cabang dari timeline yang menjadi awal mula terciptanya realita alternatif. Yang mungkin tidak kita sadari, ternyata munculnya cabang timeline tersebut ternyata bisa menjadi pemicu munculnya perang Multiverse atau perang antar universe, yang bisa berakibat hancurnya seluruh alam ini.

Dan untuk mencegah hal itu terjadi, tiga orang dengan kekuatan luar biasa yang kemudian disebut sebagai Time Keepers, muncul dan menjaga serta mengatur timeline sesuai aturan mereka. Penjelasan dari Miss Minutes tersebut mungkin adalah kesimpulan dari apa yang sebenarnya terjadi, yang mungkin jauh lebih rumit. Bisa jadi Time Keepers sendiri adalah pemenang dari perang multiverse yang terjadi sebelumnya. Mereka kemudian menciptakan TVA agar bisa mengatur timeline sesuai dengan keinginan mereka, dan mencegah munculnya multiverse baru.

Pada Akhirnya Multiverse Tetap Muncul

Dan jika melihat dari apa yang dipersiapkan oleh Marvel Studios, sepertinya Multiverse sendiri tetap akan muncul. Pada Agustus mendatang, Marvel Studios akan merilis seri terbaru dengan format animasi yang berjudul What If…? yang diadaptasi dari seri populer Marvel Comics. Dalam serinya, kita akan melihat sebuah realita alternatif di mana semuanya berubah – seperti Peggy Carter adalah Captain America dan T’Challa adalah Star-Lord.

Berdasarkan bocoran pernak-pernik yang berkaitan dengan serinya, beberapa dari mereka kemudian akan membentuk tim pahlawan yang bernama “Guardians of the multiverse” di mana mereka akan pergi berbagai dimensi, dan memperbaiki semua kesalahan. Setelah What If…? kita akan melihat Spider-Man: No Way Home, yang akan menampilkan Doctor Octopus dan juga Electro.

Mereka berdua adalah musuh Spider-Man dari universe lain. Dan “puncaknya” adalah Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang dirilis 2022 mendatang. Melihat hal ini, bisa diasumsikan bahwa TVA dan Loki sudah gagal menjaga timeline atau bahkan mungkin TVA sudah hancur atau dikalahkan. Mungkin inilah maksud dari Kevin Feige sebelumnya, yang menyebutkan bahwa seri Loki akan sangat signifikan terhadap masa depan MCU.

Dengan TVA yang sudah melemah atau mungkin hancur, realita atau timeline akan kembali seperti sedia kala, kacau balau. Puluhan atau bahkan mungkin ratusan cabang timeline baru akan bermunculan. Perlu diingat bahwa TVA berada di luar ruang dan waktu, artinya semua realita alternatif tersebut akan muncul dalam perkembangan sejarahnya. Multiverse baru akan muncul dengan sangat cepat.

Peran Dari Scarlet Witch di Multiverse

Semua yang terjadi di Multiverse mengarah pada Scarlet Witch, yang dikabarkan akan memiliki peran penting. Seri WandaVision sendiri menghadirkan referensi Nexus dalam sebuah iklan. Dalam iklan tersebut, Nexus diperlihatkan sebagai obat penenang yang bisa diminum untuk mereka yang ingin melupakan semua tekanan atau melupakan sesuatu yang terjadi.

Elzabeth Olsen pun menyatakan bahwa Scarlet Witch akan memiliki kekuatan baru untuk bisa pergi ke berbagai universe, di film Doctor Strange 2 nanti. Wanda sepertinya sudah mempelajari bagaimana caranya untuk melakukan hal tersebut setelah membaca Darkhold, sebuah buku yang di komiknya dijelaskan bahwa buku tersebut dibuat oleh seorang Elder God. Darkhold berisi tentang berbagai kemungkinan, dan yang mengerikan adalah isi dari buku tersebut dikutuk.

Hancurnya TVA, munculnya timeline baru, dan semua kekacauan yang terjadi di timeline MCU, dirasa sangat pas dengan rumor dan rencana MCU kedepannya. Seperti yang diketahui muncul rumor bahwa karakter Shuma-Gorath akan muncul di Doctor Strange 2. Kemudian Kang the Conqueror juga akan muncul di film Ant-Man 3.

Multiverse baru bisa diartikan munculnya tantangan baru dan juga musuh baru. Musuh tersebut mungkin akan membuat Thanos dan Infinity Gauntlet miliknya terlihat tidak ada apa-apanya. Tentu menarik untuk melihat semua itu terjadi, dan seri Loki menjadi kunci penting agar semuanya bisa terjadi sesuai rencana.