Film Spider-Man: No Way Home bisa menjadi film yang tepat untuk memperkenalkan Fantastic Four ke MCU, meskipun di Phase 4 ini tidak ada film yang menghadirkan tim pahlawan super ini. No Way Home sendiri diperkirakan akan menghadirkan kisah setelah apa yang terjadi di film Far From Home, di mana Peter harus menghadapi Mysterio.

No Way Home bisa jadi akan memperlihatkan bagaimana nasib dari Peter Parker saat ini, setelah hidupnya harus menderita karena Mysterio membongkar identitas rahasianya. Di sisi lain, filmnya mungkin akan menghadirkan juga konsep multiverse yang sudah “diperkenalkan” di film Far From Home. Berdasarkan hal tersebut, No Way Home bisa menjadi film yang tepat untuk kemudian memperkenalkan tim Fantastic Four ke MCU. Dalam cerita komiknya sendiri, Spidey memang memiliki sejarah panjang dengan tim ini.

Menghormati Tim Pertama Marvel

Buat Geeks yang kurang begitu mengikuti dengan cerita komik Marvel, Spider-Man dan Fantastic Four sudah sering beraksi bersama. Bahkan sejak era 1960an. Spidey pertama kali bertemu dengan Fantastic Four di komik The Amazing Spider-Man #1 yang dirilis pada 1963, yang mana ini merupakan komik solo pertama Spidey. Dalam komiknya, kita melihat Peter Parker muda melakukan audisi untuk menjadi anggota Fantastic Four.

Meskipun Spidey tidak berhasil masuk tim ini, relasi di antara mereka tetap terjaga. Bahkan, mereka sering juga bekerja sama dalam menyelesaikan berbagai kasus. Berdasarkan hal inilah, rasanya masuk akal jika kemudian Fantastic Four pertama kali diperkenalkan di film Spider-Man, khususnya dalam hal ini di film No Way Home. Dengan kabar bahwa filmnya akan menghadirkan konsep multiverse, Spidey yang terjebak di sebuah universe dan bertemu dengan Fantastic Four bisa menjadi salah satu cara untuk menghormati tim Fantastic Four yang kemudian bisa muncul kembali pada masa yang akan datang.

Dunia Baru, Teman Baru

Meskipun masih ada banyak pertanyaan mengenai filmnya, ide tentang Peter Parker terjebak dan “hilang” di multiverse merupakan konsep yang banyak dinantikan para fans. Jika kemudian memang benar, maka bisa jadi Peter akan bertemu dengan banyak sekali karakter dalam perjalanannya pulang kembali ke rumahnya. Mungkin dia akan bertemu dengan Electro dan juga Doc Ock.

Hal tersebut bisa menjadi kesempatan menarik untuk menghadirkan Spider-Man versi universe tersebut. Namun, jika hal ini terjadi, Peter tidak akan bisa berteman dengan mereka untuk jangka waktu lama. Peter adalah sosok anak muda yang kehilangan mentornya. Dia sendirian. Bertemu dengan teman baru bisa memberikannya perspektif yang baru. Pertemuannya dengan tim Fantastic Four mungkin bisa menjadi cara bagi Peter untuk menemukan kembali tujuannya menjadi seorang pahlawan. Dan hal itu bisa menjadi awal mula hubungan baik dengan tim Fantastic Four.

Menjadi Mentor Spider-Man

Satu hal yang banyak dikritik dari Spider-Man versi MCU ini oleh banyak fans adalah bagaimana Peter begitu tergantung pada sosok Tony Stark. Harus diakui bahwa Tony adalah mentor yang baik bagi Peter, namun hal itu justru dianggap menghalangi perkembangan Peter untuk menjadi seorang pahlawan super versinya sendiri. Seperti diperlihatkan di Far From Home, Peter benar-benar kewalahan tanpa adanya bimbingan Tony.

Sebagai seorang pahlawan yang masih muda, Peter memang masih butuh mentor. Namun, yang menjadi catatan adalah mentor tersebut bukanlah seseorang yang selalu bisa dia andalkan. Mentor tersebut hanya akan memberikan Peter arahan bagaimana caranya dia menjadi dirinya sendiri. Tim Fantastic Four adalah sosok yang cocok untuk menjadi mentor yang tepat bagi Peter.

Di antara keempat pahlawan super tersebut, Reed Richards adalah sosok yang sempurna untuk menjadi mentor Peter Parker kedepannya. Reed adalah sosok yang cerdas, seperti halnya Peter. Reed bisa mengajarkan Peter berbagai macam hal. Seiring berjalannya waktu, Peter mungkin akan sadar bahwa dia kini bukan lagi anak-anak. Dia adalah seorang pahlawan. Dia adalah bagian dari Avengers. Kita juga bisa melihat pertemanan Peter dan Johnny Storm layaknya yang terjadi di komiknya. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Marvel Studios akan menghadirkan tim Fantastic Four di film ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.