Kematian Ace menjadi salah satu momen yang sangat mengharukan di serial One Piece. Hampir semua penggemar dibuat menangis saat adegan tersebut terjadi di perang besar Marineford. Namun sejak kematian Ace, pernahkah kalian berpikir mengenai detail menarik dari karakternya? Salah satu detail menarik yang dimiliki oleh kakak angkat Luffy itu adalah lambang wajah yang berada di topi coklat miliknya.

Topi menjadi sebuah item yang penting di One Piece, seperti topi Luffy yang dulunya diberikan oleh Shanks. Untuk Ace, hingga sekarang masih belum terungkap makna sebenarnya dari lambang wajah di topinya. Namun, jika kita cocokan dengan kehidupan keras yang dialami Ace dari kecil hingga berakhir tewas, nampaknya lambang tersebut menyiratkan sebuah makna kehidupan yang sangat indah.

Lambang sedih bisa jadi mengartikan tentang kelahiran Ace di dunia. Ada kemungkinan saat masih kecil, Ace menganggap bahwa kelahirannya adalah sebuah masalah. Oleh sebab itu, Ace tidak pernah bertemu dengan orang tua kandungnya hingga remaja (sebab Roger telah tewas, dan nasib ibu Ace hingga sekarang masih belum terkonfirmasi dengan jelas). Sedangkan untuk lambang bahagianya, kemungkinan melambangkan rasa bahagia Ace setelah bertemu dengan Pops, Luffy dan teman-teman dekatnya. Sebab, saat itulah Ace merasa dirinya hidup kembali menjadi manusia.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa lambang “senyum” dan “sedih” milik Ace menggambarkan bagaimana ekspresinya saat akan tewas setelah di hajar oleh Akainu. Bahkan ada sebuah panel yang memperlihatkan dua ekspresi Ace saat akan tewas, yang mirip seperti lambang di topi miliknya.

Tapi, Oda saat ditanya mengenai lambang “senyum” dan “sedih” milik Ace, dia hanya menjawab bahwa itu tidak memiliki makna yang spesial. Oda menambahkan bahwa itu hanyalah sebuah aksesoris lama yang digunakan oleh orang-orang pada umumnya.  Kemudian, oda berpikir untuk menambahkan aksesoris itu di salah satu karakter komiknya, hingga Ace yang terpilih. Dan, mengenai ekspresi Ace saat akan meninggal, Oda juga menambahkan bahwa dia melakukannya karena itu nampak relevan dengan apa yang dirasakan oleh Ace saat itu.