Kozuki Oden adalah salah satu karakter terkuat dalam seri One Piece, dan bisa dibilang adalah sosok terkuat di wilayah Wano. Hal ini memang tidak diragukan lagi, mengingat dia adalah satu-satunya orang sejauh ini yang bisa melukai Kaido, yang artinya Oden bukanlah sosok biasa. Karena, seperti yang kita ketahui bahwa Kaido adalah makhluk paling kuat di dunia.

Dengan kekuatan Kozuki Oden yang sangat luar biasa, pertanyaannya adalah apakah artinya Oden memiliki kemampuan setara para Yonko? Ada banyak bukti-bukti menarik mengenai kekuatan Kozuki Oden. Sekitar kurang lebih 39 tahun yang lalu, di usianya yang diperkirakan berada di angka 20an, Oden berhasil menguasai wilayah Kuri, wilayah yang paling “liar” karena semua penjahat ada di sana.

Wilayah Kuri dipimpin oleh sosok penjahat kuat yaitu Ashura Doji. Yang patut menjadi catatan penting adalah Kozuki Oden berhasil mengalahkan semua criminal di Kuri, dan juga Ashura Doji sendirian. Tidak ada bantuan dari para Red Scabbards. Meskipun begitu, di usia ini Oden rasanya masih belum mencapai puncak kekuatannya. Masih ada Hyogoro, Yasuie dan Ushimaru yang kemungkinan lebih kuat dari Oden.

Menguak Kemungkinan Kozuki Oden Masih Hidup di Arc Wano One Piece Halaman 1 - Kompasiana.comKemudian, yang menjadi salah satu bukti kekuatan Oden adalah ketika dia bertemu untuk yang pertama kali dengan Whitebeard. Saat pertama kali Whitebeard tiba di wilayan Ringo, kondisi mereka cukup mengkhawatirkan di mana Moby Dick mengalami kerusakan. Mengatahui ada seorang bajak laut kuat, tanpa ragu Oden berusaha untuk bertarung melawannya.

Dan yang menarik adalah aura haki saling bergesekan saat mereka bertarung. Whitebeard pun tidak munjukan senyum arogan seperti biasa. Apakah ini artinya Kozuki Oden sudah mengalami peningkatan kekuatan? Besar kemungkinan. Mengingat Whitebeard berada di masa kejayaanya, tentu kekuatannya pun tidak sembarangan, dan dengan Oden mampu menandinginya artinya kekuatan Oden sangat luar biasa.

Tetapi, tentu bukan itu saja bukti ketangguhan dan kekuatan Oden. Di usianya yang ke 33 tahun, dan dengan kekuatan yang dia miliki, Oden kemudian bertarung melawan Gol D. Roger di era keemasannya dan juga melawan kru Roger lainnya. Hal ini diperlihatkan di chapter 965, di mana Oden kemudian resmi menjadi kru Whitebeard, dan setelah dua tahun dia bergabung dengan Whitebeard, di usia yang ke 33 Oden kemudian terlibat pertarungan antara kelompok bajak laut Whitebeard dan Roger.

Meskipun Oden kemudian menyerang duluan, nyatanya Roger yang berusia sekitar 51 tahun pada saat itu masih terlalu tangguh bagi Oden di mana Oden justru terhempas jauh akibat pertarungan tersebut. Melihat Oden terhempas oleh Roger, Whitebeard kemudian maju untuk bertarung melawan Roger selama tiga hari tiga malam tanpa berhenti.

Prediksi One Piece 970: Akhir Kisah Si Hebat Kozuki Oden | GreensceneBerdasarkan hal tersebut, di usia Oden yang ke 33 tahun dia masih belum sanggup berada di level yang sama dengan Roger dan Whitebeard meskipun harus diakui Oden memiliki kekuatan yang luar biasa dahsyat berkat Armament Hakinya. Pasca “kalah” bertarung melawan Roger, sepertinya Oden juga masih belum cukup kuat untuk bisa mengalahkan Rayleigh yang juga berada di puncak kekuatannya pada saat itu.

Oden kemungkinan besar mencapai puncak kekuatannya pasca dia pulang berpetualang bersama Roger. Setelah berhasil menemukan Laugh Tale, kru Roger berpisah dan sebagian besar pulang ke rumah mereka masing-masing. Oden sendiri kembali ke Wano, bisa dipastikan dia sudah jauh lebih kuat dibandingkan dengan dia sebelum pergi menjadi seorang bajak laut.

Dengan kekuatan yang dia miliki, Oden berusaha mengembalikan semua hal yang sudah direbut oleh Orochi dan Kaido. Setelah berbagai cara persuasif dilakukan untuk mengembalikan semuanya, Oden terpaksa harus menggunakan cara kekerasan. Apalagi setelah dia mengetahui Toki mengalami luka akibat diserang oleh anak buah Orochi. Dia pun mulai bergerak secara militan.

Pada usianya yang ke 39 tahun, Oden menjadi sosok paling kuat di Wano di mana dia menjadi satu-satunya orang yang bisa bertarung secara seimbang melawan Kaido. Bahkan, bukan hanya Kaido, dia juga sanggup bertarung selama berhari-hari untuk mengalahkan semua anak buahnya sebelum kemudian bertarung melawan kaido. Dan pada saat itu, Kaido berhasil membuat luka di bagian pinggangnya.

One Piece - Oden vs Kaido episode 954 - YouTubeSayangnya, Kozuki Oden yang sudah dalam puncak kekuatannya harus kalah dari sosok Kaido yang hampir mencapai puncak kekuatannya. Dan Oden sendiri mengakui dalam surat untuk Toki, bahwa dia sudah mencapai batasnya. Oden harus kalah dan dipenjara juga dieksekusi. Meskipun dia sempat selamat dari eksekusi pertama – yaitu direbus selama satu jam – namun Oden kemudian benar-benar tewas setalah ditembak di bagian kepala.

Jadi, bagaimana kesimpulannya? Kozuki Oden memang adalah sosok karakter yang kuat, apalagi dengan Armament Haki miliknya. Namun, untuk menjawab pertanyaan apakah level kekuatan Oden berada di level yang sama dengan Yonko, setelah melihat pembahasan ini, maka bisa disimpulkan Oden masih jauh berada di bawah level Yonko.

Perlu diingat bahwa di era Roger ada banyak sosok kuat, yang jauh lebih kuat dari Oden. Selain Roger dan Whitebeard, ada sosok Shiki yang juga tidak kalah kuat. Roger, Whitebeard, Shiki, dan Big Mom adalah empat bajak laut terkuat di era lama. Kemudian masih ada Rayleigh, Scopper Gaban, Monkey D. Garp. Dan masih banyak lainnya. Kozuki Oden memang sangat kuat, tetapi tidak dalam taraf seorang Yonko.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.