Scopper Gaban adalah salah satu orang kepercayaan dari Roger, selain Rayleigh. Dia ikut berlayar sampai ke pulau terakhir bersama kru Roger lainnya. Mempertimbangkan statusnya di kru tersebut, ada kemungkinan kalau Scopper Gaban termasuk salah satu kru awal yang bergabung dengan Roger. Sang kapten sendiri menggambarkan Scopper Gaban sebagai salah satu kru terbaiknya, yang bisa diartikan dia sangatlah kuat.

Sayangnya, sama halnya seperti sebagian besar kru Roger lainnya, sosok Scopper Gaban masih diluputi oleh banyak sekali misteri. Banyak pertanyaan muncul di kalangan fans yang berkaitan dengan Scopper Gaban. Yang menarik adalah meskipun misterius, layaknya Shanks, Scopper Gaban merupakan karakter yang cukup populer. Berikut adalah beberapa pertanyaan terkait Scopper Gaban.

Seberapa Kuat Scopper Gaban?

Kita tidak pernah tahu seberapa besar kekuatan atau seberapa kuat kru dari Roger. Sampai saat ini, kita sendiri masih belum tahu secara pasti seberapa kuat Roger. Namun, dari apa yang diperlihatkan di ceritanya, bisa dipastikan Roger adalah sosok yang kuat. Hal ini juga berlaku bagi orang kepercayaannya, Rayleigh dan Scopper Gaban. Untuk Rayleigh sendiri kita sudah tahu sedikit tentang kemampuannya.

Seperti yang disebutkan di atas, Scopper Gaban bisa jadi adalah sosok yang kuat jika melihat statusnya. Dan mengingat dia adalah salah sat dari “trio monster” kelompok Roger, artinya bisa jadi dia setara atau mungkin lebih kuat dari Rayleigh. Yang menarik juga adalah jika Rayleigh dan banyak karakter lain menggunakan pedang, Scopper Gaban menggunakan dua buah kapak.

Seberapa Besar Nilai Buruan Scopper Gaban?

Selain kekuatan, ini juga yang saat ini menjadi misteri. Kita tidak pernah tahu berapa nilai buruan dari kru Roger. Sejauh ini, baru Roger saja yang diperlihatkan nilai buruannya. Namun, ada satu hal yang menarik ketika Sengoku memperlihatkan nilai buruan para Yonko. Disebutkan bahwa Roger adalah sosok yang memiliki nilai buruan paling besar dalam sejarah, dengan nilai 5 milliar Belly.

What are the highest bounties in One PIece? - QuoraDiikuti oleh Whitebeard, Kaido, Big Mom, Shanks, dan kemudian Blackbeard. Logikanya, jika memang nilai buruan kru Roger tidak jauh dari nilai sang kapten, maka seharusnya yang ada di urutan setelah Roger adalah Rayleigh dan Scopper Gaban. Apakah hal ini dikarenakan mereka sudah tidak lagi menjadi bajak laut? Tidak juga. Sakazuki mengatakan bahwa dosa kru Roger tidak akan pernah bisa diampuni. Apakah artinya nilai dari Rayleigh dan Scopper Gaban di bawah para Yonko? Bisa jadi.

Kapan Scopper Gaban Bergabung Dengan Roger?

Kembali, seperti yang disebutkan di atas, Scopper Gaban bisa jadi adalah salah satu kru awal dari kelompok Roger. Dalam ceritanya, kru pertama dari kelompok Roger adalah Rayleigh. Hal ini diperlihatkan dalam sebuah momen flashback Rayleigh saat pertama bertemu dengan Roger. Sayangnya, informasi mengenai kapan Scopper Gaban bergabung dengan Roger masih belum diketahui. Yang pasti Scopper Gaban bergabung setelah Rayleigh bergabung dengan Roger.

Apakah Scopper Gaban Masih Hidup?

Mungkin, inilah salah satu pertanyaan besar yang banyak ditanyakan para fans tentang Scopper Gaban. Kita tidak mengetahui bagaimana nasib dari Scopper Gaban sampai sejauh ini. Terakhir kali Scopper Gaban muncul dalam flashback Kozuki Oden, di mana Roger bertarung melawan Whitebeard di sebuah pulau. Meskipun begitu, banyak fans meyakini bahwa Scopper Gaban masih hidup. Dia menunggu Luffy di pulau terakhir. Ada juga spekulasi bahwa Scopper Gaban akan muncul di Wano.

Di mana Posisinya Sekarang?

Dengan asumsi Scopper Gaban masih hidup, pertanyaannya kemudian di mana dia sekarang? Setelah bubarnya kelompok Roger, seluruh kru memang bebas untuk menentukan jalannya masing-masing. Kita bisa melihat bagaimana Crocus memilih untuk hidup tenang bersama Laboon. Kemudian kita melihat Rayleigh yang memilih untuk hidup tenang sebagai tukang cat kapal di Sabaody.

Grand Line Review on Twitter: "Scopper Gaban. The man who got more character development during a single segment of filler than in the entire canon series to date.… https://t.co/W0qOOQzjNM"Ada juga memang kru yang memutuskan untuk mencari ketenarannya sendiri, seperti yang diperlihatkan oleh Shanks dan Buggy. Apakah Scopper Gaban memilih untuk bersembunyi dan hidup tenang seperti Crocus dan Rayleigh? Bisa jadi. Yang pasti, posisi Scopper Gaban sendiri tidak diketahui saat ini. Namun, para fans sendiri banyak berspekulasi bahwa Scopper Gaban akan memiliki peran seperti Rayleigh untuk menjadi mentor bagi Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.