Marvel Cinematic Universe, dalam beberapa poin, berfokus pada sosok Thor dan keluarganya. Odin bisa dibilang adalah sosok yang tidak jujur ketika berbicara mengenai keluarganya. Sejauh ini, Odin mengaku bahwa Thor adalah anaknya dari hasil hubungannya dengan Frigga. Sampai kemudian ada fakta lain yang terungkap dimana sebenarnya Thor memiliki seorang kakak perempuan, yaitu Hela.

Hela merupakan kakak kandung Thor yang diasingkan oleh Odin, setelah apa yang terjadi sebelumnya. Dia kemudian menjadi penguasa di wilayah Hel. Sebenarnya, selain Thor dan Hela, Odin masih memiliki satu putra lainnya. namanya adalah Balder the Brave. Sosok karakter Balder the Brave mungkin memang asing di telinga banyak fans Marvel. Balder mungkin bisa menjadi sosok karakter penting untuk masa depan MCU.

Balder the Brave diciptakan oleh Stan Lee, Larry Lieber, dan Jack Kirby. Dia muncul pertama kali di komik Journey into Mystery #85 yang dirilis pada 1962. Dalam komiknya, dia merupakan anak hasil hubungan dari Odin dan Freyja. Sebagai saudara dari Thor, Blader memiliki banyak keunggulan dalam segi kekuatan. Salah satunya adalah dia bisa menembakan laser dari tubuhnya.

Thor Meets Balder the Brave The Avengers Earths Mightiest Heroes S1 E1 Breakout Part 1 - YouTubeBalder the Brave juga tahan terhadap berbagai wabah dan penyakit, dan mampu berbicara banyak sekali bahasa, termasuk bahasa para alien. Satu hal yang membuat Balder lebih unggul dari Thor adalah kecepatan. Hal inilah yang membuat Balder lebih diunggulkan dalam pertarungan, dibandingkan Thor. Selain itu, Balder juga memiliki sebuah pedang sihir. Dia juga tahan terhadap berbagai serangan, kecuali yang dibuat dengan tumbuhan mistletoe.

Balder juga di komiknya pernah diperlihatkan menjadi pemimpin Asgard, setelah ada ramalan menyebutkan hal tersebut. Balder berhasil melindungi Asgard dan menjadi pemimpin yang baik. Namun, setelah melakukan banyak pertarungan, akhirnya Balder pun menjadi penguasa di Hel bersama dengan saudara Thor lainnya, Hela.

Lalu, dimana Balder berada saat ini? Sejauh ini, kecil kemungkinan Balder masih hidup, apalagi Asgard sekarang sudah hancur. Sempat muncul rumor bahwa Balder akan muncul di film Thor: Dark World, namun pada kenyataannya hal itu hanya sekedar rumor. Jika pun Balder masih ada, mungkin Loki menyembunyikan atau merahasiakan keberadaannya.

Do Asgardians all have unique powers that make them the “God” of something? - QuoraAda juga teori menarik yang menyebutkan bahwa Balder sendiri selama ini sudah ada di hadapan kita tanpa kita sadari. Di komiknya, Loki dulu sempat menyimpan jiwa Balder di dalam tubuh Destroyer. Yang menarik adalah robot monster tersebut pernah muncul di New Mexico di film Thor pertama. Mungkin, Marvel Studios sebenarnya melakukan hal yang sama dengan komiknya dengan mengahdirkan jiwa Balder di dalam armor Destroyer.

Bisa jadi bukan Loki sebenarnya yang menyimpan jiwa anaknya tersebut di dalam armor Destroyer, melainkan Odin sendiri. Yang pasti, sampai sejauh ini kita masih belum mengetahui apakah Balder the Brave memang ada di MCU. Jika Marvel memang hendak menghadirkan Balder the Brave di masa yang akan datang, Thor: Love and Thunder bisa menjadi tempat yang tepat. Atau TV seri Loki yang akan segera tayang. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Marvel Studios memiliki rencana untuk menghadirkan Balder the Brave ke MCU.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.