Berserk merupakan sebuah serial epik karya Kentaro Miura. Baru-baru ini penggemar Berserk sedang berduka setelah meninggalnya sang Penulis, namun popularitas Berserk masih terjaga hingga sekarang. Lantas apa yang membuat serial ini menjadi sangat menarik? Salah satu keunggulan Berserk adalah alur cerita yang menegangkan. Berserk menceritakan mengenai petualangan Guts yang kejam dan menakutkan.

Sepanjang petualangannya, Guts selalu memburu setiap monster dan membunuhnya dengan cara yang tragis. Setting dari manga ini adalah abad pertengahan, sehingga kalian akan melihat banyak sekali jenis senjata, kastil, ksatria dan lain-lain. Karena genre dari Berserk adalah fantasi, maka kalian juga akan menemukan beberapa makhluk aneh seperti penyihir, peri, iblis, dan lain-lain.

Keunggulan berikutnya dari Berserk adalah detail gambar yang menarik. Berbeda dengan manga lainnnya, Berserk memiliki detail gambar yang unik. Kalian akan merasakan nuansa abad pertengahan hanya dengan melihat jenis gambarnya saja.  Selain itu, Berserk juga banyak memiliki adegan pertarungan yang sadis.

Berbeda dengan beberapa serial abad pertengahan yang lain, Berserk banyak memuat adegan kekerasan seperti kepala yang putus karena ditusuk pedang, hidung dan telinga yang dipotong, dan lain-lain. Bahkan di awal chapternya, kalian akan melihat Guts si tokoh utama dalam serial ini sedang bercinta dengan seekor monster yang menyamar, hanya agar bisa membunuh monster tersebut.

Selain memiliki kisah yang menegangkan, Berserk juga memiliki karakter yang sangat kuat, sehingga semua karakter dari serial ini penting dan memiliki perannya masing-masing. Itulah yang membuat serial ini memiliki komponen yang kompleks. Selain itu, mayoritas alur cerita dari manga ini, memuat adegan pertarungan yang brutal.

Sebagai manga yang lahir pada tahun 90-an, Berserk menjadi sebuah inspirasi bagi beberapa manga setelahnya. Menurut beberapa sumber, beberapa manga yang terinspirasi dari Berserk seperti Castlevania, Vagabound, dan Demon Slayer. Selain manga, Berserk juga memiliki anime yang menarik dan juga game yang seru untuk kalian mainkan.