Arc Wanokuni memang banyak disebut-sebut sebagai arc yang menjadi tempat bagi Roronoa Zoro untuk bisa lebih banyak muncul. Di sisi lain, Zoro juga banyak disebut-sebut sebagai sosok yang akan menjadi dewa pedang yang baru – setelah Ryuma. Dan chapter terbaru dari seri manga One Piece kemarin sepertinya memberikan petunjuk baru mengenai hal tersebut.

Seperti diperlihatkan di chapter 1012, Zoro terlihat diperban dan dibawa oleh Sanji. Zoro memang terluka parah setelah terkena serangan Kaido. Law dan Zoro kemudian turun dari atap dan bertemu dengan Sanji. Law kemudian menyerahkan Zoro yang terluka kepada Sanji dan memintanya untuk segera mengobatinya. Mengikuti perintah Law, Sanji kemudian mengobati Zoro yang mana hasilnya adalah seperti yang kita lihat kemarin, Zoro benar-benar tertutup oleh perban.

Meskipun terlihat sangat lucu dan menarik, namun ada yang beranggapan bahwa momen itu juga memiliki petunjuk dari Oda Sensei tentang lahirnya sosok dewa baru. Sebenarnya ini bukan pertama kali Zoro berada dalam posisi disalib seperti di chapter 1012 kemarin. Di chapter 3, kita juga pernah melihat Zoro yang diikat di sebuah tiang dan berada dalam kondisi yang tidak berdaya.

Colored my favorite panel from chapter 1012 : OnePieceZoro dan tema salib sendiri tidak berhenti sampai disitu. Kurang lebih 50 chapter kemudian, Zoro bertemu dengan sosok yang selama ini dia ingn temui, Dracule Mihawk. Mihawk muncul dengan sebuah kapal kecil, berbentuk seperti peti mati dan memiliki salib di atasnya. Mihawk juga memiliki pedang dahsyat dengan bagian gagang dan pelindungnya berbentuk seperti salib. Pedang kecil di lehernya juga berbentuk salib.

Shichibukai lainnya yang terhubung dengan Zoro, Bartholomew Kuma, selalu diperlihatkan membawa alkitab (bible). Pada intinya, teori yang muncul di kalangan fans ini menyimpulkan bahwa Zoro memang tidak pernah jauh-jauh dari tema tentang salib. Ada banyak sekali hal yang memperlihatkan Zoro selalu lekay dengan tema tersebut.

Law sendiri meminta Sanji secara spesifik untuk mengobati luka Zoro, yang hasilnya adalah Zoro terlihat seperti sedang disalib. Sebenarnya, bisa saja Zoro dibalut dengan perban dengan posisi yang biasa, seperti halnya para mumi. Dari segi komedi, hal itu mungkin akan sangat menghibur dan lucu. Namun, Oda Sensei sepertinya memiliki pemikiran dan ide lainnya.

Pin de Uilliam Portella em Anime | Manga anime, Mangá one piece, Roronoa zoroKisah tentang Yesus dalam kepercayaan agama Kristen sepertinya menjadi inspirasi bagi Oda untuk menggambarkan sosok Zoro, yang akan menjadi penyelamat bagi para penduduk Wano. Dan mungkin kebangkitan Zoro sebagai “dewa pedang” baru Wano akan terjadi pada saat fajar tiba. Kita sudah diperlihatkan bagaimana kemampuan Conqueror Haki Zoro dua kali dalam arc Wano, di chapter 997 dan 1010.

Oda mungkin akan memperlihatkan bagaimana Conqueror Haki dalam diri Zoro akan “meledak” dan menjadi penyelamatnya, seperti yang terjadi pada Luffy di Marineford dimana dia tidak bisa mencapai panggung eksekusi tepat waktu, namun Conqueror Haki miliknya bisa menolong Ace. Zoro saat ini sedang dibalut dengan perban, dan seiring berjalannya waktu mungkin dia akan kembali pulih dengan cepat.

Konsep ini mirip dengan konsep kepompong yang akan berubah menjadi kupu-kupu dalam waktu tertentu. Atau jika Geeks ingat film Kung Fu Hustle yang dibintangi Stephen Chow, sang pemeran utama juga terluka parah dan akhirnya harus dibungkus dengan perban seperti Zoro. Namun, berkat kekuatan dalam dirinya, dia mampu sembuh lebih cepat dari yang dibayangkan.

What are some fights you would like to see in One Piece? - Straw HatsHal ini juga yang diprediksi akan terjadi pada Zoro. Bedanya, Zoro akan menghadirkan kekuatan Conqueror Haki yang sangat besar. Namun, sebelum hal tersebut terjadi, perlu ada situasi yang memicu hal tersebut untuk terjadi. Salah satu contohnya adalah Zoro dikelilingi oleh musuhnya, dan Sanji sendiri berada dalam bahaya. Hal itu akan memaksanya untuk kemudian mengeluarkan Conqueror Haki dan mungkin memberikan kejutan dengan sembuh lebih cepat.

Lalu, kapan kebangkitan kembali Zoro akan terjadi? Ada kemungkinan hal ini terjadi sebelum matahari terbit, sekitar pukul 3-5 pagi, yang mana sering dianggap sebagai waktu munculnya matahari di Jepang. Menghadirkan fajar baru bagi Wano merupakan ramalan yang sebelumnya pernah diucapkan oleh Toki dan menjadi wasiat terakhir dari Kozuki Oden.

Semua simbol-simbol yang ada mseolah menjadi petunjuk tentang hadirnya legenda dewa pedang baru dari Wano. Teknik Asura milik Zoro cukup membuat Law dan Kaido terkejut, namun dia tidak bereaksi lebih. Mungkin hal berbeda akan diperlihatkan ketika Red Scabbards yang menyaksikan teknik tersebut. Mereka mungkin akan menganggap Zoro sebagai sosok dewa pedang baru menjadi “pengganti” dari Ryuma. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi pada Zoro selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.