Arc Wano Country merupakan salah satu arc besar dan panjang dalam sejarah One Piece. Meskipun Luffy dan kelompok bajak lautnya menjadi sorotan utama di arc ini, namun Arc Wano memiliki fokus lainnya yaitu cerita tentang sosok Kozuki Oden. Salah satu hal yang dianggap menjadi kelemahan dari Oden adalah kurangnya rasa percaya terhadap bawahannya, Red Scabbards, dan orang lain di Wano.

Seperti diperlihatkan dalam ceritanya, Kozuki Oden selalu berusaha untuk menghadapi semuanya sendirian. Dia tidak ingin ada orang lain yang terlibat dalam permasalahannya. Oden melakukan tersebut demi tujuan yang baik, yaitu melindungi orang-orang tersebut dari berbagai ancaman yang ada, namun pada kenyataanya semua hal itu tidak berjalan sesuai dengan yang dia inginkan.

Jika kita melihat pada sosok Kaido dan sejarahnya, ada banyak hal yang bisa dieksplor. Di chapter 1013 kemarin, kita bisa melihat pada suatu titik, Kaido pada akhirnya kehilangan kepercayaannya dan memutuskan untuk melakukannya sendiri. Ada kemungkinan semua hal tersebut ada kaitannya dengan sesuatu yang terjadi pada kelompok bajak laut Rocks.

The last few chapters are reevaluating what Jack has done so far - One PieceMungkin, peristiwa yang terjadi dengan kelompok Rocks tersebut membuat Kaido berubah untuk tidak percaya dan yakin pada krunya, dan lebih memilih melakukan semuanya sendiri. Hal ini didukung dengan bagaimana para krunya menghilang atau tidak ingin mengganggu pertarungan kaptennya. Dengan kekuatannya yang dahsyat, wajar jika Kaido percaya diri dnegan kekuatannya. Dan dari segi level kekuatan pun, ada jarak yang sangat jauh antara Kaido dan para krunya.

Hal inilah yang membuat Kaido memutuskan untuk membuat hirarki di kelompok bajak lautnya. Konsep semacam itu tentu tidak ada di kelompok bajak laut Topi Jerami. Luffy dan krunya menganggap semuanya adalah teman. Tidak ada bawahan atau atasan – meskipun semuanya setuju Luffy adalah kaptennya. Ada hal menarik dari sosok Kaido ini.

Chapter Discussion - One piece chapter 1013 :Kaido will be destroyed by Luffy ... | WorstgenKaido sepertinya memahami semuanya dengan logika, seperti saat Jack kalah dari Nekomamushi dan Inuarashi. Kaido tidak marah atau kecewa. Dia justru memaklumi kekalahan Jack, karena dia sadar bagaimana kekuatan keduanya. Hal ini sangat kontras dengan apa yang terjadi dengan kelompok bajak laut Topi Jerami. Mereka memiliki keyakinan satu sama lain. Mereka juga sangat yakin terhadap kapten mereka.

Kekalahan Luffy untuk yang kedua kalinya di chapter 1013 kemarin bisa dibilang merupakan hal yang baik. Hal ini untuk menunjukan kepada Luffy bahwa dia tidak bisa menghadapi Kaido sendirian. Lawan yang Luffy hadapi saat ini adalah seorang Yonko, yang mana level kekuatannya berbeda sangat jauh dengan musuh-musuh yang pernah Luffy hadapi sebelumnya.

The Enemy is Luffy!! The Strongest Zombie vs. the Straw Hat Crew | Love Magic: Bewitching SorceressKekalahan ini mungkin akan menjadi sinyal bahwa Kaido akan dikalahkan dengan cara kerja sama seluruh kelompok Topi Jerami. Hal ini bisa menunjukan seberapa yakin kru bajak laut ini terhadap rekannya. Di sisi lain, hal ini seolah mengingatkan kita akan pertarungan melawan Oz dan Gecko Moria di arc Thriller Bark.

Oz pada awalnya adalah sosok yang dianggap mustahil untuk dihadapi, bahkan oleh Nightmare Luffy sekalipun. Namun, pada akhirnya, kerja sama dari seluruh kelompok Topi Jerami yang bisa memenangkan pertarungan itu – meskipun Luffy yang pada akhirnya mengalahkan Gecko Moria dan Oz. Kita nantikan saja ya Geeks, apakah seluruh kelompok Topi Jerami pada akhirnya akan bekerja sama untuk mengalahkan Kaido.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.