Serial One Piece masih menceritakan arc Wano yang cukup panjang. Arc Wano menampilkan Kaido sebagai lawan yang sangat kuat. Namun, meski Kaido sudah muncul sejak lama, tetapi hingga sekarang pembahasan mengenai kehidupan Kaido jarang diceritakan. Ada kemungkinan dalam waktu dekat akan ada pembahasan mengenai masa lalu Kaido. Sebab Kaido masih menyimpan banyak misteri yang belum terjawab. Salah satunya adalah mengenai orang yang dicintai Kaido.

Meski Kaido seperti seorang monster yang gila pertarungan, namun dia telah memiliki seorang anak bernama Yamato. Meski hubungan ayah dan anak itu tidak begitu baik dari awal arc hingga sekarang, tetapi kehadiran Yamato spontan menimbulkan pertanyaan baru tentang kemana ibunya pergi? Pembahasan ini cukup ramai di kalangan penggemar.

Dari sekian banyak karakter yang mungkin menjadi istri seorang Yonkou, ada satu kandidat yang mungkin saja adalah istri Kaido dan juga ibu Yamato. Namanya adalah Gloriosa. Karakter ini menjadi pembahasan karena beberapa kecocokan dengan Kaido. Meski secara fisik Gloriosa telah menjadi seorang nenek pendek, namun dia adalah mantan permaisuri dari pulau Amazon Lily.

Salah satu alasan kenapa Gloriosa bisa jadi adalah istri Kaido, sebab sebuah referensi sejarah. Serial One Piece terkenal dengan referensi sejarah yang cukup kuat. Bisa jadi kisah cinta Kaido dan Gloriosa berasal dari salah satu legenda Jepang (sebab arc Wano membahas tentang mitologi dan sejarah budaya Jepang) yang bernama Benzaiten dan Gozuryu.

Menurut sebuah legenda Jepang, pada zaman dahulu kala hiduplah seekor naga yang bernama Gozuryu. Dia merupakan naga yang kejam dan suka menyiksa penduduk sekitar. Suatu ketika turunlah seorang dewi yang sangat cantik bernama Benzaiten (sebenarnya Benzeiten merupakan dewi yang berasal dari India. Kepercayaan ini masuk ke Jepang pada abad ke VII melalui para biksu yang berasal dari Cina) di pulau Enoshima. Seketika, naga itu langsung jatuh cinta pada sang Dewi. Namun, sang dewi menolak cinta dari Gozuryu karena dia telah membuat masyarakat sengsara untuk waktu yang lama.

Terdapat dua versi dari ending cerita legenda tersebut. Yang pertama adalah Benzaiten menolak Gozuryu dan membuat naga itu sangat sedih dan menyesali perbuatannya pada warga desa. Sedangkan versi berikutnya adalah Benzaiten menerima cinta sang Naga, dengan syarat bahwa Gozuryu agar menyesali perbuatannya dan menjadi baik.

Salah satu alasan kenapa Gloriossa terinspirasi dari Benzaiten, karena ada beberapa kemiripan, seperti:

  • Benzaiten adalah dewa air dan sering muncul di dekat sumber mata air. Sedangkan, Gloriossa juga memiliki hubungan erat dengan air. Sebab, saat pertama kali Gloriossa muncul di chapter 514, dia muncul di dekat sungai.
  • Benzaiten merupakan dewi pengetahuan. Sedangkan, Gloriossa juga memiliki keterkaitan dengan ilmu pengetahuan. Sebab, dia sering membaca buku, koran, dan lan-lain.
  • Benzaiten hidup di pulau Enoshima. Dia menjadi satu-satunya perempuan di pulau itu. Sedangkan Gloriossa juga hidup di pulau khusus wanita yaitu Amazon Lily.
  • Benzaiten berasal dari salah satu dewi India. Sedangkan nama Glorissa berasal dari nama salh satu bunga yang ada di india.

Berikutnya adalah kecocokan Kaido dan Gozuryu. Dua karakter ini menjadi mirip sebab ada beberapa aspek kejadian. Salah satunya adalah aspek kekuatan. Zoro mengakui, bahwa kekuatan Kaido sangat kuat. Dia juga mengatakan bahwa kekuatan Kaido seperti sebuah bencana alam. Saat Gozuryu menindas masyarakat sekitar. Dia juga mendatangkan bencana alam hampir setiap saat. Selain itu, secara fisik, keduanya juga sama-sama berbentuk naga. Kedua karakter ini juga suka menyiksa rakyat lemah.

Memang nampak mustahil jika Kaido jatuh cinta dengan Gloriossa. Namun mengingat Hancock yang sempat mengatakan bahwa Gloriossa adalah salah satu dari permaisuri tercantik Amazon Lily di masa lalu, maka bisa jadi hubungan keduanya terjalin di masa lalu. Selain terkenal karena kecantikannya, Gloriossa di masa lalu juga sangat kuat. Ini terbukti di masa sekarang, dia juga masih terkenal dengan ketangkasan dan kekuatannya. Sehingga, di masa lalu dia juga jauh lebih kuat. 

Kaido tertarik dengan orang-orang yang kuat. Itulah alasan Kaido bergabung dengan Rock di masa lalu. Bisa jadi, Kaido tertarik kepada Gloriossa, karena kecantikan ala putri Amazon Lily, dan juga karena kekuatan yang dimilikinya. Sekarang keduanya sudah terlampau tua sehingga nampak tidak memiliki penampilan yang menarik lagi. Untuk lebih jelasnya, Oda mungkin akan menjelaskan seperti apa kisah masa lalu sebenarnya dari Kaido dan perempuan yang menjadi istri Kaido juga akan terungkap.