Madara Uchiha merupakan salah karakter shinobi dan juga villain terbaik dalam seri Naruto. Banyak para fans yang “memuji” karakternya sebagai seorang villain di serinya. Meskipun Madara mungkin adalah villain yang terbaik, namun dia bukanlah musuh terakhir yang dihadapi Naruto dan para shinobi lainnya di seri Naruto: Shippuden. Sosok tersebut adalah Kaguya Otsutsuki.

Kaguya sendiri adalah penemu atau pembuat dari ninjutsu yang selama ini digunakan oleh para shinobi di dunia. Dia juga yang diklaim sebagai orang yang memberikan chakra kepada manusia di bumi. Meskipun begitu, banyak fans yang tetap beranggapan bahwa Madara adalah villain terbaik dibandingkan Kaguya. Lalu, apa jadinya jika Kaguya tidak menjadi lawan terakhir bagi para shinobi?

Kaguya Tidak Akan Bangkit

Kaguya bangkit kembali karena memang Masashi Kishimoto memutuskan dia untuk menjadi villain terakhir yang dihadapi para shinobi. Namun, Kishimoto bisa saja memberikan peran lain terhadap Kaguya. Kaguya bisa tetap muncul di dalam ceritanya, namun tidak muncul dalam bentuk fisik. Kaguya muncul dengan cara direferensikan atau disebutkan dalam ceritanya.

Dengan kata lain, Kaguya bisa jadi sosok mitos atau sosok legendaris dalam dunia shinobi. Dengan cara seperti ini, Kaguya masih bisa tetap muncul dalam cerita dengan impak yang lebih kecil. Kaguya tetap menjadi sejarah besar dari asal-usul shinobi, chakra, dan hal lainnya.

Madara Menjadi Sosok Yang Disegel Di Bulan

Jika Kaguya tidak muncul atau tidak bangkit, pertanyaannya kemudian bagaimana caranya Madara dikalahkan. Simpelnya, cara mengalahkan Madara bisa saja mengikuti cara dari para shinobi mengalahkan Kaguya. Yaitu dengan cara menyegelnya di bulan. Atau, mungkin ada cara lainnya, seperti membuat Madara sadar akan kesalahannya dan kembali menjadi sosok yang baik.

Atau mungkin dengan cara “biasa,” yaitu dengan mengalahkannya dengan kekuatan. Mengalahkan Madara memang bukanlah perkara mudah, apalagi setelah dia berhasil mengalahkan kelima Kage yang ada tanpa perlu usaha ekstra. Hal ini menjadi bukti bagaimana kuatnya dia dibandingkan para shinobi yang ada. Meskipun begitu, bukan berarti Madara mustahil untuk dikalahkan.

Madara Masih Hidup

Dengan asumsu bahwa Zetsu tidak menusuk Madara dari belakang, Madara mungkin sampai saat ini bisa saja masih hidup. Setelah dibangkitkan kembali dengan penuh, Madara bisa saja kemudian bergabung dengan Naruto karena sebuah plot twist yang tidak duga, dan kemudian dia memutuskan kembali ke desa Konoha. Dan jika kemudian Madara berhasil disegel di bulan, menarik tentunya untuk melihat beberapa adegan di seri Boruto di mana kesadarannya sudah mulai kembali bangkit, dan membuat Naruto dan Sasuke sadar bahwa Madara mungkin akan kembali.

Bumi Terjebak Dalam Infinite Tsukuyomi

Meskipun sama sekali bukan hal yang mustahil, menang menghadapi Madara mungkin adalah sesuatu yang sulit untuk terjadi, mengingat bagaimana kuat dan dahsyatnya sosok Madara Uchiha. Tidak sulit juga untuk membayangkan bagaimana jika kemudian Madara berhasil menang menghadapi aliansi shinobi. Jika hal tersebut terjadi, maka impiannya selama ini bisa dipastikan akan terwujud.

Mimpi terbesar dari Madara adalah membuat Konoha dan seluruh bumi berada dalam pengawasan dan kendalinya, dengan menggunakan genjutsu terkuat yang ada, Infinite Tsukuyomi. Di bawah genjutsu tersebut, dunia akan hidup di bawah ilusi bahwa semua baik-baik saja dan semuanya bahagia. Hal ini bahkan menjadi sebuah teori besar yang sebenarnya terjadi di seri Boruto, di mana pada kenyataannya dunia di seri Boruto tidaklah nyata, melainkan ilusi akibat Infinite Tsukuyomi.

Obito Masih Hidup

Ketika Gaara harus kehilangan monster berekor satu alias Shukaku, banyak fans yang berpikir bahwa tidak ada cara untuk bisa menyelamatkannya, yang mana kemudian kejutan muncul di mana nenek Chiyo mengorbankan dirinya untuk membangkitkan kembali Gaara. Mengapa kemudian Obito juga tidak diselamatkan? Menyelamatkan Obito setelah kehilangan ekor sepuluh mungkin sedikit sulit mengingat potensi kekuatannya.

Spekulasi menarik lainnya adalah kembali menyegel monster tersebut di dalam tubuhnya, mengorbankan diri demi mencegah tidak ada lagi orang yang mencoba mencari atau memburunya, karena Obito akan menghilang dari peradaban. Tentu akan sangat menarik melihat karakter seperti Obito selamat dari peperangan dan memiliki nasib lain selain tewas.

Kakashi Masih Memiliki Sharingan

Selain Obito yang bisa saja masih hidup, Kakashi juga mungkin tidak akan kehilangan Sharingan miliknya. Alasan mengapa Kakashi mampu menggunakan Sharingan – dan menggunakan kekuatan penuhnya – adalah karena Obito yang memberikannya kepada Kakashi yang mana di dalamnya terdapat chakra dari Obito. Namun, sayangnya, Madara mencuri mata Sharingan tersebut dari kakashi.

Akibat hal tersebut, Kakashi akhirnya harus kehilangan Sharingan pemberian Obito. Setelah berbagai peristiwa, Obito tewas dan memberikan kembali kekuatan Sharingan, tetapi Kakashi kemudian menggunakan chakra dari Obito, yang membuatnya kembali harus kehilangan kekuatan Sharingannya. Jika Madara berhasil dikalahkan, ada kemungkinan bahwa Kakashi bisa mendapatkan matanya kembali. Kemungkinan lainnya, jika Obito selamat, Kakashi juga bisa mendapatkan lebih banyak chakra dari temannya tersebut, membuatnya bisa menggunakan kekuatan Sharingan untuk ketiga kalinya.

Maksud dan Tujuan Zetsu Akan Berubah

Kembali, jika Kaguya bukan menjadi villain terakhir, maka akan ada banyak karakter dan cerita yang akan berubah karena Kishimoto mungkin akan membuat keputusan kreatif yang berbeda pula terhadap para karakternya. Salah satu yang terkena pengaruh tersebut adalah Zetsu. Apakah Kishimoto akan menghadirkan cerita di mana Zetsu gagal untuk membunuh Madara? Apakah Zetsu akan diceritakan sebagai bidak catur miliknya dan merupakan hasil dari eksperimen lain? Apakah mungkin Zetsu hidup atau muncul? Inilah mungkin pertanyaan yang muncul di benak para fans jika Kaguya bukanlah musuh terakhir.

Naruto dan Sasuke Tidak Akan Bertemu Hagoromo Otsutsuki

Selain Kaguya, yang mungkin juga tidak akan muncul dari klan Otsutsuki lainnya jika Kaguya tidak menjadi musuh terakhir adalah Hagoromo. Alasan utama Naruto dan Sasuke bertemu dengan Hagoromo adalah mencoba mencari tahu cara mengalahkan Kaguya Otsutsuki, dan Hagoromo memiliki jawabannya. Jika kemudian Kaguya tidak muncul atau tidak menjadi musuh terakhir, logikanya kedua shinobi tersebut juga tidak akan bertemu dengan Hagoromo. Dan itu juga artinya Sasuke dan Naruto tidak akan mendapatkan kekuatan Six Paths.

Might Guy Mungkin Akan Tewas

Jika kemudian Naruto dan Sasuke tidak meneriman kekuatan dahsyat dari Hagoromo, maka sama halnya dengan Might Guy. Mungkin dia tidak akan selamat saat menghadapi Madara, setelah menggunakan teknik terlarangan Eight Gate of Death. Might Guy mungkin akan tewas mengingat Madara bukanlah lawan sepadan bagi Guy, meskipun dia menggunakan teknik terkuatnya. Guy sendiri bisa dibilang beruntung bisa selamat dari momen mengerikan tersebut, meskipun dia harus menjalani hari-harinya dari atas kursi roda.

Menjadi Sebuah Cerita Yang “Komplet”

Sudah bukan rahasia lagi jika kemunculan Kaguya bisa dibilang sangat tiba-tiba. Semua yang dilakukan oleh Naruto dan Sasuke berkaitan dengan rencana besar Akatsuki, di mana Sasuke mengejar Itachi dan Naruto menjadi sosok yang diburu karena monster ekor sembilan yang ada di dalam tubuhnya. Madara adalah sosok yang sebenarnya sudah sejak lama dibangun oleh Kishimoto, dan para fans sendiri sudah fokus pada sosoknya

Kematian Madara oleh Zetsu cukup mengejutkan para fans, karena hal itu sama sekali tidak terduga. Jadi, tanpa adanya Kaguya, apakah cerita akhir dari Shippuden akan lebih komplet, terorganisir, atau mungkin lebih baik? Banyak fans mungkin akan menjawab hal seperti itu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.