Zeus, Promotheus, Napoleon, dan Hera merupakan Homies yang diciptakan oleh Big Mom. Homies sendiri singkatnya adalah sesuatu yang diciptakan untuk menjadi hidup, dengan adanya potongan atau serpihan jiwa dari Big Mom yang dimasukan untuk membuat benda atau sesuatu tersebut hidup. Zeus, Promotheus, dan Hera adalah awan yang hidup. Sedangkan Napoleon adalah sebuah pedang yang hidup.

Para Homies ini “bekerja” untuk Big Mom. Secara kasarnya, mereka adalah budak bagi Big Mom yang akan melakukan apapun untuk memenuhi perintah Big Mom. Di sisi lain, para Homies juga adalah pasukan dari kelompok bajak laut Big Mom yang sangat kuat. Kelompok Topi Jerami sendiri sempat mengalami kesulitan menghadapi mereka. Namun, ada yang menarik dari para Homies Big Mom ini.

ثقافة ون بيسية (@AJwaD92732791) | TwitterDibandingkan Homies lainnya, Zeus, sang awan kecil, dianggap sebagai sumber masalah untuk kelompok Big Mom. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di antara Zeus dan yang lain sebelum kedatangan kelompok Topi Jerami, namun yang pasti setelah Luffy dan yang lain muncul dan bertemu Big Mom, kita sering kali melihat bagaimana Zeus dimarahi oleh Homies lainnya karena dianggap mengacau.

Puncaknya adalah ketika Kidd, Law, Killer, dan Zoro, berhasil membuat Zeus terkurung di dalam kotak buatan Kidd, yang membuat Big Mom tidak berdaya. Dia pun kemudian jatuh dari Onigashima. Dan disaat semua mengira Big Mom akan jatuh ke laut, Promotheus datang menyelamatkan. Zeus yang terkurung justru dijadikan kambing hitam bahwa dia memang tidak berguna. Karena itulah Promotheus meminta Big Mom membuat sosok Hera.

Di chapter 1013 kemarin, kita melihat sebuah kombinasi apik dan unik dari Promotheus, Napoleon, dan Hera untuk menciptakan serangan Maser Cannon yang ditembakan untuk menumbangkan Ulti. Kemudian kita juga pernah melihat Promotheus dan Napoleon melakukan kombinasi, sehingga menjadikannya pedang api. Namun, jika diperhatikan, Big Mom jarang melibatkan sosok Zeus dalam kombinasi tersbut.

Big Mom tidak pernah mengkombinasikan Zeus dan Napoleon sehingga menciptakan pedang listrik, atau mengkombinasikan Zeus dan Promotheus. Berdasarkan hal tersebut, bisa disimpulkan bahwa Zeus merupakan kegagalan sejak awal. Mungkin akan ada penjelasan mengenai hal ini nanti, namun yang kita ketahui mengenai Zeus adalah dia sangat menyukai bola petir – apalagi yang diciptakan Nami.

Hal itu jugalah yang pada akhirnya membuat Zeus harus berpaling dan mengkhianati Big Mom. Disadari atau tidak, sebenarnya para Homies ini adalah gambaran dari kepribadian Big Mom – mengingat mereka adalah serpihan jiwa Big Mom. Zeus adalah perwakilan dari kepribadian Big Mom yang senang akan makanan dan selalu berusaha
mengikuti mimpi dari sang ibu. Hal yang sama ketika Big Mom mengikuti mimpi palsu dari Mother Carmel.

Promotheus adalah sosok yang oportunis dan juga cerdik serta licik. Dia mewakili sikap bajak laut dan juga sikap bisnis Big Mom. Napoleon adalah Homies yang paling pemalu dibandingkan yang lain, dan merupakan salah satu kekuatan yang sering diandalkan Big Mom. Dia mewakili sisi amnesia Big Mom dan juga bagian terkuat dari Big Mom.

Dengan Big Mom yang sudah “membunuh” jiwanya sendiri dengan menghancurkan Zeus, artinya tidak ada lagi sisi polos dari Big Mom. Zeus kini digantikan oleh Hera, yang kemungkinan mewakili sisi kejam atau emosi dari Big Mom. Menarik tentunya melihat apa yang akan terjadi pada Big Mom dan para Homies ini di akhir arc Wano nanti. Apakah mereka akan hancur setelah Big Mom tewas? Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan kisahnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.