Ao

Ao merupakan shinobi yang sangat kuat dan luar biasa dari desa Kirigakure, yang bekerja dibawah kekuasaan Mizukage kelima, Mei Terumi, yang juga ikut terlibat dalam perang besar Shinobi keempat. Dengan kekuatan Byakugan miliknya, Ao adalah aset yang berharga bagi kekuatan aliansi Shinobi. Sebelum tampil di seri Boruto, Ao sempat juga muncul di seri Naruto: Shippuden.

Dalam seri Boruto, Ao diperlihatkan menjadi anggota Outer Kara dan harus bertarung melawan Boruto dan juga Team 7. Dalam pertarungan tersebut, Ao harus merasakan kekalahan akibat kekuatan Team 7 yang kuat. Yang menarik adalah masih adanya sisi baik dalam diri Ao, membuatnya menyelamatkan Boruto dari sosok Kashin Koji. Sayangnya, memang pada akhirnya Ao tetap harus tewas.

Boro

Anggota dari Inner Kara yang paling berotot. Boro adalah sosok yang menjaga Naruto Uzumaki saat dia ditahan, dan dialah yang menjadi lawan bagi Team 7 baru, Boruto, Mitsuki, dan Kawaki, yang saat itu mencoba menyelamatkan nyawa Naruto. Kekuatan utama dari Boro adalah kimia. Air liurnya mengandung asam, yang mampu melukai musuhnya.

Pertarungan antara Team 7 dan Boro, sebenarnya dimenangkan oleh Boro mengingat Team 7 tidak memiliki kekuatan dan pengalaman dalam bertarung atau menghadapi musuh kuat. Namun, pada momen tersebut Boro berhasil dikalahkan dan tewas setelah Momoshiki bangkit dari dalam tubuh Boruto. Dengan Momoshiki yang mengambil alih tubuh Boruto, sang shinobi muda tersebut berubah menjadi sosok kuat dan menakutkan.

Isshiki Otsutsuki

Karakter Otsutsuki yang bisa dibilang paling kuat sejauh ini dalam seri Boruto adalah Isshiki Otsutsuki, yang merupakan partner bagi Kaguya Otsutsuki dan sudah sejak lama dia berada di dalam tubuh Jigen yang menjadi wadahnya. Dengan menggunakan tubuh Jigen, Isshiki mampu melakukan apapun, seperti mengalahkan Naruto dan Sasuke. Tujuan utamanya adalah mencari Kawaki, dan menukar tubuh Jigen dengan tubuh Kawaki.

Power of Jigen/Isshiki Otsutsuki in Boruto - OtakusNotesSetelah Jigen tewas, dan kemudian Isshiki Otsutsuki bangkit, Naruto dan Sasuke harus berjuang keras untuk menghadapi Isshiki. Sampai akhirnya, Naruto kemudian menghadirkan transformasi baru yaitu Baryon Mode, yang mana form tersebut mengurangi jatah hidup dari Isshiki secara drastis. Kawaki, yang muncul dalam pertarungan tersebut, kemudian mengakhiri Isshiki dengan teknik Kagebunshin.

Kurama

Seperti yang disebutkan di atas, untuk bisa mengalahkan Isshiki Otsutsuki maka Naruto menggunakan teknik baru Baryon Mode. Awalnya diketahui bahwa teknik ini membuat nyawa Naruto sebagai taruhannya, namun ternyata fakta berkata lain. Pada kenyataannya, bukan nyawa Naruto yang harus menjadi “harga” bagi transformasi tersebut, melainkan nyawa Kurama.

Setelah semuanya selesai, Naruto sendiri berargumen mengapa Kurama tidak mengatakan hal yang sebenarnya. Namun, Kurama beralasan bahwa dia sengaja berbohong karena dia tahu Naruto tidak akan setuju dengan rencana tersebut. Kematian Kurama sendiri bisa dibilang menjadi salah satu kematian yang paling tragis dan menyedihkan selain kematian Jiraiya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.