Setelah mengalahkan Luffy dan kemudian menjatuhkan Luffy ke laut dari atas Onigashima, Kaido sempat mengutarakan sebuah kalimat yang menarik. Kaido mengatakan bahwa kekalahan Luffy tersebut memberikan sinyal bahwa dia juga bukanlah sosok Joy Boy. Ini semakin memperdalam dan memperluas misteri mengenai sosok Joy Boy, yang sampai sekarang masih belum diketahui.

Yang menjadi poin penting dari momen ini adalah adalah Kaido merupakan orang pertama dalam cerita One Piece, yang menyebut nama Joy Boy tanpa membaca Poneglyph. Lalu, dari mana kemudian Kaido mengetahui informasi tentang sosok Kaido? Dalam artikel sebelumnya, sempat ditulis bahwa Rocks D. Xebec mungkin menjadi sosok yang mengetahui banyak tentang Joy Boy dan kemudian disebarkan ke anak buahnya, termasuk Kaido.

Namun, ada spekulasi lainnya yang muncul di kalangan fans. Kaido kemungkinan adalah salah satu orang yang juga memiliki kemampuan untuk bisa mendengar Voice of All Things, seperti halnya Luffy, Roger, Oden, dan Momonosuke. Sehingga informasi tentang Joy Boy bisa jadi dia ketahui melalui Voice of All Things. Jadi, intinya adalah kita tahu bahwa Kaido mengetahui informasi tentang Joy Boy.

Berdasarkan hal tersebut, bisa jadi Kaido juga tahu mengenai ramalan tentang Joy Boy yang akan membebaskan Wano dan membuka perbatasan, atau setidaknya dia tahu mengenai koneksi Wano dan Joy Boy. Mengetahui bahwa Joy Boy adalah sosok yang kuat, yang diramalkan akan membawa perubahan besar, maka Kaido tahu bahwa nasibnya akan berakhir di tangannya.

Kalah Dua Kali dari Kaido, Luffy Masih Lemah? | GreensceneSeperti yang kita ketahui, Kaido sangat ingin mati. Berbagai cara sudah dia lakukan untuk bisa mengakhiri hidupnya. Masih belum diketahui apa yang menjadi alasan mengapa Kaido begitu ingin mengakhiri hidupnya. Apakah ada kaitannya dengan kekuatan yang dia miliki? Bisa jadi. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Urouge saat dia melihat isi hati Kaido.

Kaido sepertinya memiliki rencana untuk bisa mengakhiri hidupnya di tangan Joy Boy. Inilah mungkin alasan mengapa Kaido begitu bersemangat saat menghadapi Luffy. Luffy mampu memberikan determinasi tinggi, dan juga memiliki kemampuan yang dahsyat, yang membuatnya harus menggunakan form hybrid Zoan miliknya. Ini juga yang membuat Kaido mengatakan bahwa pertarungannya dengan Luffy membuatnya sedikit bersemangat, sampai akhirnya Luffy kalah. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi pada Kaido, apakah memang dia akan tewas di tangan “Joy Boy” atau penerus dari Joy Boy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.