Peristiwa perang besar di Marineford menjadi salah satu momen epik dan bersejarah dalam seri One Piece. Dengan skala pertempuran yang sangat besar, rasanya tidak ada fans yang tidak ingat dengan momen ini, apalagi ada dua momen penting yang muncul dalam pertempuran ini. Yang pertama adalah Whitebeard tewas saat menghadapi seluruh pasukan angkatan laut dan Ace tewas di tangan Sakazuki.

Selain dua momen monumental tersebut ada satu peristiwa “kecil” yang cukup menarik perhatian yaitu kedatangan Shanks. Shanks berhasil menghentikan perang besar tersebut, demi menghindari lebih banyak korban lagi. Tapi, sebelum Shanks pergi ke Marineford, seperti yang diungkapkan salah satu angkatan laut, Shanks sempat bertempur melawan Kaido. Beruntung Shanks datang tepat waktu dan bisa menghentikan peperangan tersebut.

Benarkah Shanks bertempur dengan Kaido? Kemungkinan besar pertempuran tersebut benar terjadi, meskipun Oda Sensei tidak memperlihatkan pertarungan kedua Yonko tersebut. Mengapa mereka bertempur? Itulah pertanyaan besar yang masih belum terjawab sampai saat ini. Namun, berkaitan dengan hal ini banyak para fans yang mencoba berspekulasi tentang alasannya.

Salah satu spekulasi yang berkembang adalah Kaido berupaya untuk meningkatkan konflik pertempuran, menjadi sebuah perang dengan skala global. Namun, ada juga spekulasi lainnya bahwa Kaido datang ke Marineford untuk bertemu dengan Ace. Dan pasti diantara Geeks ada yang berpikir, apakah kedatangan Kaido untuk Ace tersebut adalah untuk menolongnya atau membunuhnya.

Seperti yang kita ketahui, Ace memiliki koneksi dengan anak Kaido, Yamato. Kemungkinan besar Kaido pada saat itu sedang mengejar anaknya, Yamato, yang mencoba untuk menyelamatkan Ace dari eksekusi pihak angkatan laut. Shanks bisa jadi adalah orang yang menemukan sosok Yamato, dan kemudian mengirimkannya kembali kepada Kaido. Kaido berpikir bahwa Shanks akan melukai anaknya, sehingga terjadilah perang tersebut.

Tapi, setelah semuanya dijelaskan, Kaido memilih mundur dan membawa kembali Yamato ke Wano. Shanks pun kemudian bergerak dengan cepat menuju Wano dan menghentikan semuanya. Satu hal yang pasti adalah Shanks setidaknya berusaha untuk membuktikan bahwa dia memang benar-benar menyelamatkan Ace dengan mendekati dan berbicara kepada Whitebeard, demi mencegah Ace untuk pergi menemui dan bertarung melawan Blackbeard sedari awal.

Memahami sosok Shanks bukanlah perkara yang mudah, mengingat dia adalah sosok yang misterius. Namun, seperti yang banyak diduga para fans sebelumnya, Shanks mungkin berusaha untuk menjadi penyimbang bagi dunia itu, menjaga One Piece agar tidak jatuh ke tangan yang salah dan bisa diterima oleh mereka yang memang berhak menemukannya di waktu yang tepat – sosok yang dinantikan Roger.

Shanks menghentikan Kaido dengan tujuan untuk Ace, bahkan sedari awal dia sudah melakukan hal itu. Namun, Ace tetap keras kepala dan tetap membuat keputusannya sendiri untuk menghadapi Blackbeard. Kemunculan Kaido memang bisa saja diartikan bahwa dia berusaha menyelamatkan Ace – lagipula Kaido senang dengan individu yang memiliki kekuatan seperti Ace.

Akan tetapi, di sisi lain, Shanks juga mungkin sadar bahwa Kaido memiliki keinginan untuk memulai sebuah perang global. Dengan meningkatkan tensi konflik di Marineford, dunia akan berubah menjadi sebuah tempat yang lebih kacau. Dan kemunculan Shanks menjadi penyelamat bagi seluruh dunia, tanpa banyak orang sadari. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa memberikan penjelasan pasti mengenai momen ini di kemudian hari.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.